Cara PLN Lampung Amankan Pasokan Listrik Periode Lebaran 2024

Beban puncak subsistem Lampung mencapai 1.146 Mega Watt

Lampung Selatan, IDN Times - PLN UID Lampung mencatat, pasokan listrik pada beban puncak subsistem Lampung mencapai 1.146 Mega Watt (MW). Sedangkan total daya mampu pembangkit di Lampung sebesar 1.213 MW.

Sugeng Widodo, General Manager PLN UID Lampung mengatakan, merujuk pasokan listrik di Lampung, pihaknya  memastikan selama periode libur Lebaran 2024 dalam kondisi aman. "Kita semua berharap, pasokan listrik selama masa siaga Hari Raya Idul Fitri 1445 H selalu dalam kondisi aman,” terangnya, Minggu (7/4/2024).

Baca Juga: Ramadan 2024, PLN Lampung Salurkan 500 Paket Sembako dan 250 Santunan

1. Ada 2,6 juta pelanggan di Lampung

Cara PLN Lampung Amankan Pasokan Listrik Periode Lebaran 2024Pelanggan listrik PLN selama menyambut Hari Raya Idul Fitri. Foto PLN

Sugeng menjelaskan, PLN UID Lampung juga menggelar Apel Siaga periode libur Lebaran 2024. Itu wujud nyata dari komitmen PLN dalam upaya memberikan pelayanan terbaik dan rasa nyaman bagi 2,6 juta pelanggan di Lampung terutama dalam masa Siaga Ramadan dan Idul Fitri 1445H.

“Kami ingin masyarakat Lampung merasa aman dan nyaman dalam menggunakan listrik saat Ramadan dan Idul Fitri tahun 2024 ini. Untuk itu kami pastikan seluruh personel, peralatan dan material pendukung lainnya selalu dalam kondisi siap dan prima,” terangnya, Minggu (7/4/2024).

2. Kerahkan 1.125 personel

Cara PLN Lampung Amankan Pasokan Listrik Periode Lebaran 2024Apel Siaga PLN UID Lampung. (Dok. PLN Lampung).

Senior Manager Distribusi PLN UID Lampung, Huslan Husain mengatakan, sebanyak 1.125 personel terdiri dari 124 petugas PLN dan 1.001 Petugas Pelayanan Teknik disiagakan dan disebar ke 107 Posko Siaga. PLN UID Lampung juga menyiagakan sebanyak tiga Tim Elit PLN yaitu Tim PDKB (Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan) siap melaksanakan pekerjaan pemeliharan jaringan listrik tanpa padam.

Di masa siaga, PLN UID Lampung juga telah memetakan beberapa titik lokasi menjadi prioritas utama dalam pengamanan pasokan listrik.

"Sebanyak 106 masjid besar, 72 lokasi VIP/VVIP serta lokasi pelabuhan penyeberangan, stasiun kereta dan terminal induk ditetapkan menjadi lokasi prioritas utama PLN dalam pengamanan kelistrikan pada periode siaga," ujarnya.

3. Pastikan sebelum mudik instalasi listrik di rumah aman

Cara PLN Lampung Amankan Pasokan Listrik Periode Lebaran 2024Pelanggan listrik PLN selama menyambut Hari Raya Idul Fitri. Foto PLN

Sugeng Widodo mengimbau kepada masyarakat akan melakukan perjalanan mudik, sebelum meninggalkan rumah agar memastikan instalasi listrik di rumah harus dalam kondisi aman.

"Tentunya keselamatan kelistrikan menjadi hal yang paling penting. Sebelum meninggalkan rumah, pastikan instalasi listrik dalam kondisi aman dari bahaya kebakaran akibat konsleting atau arus pendek listrik," imbuhnya.

Dia juga mengajak kepada seluruh pelanggan dalam hal percepatan penanganan keluhan atau gangguan kelistrikan, gunakanlah saluran resmi pengaduan PLN yaitu Call Center 123 dan aplikasi PLN Mobile.

Baca Juga: Lokasi SPKLU di Tol Lampung, Pemilik Mobil Listrik Tak Perlu Khawatir

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya