Cara Daftar QR Code Pertalite, Ada 70.267 Pengguna di Lampung

Perluas wilayah pendataan QR Code Pertalite di Lampung

Intinya Sih...

  • Program Subsidi Tepat untuk pembelian BBM bersubsidi pengguna Pertalite masih dibuka di Lampung
  • Pendataan QR Code Pertalite diperluas ke wilayah Lampung, Sumatera Selatan, dan Jambi
  • Pendataan QR Code bertujuan mencatat transaksi BBM penugasan secara lebih baik dan transparan

Bandar Lampung, IDN Times - PT Pertamina Patra Niaga mencatat, sekitar 70.267 pengguna Pertalite sudah mendaftar QR Code wilayah Lampung hingga awal September 2024. Merujuk hal itu, pendaftaran Program Subsidi Tepat untuk pembelian BBM bersubsidi pengguna Pertalite khusus kendaraan roda empat masih dibuka untuk masyarakat Lampung.

Area Manager Communication, Relation & CSR Pertamina Regional Sumbagsel, Tjahyo Nikho Indrawan mengatakan, saat ini seluruh proses pendaftaran masih terus dibuka. Pihaknya menggimbau kepada masyarakat untuk dapat segera mendaftarkan kendaraannya di program subsidi tepat Pertalite agar BBM bersubsidi dapat benar-benar tersalurkan kepada masyarakat yang berhak.

"Tujuan program itu agar pemilik kendaraan bisa memanfaatkan peluang serta penyaluran BBM bersubsidi lebih tepat sasaran," ujarnya, Rabu (4/9/2024).

1. Perluas wilayah pendataan QR Code Pertalite di Lampung

Cara Daftar QR Code Pertalite, Ada 70.267 Pengguna di LampungPT Pertamina Patra Niaga mencatat, sekitar 70.267 pengguna Pertalite sudah mendaftar QR Code wilayah Lampung hingga awal September 2024. (Dok. PPN Sumbagsel).

Menurut Nikho, upaya mewujudkan subsidi tepat terus dilakukan Pertamina Patra Niaga. Setelah diterapkan di 41 Kota/Kabupaten sejak Juli 2023, Pertamina Patra Niaga memperluas wilayah pendataan QR Code Pertalite untuk kendaraan roda 4 secara bertahap meliputi tiga wilayah Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel) yakni, Lampung, Sumatera Selatan (Sumsel) dan Jambi.

Ia menambahkan, pendataan pengguna Pertalite ini dilakukan sebagai upaya perusahaan untuk mencatat transaksi BBM penugasan secara lebih baik dan transparan. Mengingat adanya anggaran kompensasi yang diberikan Pemerintah untuk produk Pertalite.

Nikho berharap, Program Subsidi Tepat dapat berjalan  baik dan mendapat dukungan dari seluruh masyarakat sehingga penyaluran BBM dapat tepat sasaran sesuai aturan berlaku.

Baca Juga: Mirza Djausal Ungkap Restu Prabowo Subianto Maju Pilkada Lampung 

2. Pendataan QR Code bukan pembatasan pembelian BBM subsidi

Cara Daftar QR Code Pertalite, Ada 70.267 Pengguna di LampungLayanan pendaftaran program subsidi tepat Pertalite. (dok. Pertamina)

Nikho menjelaskan, pendataan QR Code bukan pembatasan pembelian BBM subsidi. Tapi tujuan utamanya, membantu pemerintah mengetahui pengguna subsidi BBM dan diharapkan dapat meminimalisir indikasi kecurangan atau penyalahgunaan BBM subsidi di lapangan.

“Pertamina Patra Niaga juga terus meningkatkan koordinasi dengan stakeholder pelaksanaan program Subsidi Tepat BBM mulai dari pendataan dokumen kendaraan yang didaftarkan hingga proses transaksi pembelian Pertalite di SPBU. Bagi kendaraan roda empat yang belum memiliki QR Code juga tetap akan dilayani, dan akan diarahkan untuk mendaftar di website Subsidi Tepat,” terang Nikho.

3. Penyediaan Pertalite sesuai kuota dan titik layanan jual ditetapkan BPH Migas

Cara Daftar QR Code Pertalite, Ada 70.267 Pengguna di LampungPT Pertamina Patra Niaga menyesuaikan harga terkini BBM Non Subsidi. (Dok. PPN Sumbagsel).

Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga, Heppy Wulansari menjelaskan, sebagai bagian dari penugasan pemerintah untuk memastikan kebutuhan energi masyarakat terpenuhi, Pertamina Patra Niaga terus menjalankan komitmennya dalam penyediaan Pertalite sesuai dengan kuota dan titik layanan jual yang telah ditetapkan BPH Migas.

“Untuk itu, Pertamina Patra Niaga mengajak seluruh masyarakat untuk bijak dalam menggunakan BBM subsidi dan membantu pemerintah mengidentifikasi siapa saja pengguna BBM bersubsidi dari penggunaan QR Code sebagai syarat untuk menggunakan BBM Pertalite,” tutur Heppy.

4. Cara mendaftar QR code

Cara Daftar QR Code Pertalite, Ada 70.267 Pengguna di Lampungilustrasi menggunakan aplikasi MyPertamina (instagram.com/mypertamina)

Berikut IDN Times rangkum cara mendaftar QR Code guna pembelian BBM subsidi

  • Melalui website http://subsiditepat.mypertamina.id/ atau mengunjungi SPBU terdekat
  • Siapkan dokumen yang diperlukan saat pendaftaran di antaranya foto KTP, foto STNK (tampak depan dan belakang), foto kendaraan tampak depan nomor polisi dan foto KIR bagi kendaraan pengguna KIR
  • Seluruh dokumen agar dipastikan terbaca dengan jelas dan dikirim dalam format foto (jpg)
  • Pastikan foto yang diunggah jelas terlihat nomor polisi dan dengan resolusi tinggi agar memudahkan proses verifikasi
  • Setelah kendaraan terverifikasi, silahkan unduh atau cetak (print out) QR Code yang sudah diterima atau discreenshot secara soft copy untuk digunakan di SPBU Pertamina.

Baca Juga: Jelang Idul Adha, Pertamina Garansi Kebutuhan Gas LPG 3 Kg Terpenuhi

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya