Brimob Polda Lampung Kerahkan Tim Drone, Pantau Arus Balik Jalur Mudik

Pantauan udara juga fokus ke titik macet

Intinya Sih...

  • Tim Drone Satuan Brimob Polda Lampung memantau arus balik Lebaran 2024 menggunakan pesawat nirawak
  • Pemantauan udara dengan drone memberikan informasi cepat dan akurat tentang titik-titik kemacetan di jalur mudik dan Pelabuhan Bakauheni
  • Polda Lampung bersiap mengantisipasi lonjakan wisatawan selama liburan Lebaran dengan strategi pengaturan lalu lintas dan penjagaan keamanan di objek wisata populer

Bandar Lampung, IDN Times - Tim Drone Satuan Brimob Polda Lampung dikerahkan memantau arus balik Lebaran 2024. Tim tersebut bermodal pesawat nirawak memantau kondisi jalur mudik dan Pelabuhan Bakauheni Lampung Selatan lewat udara.

Komandan Satuan Brimob Polda Lampung, AKBP Yustanto Mujiharso mengatakan, pemantauan udara menggunakan drone cukup ampuh dan akurat memberikan atau menemukan titik-titik yang menjadi penyebab kemacetan.

"Informasi yang didapat lebih cepat serta anggota pun dapat diperbantukan ke lokasi menjadi penyebab kemacetan atau keramaian," jelasnya, Sabtu (13/4/2024).

Baca Juga: Mengenal Kode Green, Yellow dan Red Delaying System Arus Balik Lampung

1. Pantau tempat wisata

Brimob Polda Lampung Kerahkan Tim Drone, Pantau Arus Balik Jalur MudikPuncak Mas, Bandar Lampung. (instagram.com/puncakmasthomas)

Selain memantau jalur mudik dan Pelabuhan Bakauheni, Tim Drone Satuan Brimob Polda Lampung juga memantau tempat wisata di Provinsi Lampung. Periode libur panjang Lebaran 2024, arah menuju objek wisata pantai kerap ramai kendaraan dan masyarakat ingin berlibur.

Terkait hal itu, Kapolda Lampung, Irjen Pol Helmy Santika mengatakan, pentingnya kerja sama antara pihak kepolisian, pemangku kepentingan lokal dan masyarakat menghadapi lonjakan wisatawan dengan baik dan menjaga situasi tetap kondusif di tempat-tempat wisata yang ada di Lampung.

2. Siap antisipasi lonjakan wisatawan

Brimob Polda Lampung Kerahkan Tim Drone, Pantau Arus Balik Jalur Mudiktraveldailynews.asia

Kapolda mengatakan, Polda Lampung telah bersiap mengantisipasi lonjakan wisatawan yang diperkirakan terjadi selama masa liburan Hari Raya Idul Fitri. "Kami telah menyiapkan strategi pengaturan lalu lintas dan penjagaan keamanan di sejumlah objek wisata populer di wilayah Provinsi Lampung," ujarnya.

Selanjutnya, dalam menjaga keamanan dan kelancaran lalu lintas menuju lokasi wisata bagi wisatawan sudah menjadi komitmen pihak kepolisian selama masa libur lebaran ini. "Tim kami nanti akan berada di berbagai titik yang dianggap sebagai rawan macet menuju lokasi wisata di Lampung," jelasnya.

3. Beri rasa aman dan nyaman

Brimob Polda Lampung Kerahkan Tim Drone, Pantau Arus Balik Jalur Mudikilustrasi turis yang sedang berwisata (pexels.com/Porapak Apichodilok)

Helmy berharap, langkah-langkah sudah disiapkan oleh pihak kepolisian ini dapat memberikan rasa aman dan nyaman bagi para pengunjung selama liburan lebaran.

"Tentu upaya yang kami lakukan ini untuk menjamin keamanan bagi wisatawan yang ingin menikmati liburan di lokasi wisata di provinsi ini," katanya.

Baca Juga: Beli Tiket Kapal Online Ferizy Maksimal 2,41 KM dari Pelabuhan

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya