Ditanya Target Koalisi PDIP, Puan Maharani: Gak Usah Cepat-cepat

Terpenting punya teman sama visi misinya bangun bangsa

Bandar Lampung, IDN Times – Ketua DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Bidang Politik, Puan Maharani menyatakan, koalisi antar PDIP dengan partai lain belum fix. Kondisi koalisi partai politik saat ini masih dinamis dan terbuka semua peluang.

Hal itu disampaikannya kepada awak media saat menghadiri Konsolidasi Internal PDI Perjuangan di Kantor DPD PDIP Provinsi Lampung, Rabu (24/8/2022) malam. “Masih dinamis. Yang lain (partai politik) sudah fix? Kan belum,” jelasnya.

Baca Juga: DPD PDIP Lampung Adukan Ceramah Ujaran Kebencian Sukarno ke Mapolda 

1. Koalisi ingin punya teman sama visi dan misi

Ditanya Target Koalisi PDIP, Puan Maharani: Gak Usah Cepat-cepatKetua Umum Partai NasDem, Surya Paloh dan Ketua DPP PDIP, Puan Maharani bertemu di Tower NasDem (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Terkait hasil pertemuan dengan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh, indikasi bangun koalisi Puan mengatakan terbuka peluang kerja sama. Ia pun ke depan berencana bertemu pimpinan partai politik lainnya.

“Bangun bangsa dan negara gak bisa sendirian. Buka hanya menuju Pilpres 2024 saja,” jelasnya.

Disinggung rencana deklarasi calon presiden dari PDIP untuk Pilpres dan koalisi dengan partai politik lain, Puan menyatakan semua ada waktunya. "Gak usah cepet-cepet Pilpres masih 2024,” jelasnya

“Tapi bagaimana (koalisi) punya teman yang sama visi misinya. Dan bekerjasama untuk bangun Indonesia,” imbuhnya.

2. Pengurus PDIP Lampung diminta silaturahmi dengan partai lain

Ditanya Target Koalisi PDIP, Puan Maharani: Gak Usah Cepat-cepatPuan Maharani menyambangi Kantor DPD Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Provinsi Lampung, Rabu (24/8/2022) malam. (IDN Times/Martin L Tobing).

Merujuk Rakernas PDIP beberapa waktu lalu, Megawati menugaskan Puan silaturahmi dengan ketua umum partai lain untuk menjajaki visi misi dan pemikiran. “Bagaimana 2024 bisa berjalan baik dan lancar. Jangan sampai ada perpecahan. Tahu kapan waktunya bertanding dan bersanding,” kata Puan. 

Ia menambahkan, lantaran tingkat pusat sudah silaturahmi dengan partai lain, diharapkan kader partai daerah melakukan hal serupa. “Jangan sampai tidak ada komunikasi, tapi terus komunikasi,” katanya. 

“Gak ada yang negatif dari silaturahmi. Jangan sampai ruang ruang itu tertutup. Silaturahmi dengan Forkompimda biar Pileg Pilpres aman damai lancar dan gak ada permusuhan,” ujarnya.

3. Target kursi DPR RI dapil Lampung 2024 tetap sama

Ditanya Target Koalisi PDIP, Puan Maharani: Gak Usah Cepat-cepatPuan Maharani menyambangi Kantor DPD Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Provinsi Lampung, Rabu (24/8/2022) malam. (IDN Times/Martin L Tobing).

Puan mengatakan, Konsolidasi Internal PDI Perjuangan di Kantor DPD PDIP Provinsi Lampung juga membahas seputar para kader partai yang akan maju sebagai calon legislatif tingkat kabupaten/kota, provinsi dan pusat.

Terkait target jumlah kursi DPR RI asal dapil Lampung, Puan menyatakan target ideal tetap bertahan 5 kursi. Tapi untuk target pemenangan kepala daerah diusung PDIP pada Pilkada Serentak November 2024, putri Megawati Soekarnoputri ini ingin sebanyak-banyaknya banyak kader PDIP Lampung terpilih sebagai kepala daerah.

Baca Juga: Sambangi Lampung Konsolidasi Internal, Kader PDIP Pekik Puan Presiden

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya