Bupati Lamsel dan Istri Pakai Caping Tanam Sayur, Cegah Stunting

Program Gertak Tayur ajak warga tanam sayur di rumah

Lampung Selatan, IDN Times - Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto bersama Duta Swasembada Gizi Kabupaten Lampung Selatan Winarni meresmikan Pelaksanaan Gerakan Serentak Tanam Sayur (Gertak Tayur) dan Peresmian Pojok Literasi di sekretariat swasembada gizi, Rabu (18/8/2021).

Pelaksanaan kegiatan tersebut dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-76 serta konvergensi stunting di kabupaten Lampung Selatan dengan sasaran 1.000 Hari Pertama Kehidupan (HPK).

Duta Swasembada Gizi Kabupaten Lampung Selatan Winarni Nanang Ermanto, mengatakan Gertak Tayur merupakan gerakan yang bertujuan untuk memotivasi masyarakat agar menanam sayur di setiap pekarangan rumah masing-masing.

“Saya harap gerakan ini dapat memotivasi kaum ibu di kecamatan dan desa untuk menjadi pelopor gerakan tanam sayur, ini adalah gerakan kita bersama. Karena program swasembada gizi adalah gerakan serentak, gerakan bersama dari pemerintah serta seluruh elemen masyarakat dalam konvergensi penurunan stunting,” kata Winarni.

Baca Juga: Warga Lamsel Dapat Bantuan Bedah Rumah dari Teman SMA Kini Jadi Bupati

1. Sarana pemenuhan pangan dan gizi keluarga

Bupati Lamsel dan Istri Pakai Caping Tanam Sayur, Cegah StuntingVerticalveg.org.uk

Menurut Winarni, Gertak Sayur diharapkan mampu menjadi salah satu sarana pemenuhan pangan dan gizi keluarga di Lampung Selatan. Bahkan dapat menjadi salah satu sumber pendapatan masyakat ditengah era pandemi saat ini.

“Program ini juga diharapkan dapat menuntaskan stunting dan menghindari terjadinya krisis pangan pada masa pandemik COVID-19 dan PPKM Level 4 di Lampung Selatan.

Kita jadikan Gerakan Serentak Tanam Sayur ini sebagai sarana untuk memenuhi kebutuhan pangan dan gizi keluarga serta peningkatan pendapatan, yang akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan keluarga,” ujarnya.

2. Penuntasan stunting tugas semua OPD

Bupati Lamsel dan Istri Pakai Caping Tanam Sayur, Cegah StuntingInternet

Bupati Nanang Ermanto mengapresiasi dan mendukung kegiatan Gertak Tayur memanfaatan pekarangan rumah. Gerakan tersebut bertujuan guna pemenuhan pangan dan gizi keluarga terutama pada masa pandemik.

Menurut Nanang, penuntasan stunting dan pemenuhan gizi masyarakat merupakan tugas dari seluruh elemen pemerintahan baik dari tingkat kabupaten, kecamatan hingga desa.

“Semua dinas mempunyai kaitan, bukan hanya tugas Dinas Kesehatan, ini adalah tugas kita semua pejabat-pejabat di Kabupaten Lampung Selatan untuk membantu di desa-desa. Karena kesuksesan Desa adalah kesuksesan Kabupaten,” jelas Nanang.

3. Tingkatkan budaya baca bagi anak usia sekolah

Bupati Lamsel dan Istri Pakai Caping Tanam Sayur, Cegah StuntingBaca buku bisa dilakukan saat berlibur (IDN Times/Umi Kalsum)

Terkait peresmian pojok literasi, Winarni berharap dapat meningkatkan budaya baca khususnya anak-anak usia sekolah.

Ia mengatakan, diterapkannya budaya membaca dapat meningkatkan pengetahuan serta kreativitas dan kepercayaan diri. Selain itu dapat mengembangkan inovasi, kemampuan dan bakat yang dimiliki secara optimal.

“Dengan budaya membaca, kita dapat meningkatkan kreativitas dan kepercayaan diri terhadap ide dan informasi baru, sehingga dengan bertambahnya pengetahuan akan semakin membangun kepercayaan diri yang tinggi,” katanya.

Baca Juga: Pemkab Lamsel Jadikan Wisma Atlet dan Rusunawa Tempat Isolasi COVID-19

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya