Cerita Personel Gegana Brimob Lampung Pengamanan Kunker Dua Menteri

Menteri agama dan BUMN tinjau RS penanganan COVID-19

Bandar Lampung, IDN Times – Kunjungan kerja Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Dirut Pertamina Nicke Widyawati, dan Dirut Pertamedika IHC dr Fathema Djan Rahmat ke Bandar Lampung, Minggu (8/8/2021) menyisakan cerita. Itu terkait persiapan pengamanan dilakukan Detasemen Gegana Satbrimobda Lampung.

Dansat Brimob Polda Lampung Kombes Pol Wahyu Widiarso Suprapto, pengamanan kepada pejabat negara berkunjung ke Lampung merupakan perintah pimpinan. Konsep pengamanan mengerahkan personel Detasemen Gegana khususnya Unit Wanteror dan Unit Jibom untuk melaksanakan giat pengamanan VIP/VVIP escape dan sterilisasi sebagai protap awal dan SOP dalam setiap pelaksanaan pengamanan.

“Unit Escape Wanteror dipimpin Aiptu Posler Sitanggang dan Unit Sterilisasi Jibom dimpinan Iptu Mantun Manik untuk mengamankan kunjungan kerja  para menteri dan pejabat negara saat meninjau Rumah Sakit Darurat Wisma Haji Bandar Lampung,” terangnya.

1. Antisipasi hal tak diinginkan

Cerita Personel Gegana Brimob Lampung Pengamanan Kunker Dua MenteriDetasemen Gegana Satbrimobda Lampung bertugas mengamankan kunjungan menteri agama dan menteri BUMN di Bandar Lampung, Minggu (8/8/2021). (IDN Times/Istimeewa).

Wadanden Gegana AKP Moch Sonep, menjelaskan, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada tamu VIP dan VVIP. Mulai dari tiba di Bandara Radin Inten II, saat berlangsungnya acara hingga selesainya rentetan kegiatan kunjungan ke Rumah Sakit Darurat di Wisma Haji.

“Semua ini antisipasi dari hal- hal yang tidak diinginkan, Pastikan bahwa VIP yang kita amankan sampai dilokasi yang dituju dan kembali dengan keadaan aman dan lancar,” terangnya.

Sonep menambahkan, lokasi menjadi target pengamanan, sterilisasi dan escape meliputi Bandara Raden Inten II dan Wisma Haji Bandar Lampung.

Baca Juga: Gubernur Beber Alasan RS COVID-19 di Asrama Haji Lampung Beroperasi

2. Tambahan fasilitas kesehatan penanganan pasien COVID-19 di Lampung

Cerita Personel Gegana Brimob Lampung Pengamanan Kunker Dua MenteriRumah Sakit Pertamina Bintang Amin Ekstensi Asrama Haji Rajabasa Lampung. (Dok Humas Kanwil Kemenag Provinsi Lampung).

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mendampingi Menteri  BUMN Erick Thohir dan Menteri Agama Yaqut Cholil meninjau kesiapan Rumah Sakit Pertamina Bintang Amin Ekstensi Asrama Haji kemarin.

Atas inisiasi menteri BUMN, Provinsi Lampung menjadi salah satu wilayah difasilitasi penyediaan tambahan fasilitas kesehatan untuk menunjang penanganan COVID-19. Konsepnya, pemanfaatan gedung milik pemerintah sebagai rumah sakit penanganan pasien Covid-19.

Arinal mengatakan, koordinasi dan sinergi antara Pemerintah Provinsi Lampung, Kementerian Agama  RI melalui Kanwil Kemenag Lampung dan salah satu BUMN yaitu PT Pertamina melalui Perta  Medika  atau biasa disebut RS Pertamina, beberapa waktu lalu mematangkan rencana penambahan fasilitas kesehatan untuk perawatan pasien yang terpapar Covid-19, khususnya, yang bergejala berat.

"Kami, atas nama pemerintah dan masyarakat Lampung menyampaikan rasa terima kasih atas dukungan dan support pemerintah pusat. Khususnya Kementerian BUMN dan Kementerian Agama RI yang dengan gerak cepat bersama Penprov Lampung mewujudkan tambahan fasilitas kesehatan untuk penanganan pasien COVID-19 di Asrama Haji ini". ujar gubernur.

3. Menteri BUMN apresiasi kolaborasi solid

Cerita Personel Gegana Brimob Lampung Pengamanan Kunker Dua MenteriRumah Sakit Pertamina Bintang Amin Ekstensi Asrama Haji Lampung rencananya beroperasi, Selasa (10/8/2021). (IDN Times/Martin L Tobing).

Menteri BUMN Erick Thohir mengapresiasi kolaborasi dan komitmen solid yang dilakukan Pertamedika Indonesia Healthcare Corporation (IHC) bersama Kementerian BUMN bersinergi dengan Kementerian Agama dalam pengalihan fungsi asrama haji menjadi RS Ekstensi Rujukan COVID-19.

"Dengan semakin banyak fasilitas dan program penanganan pasien COVID-19 bergejala sedang hingga kritis, maka kasus kematian karena pandemi yang masih tinggi bisa ditekan seminimal mungkin. Terlebih ini RS ekstensi kedua yang dibangun Pertamedika IHC di asrama haji, karena itu saya berterima kasih kepada Menteri Agama, Gus Yaqut atas kolaborasi dan komitmen solid untuk bersama memerangi pandemi dengan memaksimalkan kemampuan yang sama-sama kita miliki," ujarnya.

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menyatakan, pengalihan fungsi asrama haji menjadi fasilitas kesehatan untuk penanganan pasien COVID-19 merupakan komitmen untuk bersama-sama menanggulangi kebutuhan ruang rawat untuk gejala berat dan kritis yang terus meningkat.

4. Tahap pertama operasikan 51 tempat tidur

Cerita Personel Gegana Brimob Lampung Pengamanan Kunker Dua MenteriRumah Sakit Pertamina Bintang Amin Ekstensi Asrama Haji Lampung rencananya beroperasi, Selasa (10/8/2021). (Dok Kementerian BUMN).

Rumah sakit ekstensi rujukan COVID-19 di Lampung ini memiliki lima lantai dengan luas bangunan 3.944 meter persegi dan memiliki kapasitas hingga 200 tempat tidur yang akan disiapkan secara bertahap. Untuk tahap pertama akan dioperasikan 51 tempat tidur.

Rinciannya, 20 tempat tidur IGD ICU dilengkapi ventilator, empat tempat tidur HCU dan tiga tempat tidur IGD di lantai 1, serta 24 tempat tidur ruang rawat isolasi di lantai 2. Pada tahap berikutnya akan dioperasikan 72 tempat tidur ruang rawat isolasi untuk lantai 3, 4, dan 5.

Selain dilengkapi dengan alat-alat canggih seperti ventilator, CCTV untuk setiap pasien, penggunaan SYSMEX dan OSS sebagai pendukung teknologi informasi, RS ini juga memiliki fasilitas laboratorium, instalasi farmasi, hingga command room yang bisa memantau kondisi pasien 24 jam.

Sementara untuk tenaga kesehatan, Pertamedika IHC telah menyiapkan 26 dokter umum, 14 dokter spesialis, 45 perawat, serta tenaga kesehatan dan penunjang medis lainnya untuk memastikan operasional RSPBA Ekstensi Asrama Haji Lampung berjalan optimal.

Baca Juga: Cerita Erick Thohir 3 Hari 'Sulap' Asrama Haji Lampung jadi RS COVID-19

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya