Dekranasda dan BNI Gelar Metro Culinary Night, Catat Tanggalnya!

Mendorong tumbuhnya potensi sumber daya lokal

Metro, IDN Times - Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Metro Bersama BNI dan Metro Creative Production akan menggelar even Metro Culinary Night di Sentra Kreatif Masyarakat (SEKAM). Event ini digelar 23-30 Desember 2022 mendatang.

Ketua Dekranasda Metro, Silfia Naharani menjelaskan, even digelar pada sore hingga malam hari tersebut merupakan even penutup di Kota Metro pada tahun 2022. Ia mengklaim, even tersebut berbeda dengan pernah digelar sebelumnya karena mayoritas tenant dan panitia merupakan sumber daya lokal dari Metro.

"Kita ingin mendorong tumbuhnya potensi sumber daya lokal sebagai upaya bersama meningkatkan perekonomian lokal," jelasnya, Rabu (14/12/2022).

Baca Juga: TK Pertiwi Metro Terapkan Kurikulum Merdeka, Berbaur dengan Alam  

1. Perkenalkan wajah baru SEKAM

Dekranasda dan BNI Gelar Metro Culinary Night, Catat Tanggalnya!Metro Culinary Night di Sentra Kreatif Masyarakat (SEKAM) digelar 23-30 Desember 2022 mendatang. (IDN Times/Istimewa). 

Menurut Silfia, even ini juga digelar untuk mendorong potensi ekonomi lokal khususnya di sektor kuliner. Sekaligus untuk memperkenalkan wajah baru SEKAM.

Ia menambahkan, Pemerintah Kota Metro terus melakukan revitalisasi fasilitas budaya, salah satunya di Sentra Kreatif Masyarakat (SEKAM). Hal ini ditandai dengan wajah baru SEKAM lebih inklusif bagi warga Metro dan acara event kuliner menjadi penanda hal tersebut. 

Maria dari Dekranasda Metro menjelaskan, sejumlah perbaikan di lingkungan SEKAM memang terus dilakukan. Itu dalam rangka mendorong revitalisasi fasilitas budaya yang merupakan salah satu program unggulan dari Pemerintah Kota Metro.

Itu juga ditopang SEKAM terletak di Jalan Brigjend Sutiyoso Nomor 50 berada di lokasi strategis di pusat Kota Metro tidak jauh dari Taman Merdeka.
“Sebelumnya SEKAM masih terbatas pada tempat memasarkan berbagai kerajinan dan beberapa tenant kuliner. Lewat revitalisasi fasilitas budaya dan gelaran even semacam ini SEKAM diharapkan menjadi ruang publik baru bagi warga Metro,” jelasnya.

2. Galakkan transaksi nontunai

Dekranasda dan BNI Gelar Metro Culinary Night, Catat Tanggalnya!IDN Times/Helmi Shemi

Fany Hasibuan dari BNI Metro mengatakan, pihaknya terus berkomitmen mendukung pertumbuhan UMKM di Kota Metro sekaligus mendorong transaksi nontunai lewat QRIS.

"Kesuksesan even beberapa waktu lalu kami harapkan bisa semakin mendorong UMKM Metro berkembang. Kami mendukung inisiatif Dekranasda dan Metro Creative Production dalam mengembangkan even-even semacam ini," jelasnya.

Menurut Fany, BNI akan menjadi mitra utama even ini sebagai komitmen BUMN dalam pemulihan ekonomi nasional. Sebelumnya BNI Metro juga mendukung even Sudirman Street Food Festival beberapa waktu lalu.

“Pada even kali ini BNI juga akan menyiapkan sejumlah doorprize bagi para pengunjung Metro Culinary Night,” tambah Fanny.

3. Potensi lokal

Dekranasda dan BNI Gelar Metro Culinary Night, Catat Tanggalnya!Metro Culinary Night di Sentra Kreatif Masyarakat (SEKAM) digelar 23-30 Desember 2022 mendatang. (IDN Times/Istimewa). 

M Riananda Pratama dari Metro Creative Production menjelaskan, even ini dipersiapkan kurang dari satu bulan. Selain itu, mendapatkan dukungan dari berbagai kalangan.

"Alhamdulillah, perizinan telah selesai dan kami berharap tenant-tenant lokal dapat ikut berpartisipasi dalam even di akhir tahun 2022 ini," jelasnya.

Rian menambahkan, selain even kuliner pihaknya juga menyiapkan sejumlah acara untuk meramaikan event tersebut. Pihaknya menargetkan setidaknya 40 tenant akan mengikuti even ini sesuai dengan kapasitas lokasi tempat digelarnya Metro Culinary Night.

“Even ini berupaya mengoptimalkan potensi lokal yang ada. Metro dikenal dengan sumber daya manusianya yang kreatif,” jelasnya.

Baca Juga: Kota Metro Dapat DID Rp11,3 Miliar, Wahdi: Fokus Benahi Infrastruktur 

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya