Fakta Densus 88 Tangkap Terduga Teroris di Lamtim dan Bandar Lampung

Sita buku jihad, panah, laptop, hingga SIM card

Bandar Lampung, IDN Times - Penangkapan terduga teroris oleh Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror di Provinsi Lampung menyisakan cerita. Personel Densus 88 menangkap terduga teroris di Kota Bandar Lampung dan Lampung Timur, Sabtu (14/8/2021). 

Berikut IDN Times rangkum cerita tetangga dan personel terkait seputar kronologis penangkapan terduga teroris. 

1. Pedagang sepatu di Pasar Way Jepara

Fakta Densus 88 Tangkap Terduga Teroris di Lamtim dan Bandar LampungIlustrasi Sepatu (Pantofel) (IDN Times/Mardya Shakti)

Diketahui, tim Densus 88 menangkap terduga teroris SU di rumahnya di wilayah Dusun 5 Desa Labuhan Ratu Satu, Kecamatan Way Jepara, Lampung Timur.

Anggis, tetangga terduga teroris menyampaikan, SU kesehariannya bekerja sebagai pedagang sepatu di Pasar Way Jepara, Lampung Timur.

Aktivitas lain SU adalah mengajar mengaji anak-anak di sekitar tempat tinggalnya. 

2. Sita buku jihad dan anak panah

Fakta Densus 88 Tangkap Terduga Teroris di Lamtim dan Bandar LampungPintrest.com

Amral, Kepala Dusun 5 Desa Labuhan Ratu Satu, Amral mengatakan, tak mengetahui secara pasti keterlibatan SU ditangkap. 

"Dia (terduga teroris) di sini seperti biasa saja dengan warga lainnya, Sabtu ada aparat kepolisian. Dia mengaku dari Tim Densus dan akan menggeledah rumahnya (SU) itu,” katanya. 

Amral menambahkan,  ada beberapa barang dibawa Tim Densus 88 dari rumah SU di antaranya yakni buku jihad. "Ada buku-buku yang berjudul fikih dan jihad, serta beberapa alat panah dan buku rekening,” jelasnya. 

Baca Juga: Densus 88 Tangkap Pria Terduga Teroris di Bandar Lampung, Sita Laptop

3. Ketua RT diminta saksikan penggeledahan rumah

Fakta Densus 88 Tangkap Terduga Teroris di Lamtim dan Bandar LampungTim Densus 88 Antiteror mengamankan seorang pria terduga teroris di Lampung (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Tim Densus 88 Antiteror menangkap pria terduga teroris di Perumahan RRI, Kelurahan Sukarame, Kecamatan Sukarame, Kota Bandar Lampung, Sabtu (14/8/2021).

Ketua Rukun Tangga (RT) setempat, Weldan (59) membenarkan peristiwa penangkalan salah satu warga yang tinggal di daerahnya. Kendati demikian, ia tak tahu persis detail penangkapan tersebut.

"Kalau diangkutnya saya gak tahu. Tapi tadi siang sekitar jam 1 siang tadi, saya dipanggil petugas Bhabinkamtibmas untuk menyaksikan penggeledahan di rumah itu," ujar Weldan, saat ditemui di kediamannya.

4. Menumpang di kediaman sang kakak

Fakta Densus 88 Tangkap Terduga Teroris di Lamtim dan Bandar LampungTim Densus 88 Antiteror mengamankan seorang pria terduga teroris di Lampung (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Dari hasil penggeledahan berlangsung selama setengah jam tersebut, Weldan mengungkapkan, lima petugas kepolisian mengamankan beberapa barang bukti terduga milik teroris tersebut.

"Tadi saya juga disuruh tanda tangan barang apa saja yang dibawa. Kalau tidak salah tadi cuma ada satu laptop sama sim card handphone," imbuh dia.

Disinggung terkait detail identitas terduga teroris, Weldan pun mengaku tak tahu persis orang tersebut. Pasalnya, pria itu hanya menumpang di kediaman milik kakaknya. "Kalau infonya dia baru tinggal sekitar 3 mingguan," sambungnya.

Meski tak tahu persis terduga teroris ditangkal Densus 88 itu, Weldan mengatakan, cukup mengenal dekat sang kakak tempat pria tersebut tinggal dan dikenal ramah dilingkungan sekitar.

"Kalau kakaknya saya jelas kenal di lingkungan juga biasa-biasa saja ramah kok. Sehari-hari dia jualan roti bakar di depan perumahan," terang dia.

5. Rangkaian penyelidikan kasus terorisme

Fakta Densus 88 Tangkap Terduga Teroris di Lamtim dan Bandar LampungKabid Humas Polda Lampung, Kombes Pol Zahwani Pandra Arsyad. (IDN Times/Martin L Tobing).

Dikonfirmasi terpisah, Kabid Humas Polda Lampung, Kombes Pol Zahwani Pandra Arsyad mengungkapkan, kegiatan pengamanan dilakukan Tim Densus 88 Antiteror di Lampung merupakan rangkaian penyelidikan terhadap suatu kasus terorisme.

"Tentunya memang benar adanya kegiatan di sini, hanya itu yang bisa saya sampaikan. Sebab, saat ini masih dalam proses penyelidikan," tandasnya.

Baca Juga: Densus 88 Tangkap Terduga Teroris asal Lampung di Dua Lokasi Berbeda

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya