3.336 Personel Gabungan Dikerahkan Amankan Nataru di Lampung

Operasi Lilin Krakatau 2020 digelar 15 hari

Bandar Lampung, IDN Times – Sebanyak 3.336 personel gabungan dilibatkan dalam Operasi Lilin Krakatau 2020 di Provinsi Lampung. Rinciannya, personel Polri 1.884 personel; TNI 333 personel, dan instansi terkait sebanyak 1.120 personel

Para personel itu akan bertugas terhitung 21 Desember 2020- 4 Januari 2021. Mereka akan ditempatkan di 38 pos pengamanan guna antisipasi gangguan Kamtibmas dan Kamseltibcar lalu lintas, 14 pos pelayanan di pusat keramaian, serta satu pos terpadu di Pelabuhan Bakauheni.

Baca Juga: Ditlantas Polda Lampung Antisipasi Titik Rawan Macet Nataru

1. Menjamin rasa aman masyarakat

3.336 Personel Gabungan Dikerahkan Amankan Nataru di LampungWakapolda Lampung, Brigjen Pol Subyanto. (IDN Times/Istimewa).

Kepolisian Daerah (Polda) Lampung melaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Krakatau 2020 dalam rangka kesiapan pengamanan perayaan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 di Lapangan Saburai  Bandar Lampung, Senin (21/12/2020).

Wakapolda Lampung, Brigjen Pol Subyanto memimpin langsung apel yang dihadiri sejumlah pejabat Pemprov Lampung dan instansi terkait. Ia menerangkan merujuk amanat Kapolri apel ini dilaksanakan sebagai pemeriksaan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi Lilin Krakatau 2020.

“Kami mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada seluruh personel dan pemangku kepentingan yang terlibat dalam Operasi Lilin Krakatau 2020. Semoga pengabdian tugas yang kita laksanakan dengan penuh tanggung jawab dan keikhlasan  menjadi catatan amal ibadah di hadapan Tuhan Yang Maha Esa.

Brigjen Pol Subyanto mengatakan, tujuan Operasi Lilin Kratakatau 2020 terjaminnya rasa aman, lancar, dan tertib warga masyarakat dalam merayakan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021. Selain itu, masyarakat terhindar dari wabah COVID-19 dengan menerapkan protokol kesehatan dalam pelaksanaan ibadah Natal dan kegiatan lainnya.

2. Ditlantas prediksi ada dua tahap arus mudik dan balik

3.336 Personel Gabungan Dikerahkan Amankan Nataru di LampungIlustrasi Moda Transportasi untuk Mudik (IDN Times/Mardya Shakti)

Direktorat Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Lampung memerkirakan, terjadi dua tahap arus mudik dan balik momentum libur Natal dan Tahun Baru (Nataru). Tahap pertama 24-27 Desember dan tahap kedua 31 Desember 2020-3 Januari 2021.

Direktur Lalu Lintas Polda Lampung (Dirlantas) Kombes Pol Donny Sabardi Halomoan Damanik, mengatakan, prediksi dua tahap arus mudik dan balik itu berdasarkan keputusan pemerintah terkait libur nasional. Perkiraan lonjakan arus mudik pertama akan terjadi 23-24 Desember.

“Sedangkan perkiraan lonjakan arus balik pertama akan terjadi Minggu 27 Desember 2020. Itu karena keesokan harinya, pegawai kembali masuk kerja sampai 30 Desember” jelasnya.

Perkiraan arus mudik kedua akan terjadi Rabu 30 Desember. Sementara perkiraan arus balik kedua akan terjadi Minggu (3/1/2021) karena pada esok harinya, pegawai sudah masuk kerja.

3. Pengelola tol Lampung siagakan personel layani pengendara

3.336 Personel Gabungan Dikerahkan Amankan Nataru di LampungFoto hanya ilustrasi. Kendaraan yang membawa pekerja memasuki pintu gerbang tol Indrapuri di Aceh Besar, Aceh, Senin (6/7/2020) (ANTARA FOTO/Irwansyah Putra)

Kepala Cabang PT Hutama Karya Ruas Terbanggi Besar-Kayu Agung, Yoni Satyo, menerangkan, pihaknya akan memasang beberapa imbauan prokes melalui public addres, banner, poster atau stiker.

"Juga nantinya akan diterapkan physcial distancing atau jaga jarak di meja-meja rest area dan toilet. Pengunjung wajib masker. Juga kami menyiapkan sabun, hand sanitizer dan penyemprotan disinfektan berkala," ujarnya.

Jelang Nataru imbuh Yoni, PT Hutama Karya mengklaim, akan melakukan penebalan petugas pengamanan dari unsur TNI/Polri. Selain itu mendirikan pos pantau di rest area.

Polisi lalu lintas dan petugas tol akan terus patroli selama periode Nataru. Selain itu, ada layanan penyediaan kartu uang elektronik bersaldo di gerbang-gerbang tol, fasilitas top up uang elektronik dan imbauan keselamatan berkendara melalui VMS (Variable Message Sign) yang ada di jalan tol.

Baca Juga: Dirlantas Polda Prediksi Terjadi Dua Tahap Arus Mudik dan Balik Nataru

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya