Dirut ASDP Akui Terjadi Dinamika Pelayanan Penyeberangan Arus Mudik

Evaluasi untuk antisipasi layanan arus balik

Intinya Sih...

  • Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) mengakui dinamika pelayanan Angkutan Lebaran tahun ini yang perlu ditingkatkan untuk arus balik penyeberangan.
  • Manajemen akan menindaklanjuti evaluasi pelayanan selama arus mudik untuk mengantisipasi kekurangan saat pelaksanaan arus balik mendatang.
  • Data terkini menunjukkan jumlah penumpang dan kendaraan yang menyeberang turun, namun ada kenaikan signifikan dari Sumatera ke Jawa pada H-2.

Lampung Selatan, IDN Times - Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Ira Puspadewi mengakui, perhelatan Angkutan Lebaran penyeberangan pada tahun ini terjadi dinamika dalam pelayanan kepada pengguna jasa yang dinilai belum sempurna. Sehingga perlu dilakukan pembenahan dan peningkatan kualitas khususnya agar pelayanan arus balik penyeberangan dapat terlayani dengan baik.

"Kendati terjadi antrean seiring peningkatan volume penumpang dan kendaraan di puncak arus mudik, namun masyarakat dapat terlayani, bisa menyeberang dengan selamat, bertemu dengan keluarga merayakan Idul Fitri," tuturnya dalam keterangan resmi, Selasa (9/4/2024).

Ira mengapresiasi kerja sama pengguna jasa seperti para pemudik motor yang dilayani melalui Pelabuhan Ciwandan. Itu karena, telah mematuhi arahan untuk bertiket sebelum tiba di pelabuhan. Dengan demikian pelayanan pemudik motor dari Ciwandan - Bakauheni dapat terlayani dengan baik.

Ia juga menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh stakeholder telah berkoordinasi dan berkolaborasi dalam mendukung kelancaran layanan Angkutan Lebaran 2024.

1. ASDP akan evaluasi pelayanan selama arus mudik

Dirut ASDP Akui Terjadi Dinamika Pelayanan Penyeberangan Arus MudikPelabuhan Bakauheni Lampung Selatan mudik Lebaran 2024. (IDN Times/Martin L Tobing).

ASDP menekankan, manajemen akan segera menindaklanjuti evaluasi pelayanan selama arus mudik, untuk mengantisipasi dan meminimalisir kekurangan saat pelaksanaan arus balik mendatang. "Tugas kami belum usai, Insya Allah arus balik Lebaran mendatang juga dapat terlayani dengan baik, lancar, tertib dan selamat," ujarnya lagi.

Ira menambahkan, kepada seluruh pengguna jasa agar mempersiapkan perjalanan dengan kapal ferry, termasuk layanan arus balik Lebaran. Ia juga meminta kepada pemudik yang akan kembali dari Sumatera menuju Jawa agar mengatur waktu kepulangan dan segera melakukan pemesanan tiket, jangan sampai kehabisan kuota.

"Tiket ferry sudah dapat dibeli H-60, pastikan beli tiket di aplikasi Ferizy dan segera reservasi tiket pulang (arus balik) supaya tidak kehabisan kuota. Mohon kerja sama untuk menghindari pembelian di calo, dan pastikan datang ke pelabuhan sesuai jadwal yang tertera di tiket," ujarnya.

2. Ada 46 unit kapal beroperasi

Dirut ASDP Akui Terjadi Dinamika Pelayanan Penyeberangan Arus MudikIlustrasi Pelabuhan Bakauheni Lampung Selatan. (IDN Times/Martin L Tobing).

PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) membeberkan data terkini seputar arus penyeberangan mudik Lebaran 2024 di Pelabuhan Merak Banten, Pelabuhan Bakauheni Lampung Selatan dan Pelabuhan Panjang Kota Bandar Lampung.

Berdasarkan data Lintasan Merak - Bakauheni, Ciwandan - Bakauheni, dan Ciwandan - Panjang selama 24 jam (periode 8 April 2024 hingga pukul 23.59 WIB) atau H-2, tercatat jumlah kapal beroperasi sebanyak 46 unit kapal.

Adapun realisasi total penumpang yang menyeberang dari Jawa ke Sumatra mencapai 156.424 orang atau turun 7 persen dibandingkan realisasi periode yang sama tahun lalu sebanyak 167.520 orang.

Baca Juga: Cerita Porter Bakauheni, Penumpang Ramai Tapi Penghasilan Minim 

3. H-7 hingga H-2 tercatat 682.657 orang ke Sumatra

Dirut ASDP Akui Terjadi Dinamika Pelayanan Penyeberangan Arus MudikPenampakan antrean kendaraan di dermaga eksekutif Pelabuhan Bakauheni pada H-3 Lebaran 2024 sekitar pukul 11.45 WIB. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna).

Tercatat realisasi kendaraan roda dua yang telah menyeberang mencapai 15.213 unit atau turun 20 persen dibandingkan realisasi tahun lalu mencapai 18.944 unit. Kendaraan roda empat mencapai 17.859 unit atau turun 6 persen dibandingkan realisasi periode yang sama tahun lalu sebanyak 23 unit.

Total seluruh kendaraan tercatat 35.289 unit yang telah menyeberang dari Jawa ke Sumatera pada H-2 atau turun 10 persen dibandingkan realisasi periode sama tahun lalu sebanyak 39.301 unit.

Sedangkan total penumpang yang menyeberang dari Jawa ke Sumatera mulai dari H-7 hingga H-2 tercatat 682.657 orang atau naik 1 persen dibandingkan realisasi periode yang sama tahun lalu sebanyak 677.683 orang. Untuk total kendaraan yang telah menyeberang tercatat 159.866 unit atau naik 6 persen dibandingkan realisasi periode sama tahun lalu sebanyak 151.007 unit.

4. Data terkini H-2 dari Bakauheni ke Merak

Dirut ASDP Akui Terjadi Dinamika Pelayanan Penyeberangan Arus MudikSuasana Pelabuhan Bakauheni Lampung Selatan, Sabtu (6/4/2024). (IDN Times/Tama Yudha Wiguna).

Sebaliknya, dari Bakauheni dilaporkan pada H-2, realisasi total penumpang mencapai 56.759 orang atau naik 37 persen dibandingkan realisasi periode yang sama tahun lalu sebanyak 41.304 orang. Diikuti roda dua yang telah menyeberang mencapai 955 unit atau naik 48 persen dibandingkan realisasi tahun lalu mencapai 644 unit.

Selanjutnya, kendaraan roda empat mencapai 6.097 unit atau naik 24 persen dibandingkan realisasi periode yang sama tahun lalu sebanyak 4.917 unit. Total seluruh kendaraan tercatat 9.185 unit telah menyeberang dari Sumatra ke Jawa pada H-2, atau naik 36 persen dibandingkan realisasi periode sama tahun lalu sebanyak 6.766 unit.

Sedangkan total penumpang yang menyeberang dari Sumatera ke Jawa mulai dari H-7 hingga H-2 tercatat 286.334 orang atau naik 4 persen dibandingkan realisasi periode sama tahun lalu sebanyak 274.541 orang. Untuk total kendaraan yang telah menyeberang tercatat 53.398 unit atau naik 7 persen dibandingkan realisasi periode sama tahun lalu sebanyak 49.756 unit.

5. Ada 7 kapal beroperasi rute Ciwandan-Bakauheni

Dirut ASDP Akui Terjadi Dinamika Pelayanan Penyeberangan Arus MudikRatusan pemudik sepeda motor dikawal personel Satlantas Polres Lampung Selatan, Sabtu (6/4/2024) dini hari. IDN Times/Martin L Tobing.

Untuk pelayanan sepeda motor dan truk dari Ciwandan ke Bakauheni dan Panjang dilaporkan pada H-2 tercatat melayani 15.206 kendaraan roda dua dan 35 kendaraan logistik. Secara total realisasi produksi mencapai 15.264 unit kendaraan dan jumlah penumpang sebesar 30.557 orang.

Tercatat jumlah kapal yang beroperasi penyeberangan rute Ciwandan-Bakauheni terdapat 7 unit kapal dengan total pelayanan mencapai 16 trip.

Baca Juga: Trip Kapal Bakauheni hingga H-2 Arus Mudik Lebih Banyak dari Merak

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya