ASDP: Arus Balik Penyeberangan Baru 13 Persen Pemudik Kembali ke Jawa

ASDP telah siapkan mitigasi tiket online Ferizy

Intinya Sih...

  • 110.219 penumpang kembali ke Pulau Jawa dari Sumatera, hanya 13% dari jumlah penumpang arus mudik
  • 9.025 kendaraan roda dua dan 14.276 kendaraan roda empat kembali ke Pulau Jawa, masing-masing hanya mencapai 12-14%
  • ASDP siapkan mitigasi tiket online Ferizy tanpa batas waktu kedaluwarsa untuk arus balik Lebaran mulai 11-21 April

Lampung Selatan, IDN Times - PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) mencatat, realisasi produksi penumpang yang telah kembali ke Pulau Jawa dari Sumatera 11-12 April 2024 sebanyak 110.219 orang. Jumlah itu bila dipresentasekan baru 13 persen bila dibandingkan jumlah penumpang yang berangkat dari Pulau Jawa pada arus mudik (H-7- H) sebanyak 835.718 orang.

Sedangkan jumlah kendaraan roda dua yang telah kembali ke Pulau Jawa sebanyak 9.025 unit. Jumlah itu mencapai 12 persen dibandingkan jumlah kendaraan roda dua berangkat dari Pulau Jawa pada periode mudik totalnya 77.573 unit kendaraan.

1. Total kendaraan dari Sumatra ke Jawa baru 13 persen

ASDP: Arus Balik Penyeberangan Baru 13 Persen Pemudik Kembali ke JawaSuasana arus balik di Pelabuhan Bakauheni Lampung Selatan, Sabtu (13/4/2024) sore. (IDN Times/Martin L Tobing).

Dari jumlah kendaraan roda empat yang telah kembali ke Jawa, ASDP mencatat sebanyak 14.276 unit atau mencapai 14 persen dibandingkan jumlah roda empat yang berangkat dari Pulau Jawa pada arus mudik sebesar 100.087 unit kendaraan.

Sehingga total seluruh kendaraan secara akumulatif yang telah kembali dari Sumatera ke Pulau Jawa mulai 11-12 April 2024 sebanyak 24.626 unit kendaraan atau mencapai 13 persen dibandingkan jumlah kendaraan yang berangkat dari Pulau Jawa saat arus mudik sebanyak 196.287 unit kendaraan.

Baca Juga: Cerita Pemudik Motor, Ingin ke Pelabuhan Panjang Malah ke Bakauheni

2. Puncak arus balik 13-14 April 2024

ASDP: Arus Balik Penyeberangan Baru 13 Persen Pemudik Kembali ke JawaSuasana arus balik di Pelabuhan Bakauheni Lampung Selatan, Sabtu (13/4/2024) sore. (IDN Times/Martin L Tobing).

Merujuk data Angkutan Lebaran 2024 terkini, Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Ira Puspadewi mengatakan, puncak arus balik Lebaran diperkirakan terjadi mulai Sabtu hari ini hingga Minggu (14/4/2024) besok.

"Sesuai arahan pak Menko PMK, Menhub, Gubernur Lampung dan Kapolda dalam rapat kemarin tentu kami dan seluruh stakeholder terkait, secara bersama-sama akan meningkatkan koordinasi dan sinergi untuk kelancaran arus balik khususnya dari Bakauheni menuju Merak," ujarnya usai rapat koordinasi lanjutan penanganan arus balik Lebaran 2024, di kantor ASDP Bakauheni, Sabtu (13/4/2024).

3. Siapkan langkah mitigasi

ASDP: Arus Balik Penyeberangan Baru 13 Persen Pemudik Kembali ke JawaSuasana arus balik di Pelabuhan Bakauheni Lampung Selatan, Sabtu (13/4/2024) sore. (IDN Times/Martin L Tobing).

Ira mengatakan, ASDP telah menyiapkan langkah mitigasi, yakni menghapus pemberlakuan tiket kedaluwarsa bagi kendaraan penumpang golongan II dan IVA sampai dengan 24 jam sejak waktu masuk pelabuhan yang berlaku khusus saat periode arus balik Lebaran pada 11-21 April 2024.

"Sudah kami sosialisasikan bahwa pengguna jasa tidak perlu khawatir jika pada arus balik mengalami kemacetan saat menuju Pelabuhan. Tiket ferry tidak akan hangus selama pengguna jasa tiba di pelabuhan dalam 24 jam dari waktu masuk pelabuhan yang tertera di tiket. Karena itu, kami minta agar pemudik yang akan kembali, segera persiapkan perjalanan dan beli tiket dari sekarang," ujarnya.

Menurut Ira, para pemudik yang akan kembali agar mempersiapkan perjalanan dengan matang, membeli tiket via online Ferizy atau mitra resmi sejak jauh-jauh hari agar tidak kehabisan kuota. "Pastikan sudah bertiket sebelum Anda berangkat, dan datang ke pelabuhan sesuai dengan jadwal keberangkatan yang tertera di tiket, hal ini penting agar tidak mengalami antrian khususnya pada puncak arus balik, akhir pekan ini," ujarnya.

4. Gubernur nilai fasilitas dan keamanan penting

ASDP: Arus Balik Penyeberangan Baru 13 Persen Pemudik Kembali ke JawaGubernur Lampung Arinal Djunaidi meninjau Pelabuhan Bakauheni Lampung Selatan, Sabtu (13/4/2024).

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi yang ikut meninjau Pelabuhan Bakauheni guna memantau kondisi terkini dan memastikan kelancaran arus balik mudik Lebaran 2024 mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan pihak ASDP dan juga kepolisian untuk memastikan kesiapan fasilitas serta kelancaran arus balik, dan bagaimana pelayanan dari petugas di lapangan," kata Arinal.

Ia mengatakan, pentingnya fasilitas dan keamanan yang mendukung untuk membuat kelancaran arus balik para pemudik di Pelabuhan Bakauheni. "Ini komitmen kita semua harus menyiapkan infrastruktur, terutama persiapan kapal dan bagaimana pelayanannya, keberangkatan kapalnya terselenggara dengan baik," kata dia.

Arinal meminta kepada pihak ASDP dan keamanan untuk bersama-sama memberikan pelayanan dan fasilitas ekstra kepada penumpang. Dengan kesiapan ASDP dan keamanan dalam menghadapi arus balik Lebaran 2024 tidak ada masalah di Pelabuhan Bakauheni. "Saya yakin mudah-mudahan untuk arus balik di Pelabuhan Bakauheni tidak ada masalah dan semuanya lancar dengan kerjasama seluruh pihak terkait," ujarnya.

Baca Juga: Tinjau Arus Balik Pelabuhan Bakauheni, Gubernur Arinal Sorot Ini

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya