Festival Kemilau Tapis Lampung 24-26 November, Ada Pelatihan Bikin Tapis

Transformasi Tapis dari produk budaya jadi produk ekonomis

Bandar Lampung, IDN Times - Dekranasda Provinsi Lampung bekerjasama dengan Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Lampung  direncanakan akan menggelar Festival Kemilau Tapis Lampung 2021. Festival itu akan digelar di Hotel Sheraton Bandar Lampung 24- 26 November 2021.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Lampung, Syamsurizal  selaku penanggungjawab kegiatan mengatakan, ada fokus perhatian pihaknya terkait rencana penyelenggaraan Festival Kemilau Tapis 2021. Itu lantaran  Festival Kemilau Tapis Lampung 2021 memberi ruang promosi produk Tapis Khas Lampung dan lebih memperkenalkan kepada khalayak.

Baca Juga: Kain Tenun Sulam Jelujur Pesawaran Merambah Eropa dan Afrika

1. Ada pelatihan dan peragaan busana

Festival Kemilau Tapis Lampung 24-26 November, Ada Pelatihan Bikin TapisDok Humas Pemprov Lampung

Syamsurizal mengatakan, event direncanakan akan diikuti seluruh  kabupaten/kota se-Provinsi Lampung menampilkan hasil kerajinan tapis dengan ciri khas masing-masing kabupaten/kota.

Pada penyelenggaraan event tersebut akan digelar pelatihan Tapis (coaching clinic) bertema Transformasi Tapis dari produk budaya menjadi produk ekonomis. Bakal digelar juga  peragaan busana, edukasi Tapis mengundang peserta pelajar dan mahasiswa.

“Direncanakan Ketua Dekranasda Provinsi Lampung akan menjadi salah satu edukator pada kegiatan tersebut. Talkshow temu bisnis  tapis  dan UKM akan diselenggarakan secara hybrid, dan  lelang produk Tapis secara hybrid,” papar Syamsurizal.

2. Perlu libatkan sejarawan edukasi sejarah tapis

Festival Kemilau Tapis Lampung 24-26 November, Ada Pelatihan Bikin TapisSumber Gambar: bacaterus.com

Ketua Dekranasda Provinsi Lampung, Riana Sari Arinal menjelaskan, Festival Kemilau Tapis 2021 pelaksanaannya harus ada edukasi kepada masyarakat tentang sejarah Tapis dengan melibatkan budayawan Lampung.

"Tapis milik Lampung harus disosialisasikan terus menerus kepada masyarakat tentang HAKI (Hak Kekayaan Intelektual). Sehingga masyarakat dan dunia tahu bahwa Tapis adalah milik Lampung,” katanya.

3. Inisiasi seragam ASN ada ornament tapis

Festival Kemilau Tapis Lampung 24-26 November, Ada Pelatihan Bikin TapisMenteri BUMN Erick Tohir melihat kerajinan tapis Lampung (IDN Times/Istimewa)

Riana berharap, penyelenggaraan event ini, gaung Tapis akan semakin dikenal luas masyarakat dan menjadi kebanggaan bagi warga masyarakat Lampung. Itu juga upaya untuk lebih meningkatkan rasa cinta dan bangga terhadap kerajinan Tapis,

Ia juga  telah berupaya menginisiasi penggunaan pakaian seragam dengan ornamen dan nuansa Tapis kepada ASN pada setiap hari Kamis. Perajin Tapis diharapkan mendapatkan dampak positif dari penggunaan Tapis oleh ASN pada  instansi pemerintah.

Baca Juga: Mantap! Tiga Hari Gelaran Lampung Craft 2021 Transaksi Rp1,35 Miliar

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya