Donasi 5 Ambulans, Bupati Tanggamus: Tekan Angka Kematian Ibu dan Anak

Mempercepat pelayanan masyarakat yang membutuhkan ambulans

Tanggamus, IDN Times - Bupati Tanggamus Dewi Handajani, menyatakan, dari 27 pekon di Kecamatan Pugung, 19 pekon sudah memiliki ambulans periode 2020 lalu. Sedangkan 8 pekon baru memilikinya tahun ini yaitu Pekon Pungkut, Pekon Binjaiwangi, Pekon Wayjaha, Pekon Sukajadi, Pekon Tanjungkemala, Pekon Babakan, Pekon Waymanak dan Pekon Rantautijang.

Merujuk hal itu, Dewi menyerahkan secara simbolis lima unit ambulans ke Pekon Pungkut, Pekon Binjaiwangi, Pekon Wayjaha, Pekon Sukajadi, dan Pekon Tanjungkemala di Kecamatan Pugung.

"Saya berharap adanya ambulans pekon akan mempercepat pelayanan masyarakat yang membutuhkan ambulans. Salah satunya menekan angka kematian ibu dan angka kematian bayi yang terjadi akibat keterlambatan pelayanan di puskesmas atau rumah sakit," harap bupati dalam pernyataannya, Minggu (29/8/2021).

Baca Juga: Hore, 523 Anak Usia 12-17 Tahun di Tanggamus Vaksinasi COVID-19

1. Tinjau ruas jalan

Donasi 5 Ambulans, Bupati Tanggamus: Tekan Angka Kematian Ibu dan AnakBupati Tanggamus Dewi Handajani simbolis menyerahkan ambulans untuk pekon di Kecamatan Pugung. (IDN Times/Istimewa).

Selain menyerahkan bantuan ambulans, Dewi juga meninjau tiga ruas jalan yang dibangun pada tahun 2021 ini. Pertama, ruas Jalan Simpang Kebumen-Merabung (Ruas Banjaragung Udik) sepanjang 850 meter dan lebar 3 meter biaya Rp795.759.000, sumber dana APBD.

Kedua, ruas Jalan Kayuhubi-Sumanda sepanjang 1.025 meter dan lebar 3 meter biaya Rp733.767.000, sumber dana APBD. Ketiga, ruas Jalan Gading-Tamansari (pemeliharaan berkala/rehabilitasi), panjang 3.400 meter, lebar 4 meter dan biaya Rp.5.673.017.000 sumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK).

"Alhamdulillah, tanggapan dari masyarakat sangat positif. Saya berpesan pembangunan jalan yang sudah dibangun ini bisa bermanfaat untuk meningkatkan perekonomian masyaraka. Mari menjaga dan merawat jalan yang telah dibangun, serta menjaga keselamatan dengan tidak kebut-kebutan dijalan yang sudah mulus tersebut," papar Dewi.

2. Bantu tingkatkan perekonomian masyarakat

Donasi 5 Ambulans, Bupati Tanggamus: Tekan Angka Kematian Ibu dan AnakBupati Tanggamus Dewi Handajani simbolis menyerahkan ambulans untuk pekon di Kecamatan Pugung. (IDN Times/Istimewa).

Camat Pugung Hardasyah, menyampaikan terima kasih kepada bupati, atas pembangunan yang telah dilaksanakan di Kecamatan Pugung.

"Tentunya atas nama masyarakat, kami mengucapkan terima kasih kepada Bupati Tanggamus Dewi Handajani, atas pembangunan yang dialokasikan di Kecamatan Pugung," jelasnya.

Menurut Hardasyah, infrastruktur jalan akan sangat membantu masyarakat terkait transportasi. Selain itu, meningkatkan perekonomian masyarakat," ujarnya.

3. Dukungan moril kepada anak diduga kelainan jantung

Donasi 5 Ambulans, Bupati Tanggamus: Tekan Angka Kematian Ibu dan AnakBupati Tanggamus Dewi Handajani mengunjungi Kinta Dwi Napputri (4), warga Pekon Gading diduga memiliki kelainan jantung. (IDN Times/Istimewa).

Masih dalam kegiatan yang sama, Bupati Dewi Handajani juga mengunjungi Kinta Dwi Napputri (4), putri Sanusi dan Eka Nurmala, warga Pekon Gading diduga memiliki kelainan jantung. Kedatangan Dewi untuk memberikan dukungan moril dan bantuan kepada keluarga Ananda Intan.

"Bunda berharap keluarga diberikan kesabaran dan tak lupa terus berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa, agar dimudahkan segala urusannya dan cepat diberikan kesembuhan," harap bupati.

Baca Juga: Kala Wabup Tanggamus ‘Jemur’ Guru SMP demi Tingkatkan Imun

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya