Comscore Tracker

2 Kades Bertemu Bupati Lamsel, Curhat Pinjam Alat Berat dan Jalan Rusa

Tanggapan Bupati Nanang Ermanto tak diduga kades

Lampung Selatan, IDN Times - Momentum bertemu Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto dijadikan kesempatan dua kepala desa asal Budi Lestari dan Pamulihan menyampaikan sejumlah uneg-uneg, Rabu (12/1/2022). Uneg-uneg disampaikan mulai dari perbaikan infrastruktur jalan dan revitalisasi pasar, hingga meminjam alat berat.

Uneg-uneg disampaikan dua kepala desa pun menjadi perhatian Nanang dalam audiensi kali ini. Berikut IDN Times rangkum selengkapnya.

1. Pinjam alat berat ekskavator

2 Kades Bertemu Bupati Lamsel, Curhat Pinjam Alat Berat dan Jalan RusaAlat berat ekskavator Trakindo. (Dok Trakindo)

Muhammad Mahbub selaku Kepala Desa Budi Lestari, Kecamatan Tanjung Bintang saat audiensi di ruang kerja bupati menyatakan, kehadirannya bersama Ketua DPD Desa bertujuan untuk meminjam alat berat ekskavator yang akan digunakan untuk perbaikan drainase.

ia juga menyampaikan keinginannya untuk memperbaiki jalan yang menghubungkan Desa Tanjung Harapan ke Desa Trimulyo sampai mengarah ke Lampung Timur dengan panjang sekitar 7 km.

Mendengar keinginan Kades Budi Lestari meminjam alat berat guna perbaikan drainase desa setempat, Bupati Nanang Ermanto langsung menghubungi Kepala Dinas PU&PR, Hasby Aska melalui sambungan celular. “Pak Kadis, ini Kades Budi Lestari ingin meminjam alat berat guna perbaian drainase di desanya, bisa enggak? “ujar Bupati Nanang Ermanto.

“Siap. Bisa pak, hari ini juga kami kirim ke desa tersebut,”ujar Hasby.

”Bereskan, ajak warganya gotong royong, terlebih saat ini sedang musim hujan. Apa yang sudah di bangun pemerintah, pihak desa bersama warganya juga turut merawatnya,” timpal bupati.

2. Kades gembira respons cepat bupati

2 Kades Bertemu Bupati Lamsel, Curhat Pinjam Alat Berat dan Jalan RusaMuhammad Mahbub selaku Kepala Desa Budi Lestari, Kecamatan Tanjung Bintang saat audiensi di ruang kerja bupati. (Dok Pemkab Lampung Selatan).

Terkait respons bupati, Muhammad Mahbub selaku kades merasa gembira. Bahkan dia tidak menyangka akan segera dibantu pada hari itu juga.

“Alhamdulillah hari saya meminjam alat berat, hari ini langsung menemui bupati dan hari ini juga langsung direalisasikan untuk langsung membangun badan jalan,”ujarnya.

Mahbub berharap, setelah terbentuknya bahu jalan dan drainase, masyarakat Desa Budi Lestari dapat merasakan keamanan serta kenyamanan ketika melewati jalan tersebut.

“Pada kesempatan ini, saya mewakili masyarakat desa Budi Lestari mengucapkan terimakasih kepada Bupati Lampung Selatan, Bapak Nanang Ermanto dan berharap desa Budi Lestari dapat lebih diperhatikan karena sangat tertinggal jauh dari desa-desa yang lain dikecamatan Tanjung Bintang,” jelasnya.

3. Jalan penghubung perbatasan dua kecamatan sudah lama rusak

2 Kades Bertemu Bupati Lamsel, Curhat Pinjam Alat Berat dan Jalan RusaIlustrasi jalan rusak (IDN Times/Ervan Masbanjar)

Sedangkan Kepala Desa Pamulihan, Kecamatan Way Sulan, Toni Kardiyanto saat bertemu bupati menyampaikan permasalahan-permasalahan tengah dihadapi pihaknya. Misalnya, perbaikan infrastruktur jalan dan revitalisasi pasar.

Ia menuturkan, jalan yang terletak di perbatasan antara Kecamatan Candipuro dan Kecamatan Way Sulan telah lama mengalami kerusakan. Namun, hingga saat ini masih belum ada proses perbaikan jalan.

“Masalah Jalan perbatasan Kecamatan Candipuro dan Way Sulan yang terdapat di desa Pamulihan. Dulu pernah diukur pak, kami minta perbaikan jalan. Kedua, kami juga minta pasar kita maunya lebih baik dari yang sekarang, itu kan rukonya seperti itu pak, ada gak bantuan untuk revitalisasi pasar,” ujarnya.

4. Pemkab siap bantu revitalisasi pasar Desa Pamulihan

2 Kades Bertemu Bupati Lamsel, Curhat Pinjam Alat Berat dan Jalan RusaIlustrasi Pasar (IDN Times/Besse Fadhilah)

Menanggapi hal tersebut, Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto mengatakan akan segera menindaklanjuti permasalahan yang tengah dihadapi oleh jajaran pengurus desa. Ia menyarankan agar Pemerintahan Desa (Pemdes) Pamulihan berkoordinasi lebih lanjut, dengan dinas terkait mengenai permasalahan yang tengah dihadapi.

“Nanti mengenai perbaikan jalan, kami ada namanya Musrenbang, nanti usulkan saja. Kita turun ke Kecamatan. Kalau untuk pasar ada program revitalisasi pasar, nanti kami bantu. Koordinasikan dengan pihak pasar,” kata Nanang. 

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya