Arus Balik, Delay System Diterapkan di Tol dan Jalan Arteri Lampung

Catat lokasinya di mana aja ya guys!

Intinya Sih...

  • Delay system diterapkan di jalan tol ruas Lampung dan jalan arteri periode arus balik Lebaran 2024
  • Lokasi delay system di rest area tol dan beberapa lokasi arah pelabuhan setempat
  • Diterapkan saat Pelabuhan Bakauheuni penuh, pemudik wajib memiliki tiket kapal, dan petugas melakukan screening tiket

Bandar Lampung, IDN Times - Delay system bakal kembali diterapkan di jalan tol ruas Lampung dan jalan arteri periode arus balik Lebaran 2024. Tujuannya, mengantisipasi kepadatan arus lalu lintas arah Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan.

"Diimbau kepada seluruh pemudik dari Sumatra yang akan kembali ke Jawa melewati Pelabuhan Bakauheni, kami akan melakukan delay system pengantongan kendaraan," kata Kapolda Lampung, Irjen Pol Helmy Sartika, Jumat (12/4/2024).

Baca Juga: Catat! Tiket Kedaluwarsa Arus Balik Bakauheni Tidak Hangus

1. Lokasi delay system

Arus Balik, Delay System Diterapkan di Tol dan Jalan Arteri LampungIlustrasi Gerbang Tol ITERA Kotabaru. IDN Times/Martin L Tobing.

Helmy menjelaskan, delay system ini bakal diberlakukan kepada para pemudik menggunakan jalan tol maupun jalan arteri. Lokasinya, sejumlah rest area dan beberapa lokasi arah pelabuhan setempat.

Pada rest area jalan tol, delay system dilaksanakan pada Km 20 B, Km 33 B, Km 49 B, dan Km 87 B. Lalu di jalan arteri memanfaatkan Terminal Agribisnis Gayam, Kantor Lama Balai Karantina Pertanian, Jembatan Timbang Way Urang, Rumah Makan Gunung Jati, dan Rumah Makan Tiga Saudara Lampung Selatan.

2. Diterapkan jika kondisi kantong parkir pelabuhan penuh

Arus Balik, Delay System Diterapkan di Tol dan Jalan Arteri LampungKondisi kantong parkir di dermaga eksekutif Pelabuhan Bakauheni pada H-3 Lebaran 2024 sekitar pukul 11.45 WIB. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna).

Menurut kapolda, delay system diterapkan apabila kondisi Pelabuhan Bakauheuni penuh atau tidak tersedia kantong-kantong parkir kendaraan

Merujuk pemberlakuan sistem ini, Helmy mengingatkan, agar para pemudik bertujuan menyeberang melalui Pelabuhan Bakauheni ke Pelabuhan Merak wajib memastikan telah memiliki tiket kapal.

3. Pastikan pemudik miliki tiket penyeberangan

Arus Balik, Delay System Diterapkan di Tol dan Jalan Arteri Lampungfoto hanya ilustrasi (IDN Times/Martin L Tobing).

Helmy menyatakan, saat penerapan delay system di rest area tol atau di jalan arteri, petugas gabungan juga melalukan screening tiket kapal penyeberangan. Tujuannya, memastikan para pemudik sudah memiliki tiket.

"Pastikan anda memiliki tiket. Tetap ikuti arahan dan petunjuk petugas di lapangan," kata jenderal bintang dua tersebut.

Baca Juga: Libur Lebaran Wisata Pantai Pesawaran Kerap Macet, Ada Sistem One Way

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya