TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Warning! BMKG Lampung Imbau Waspada Peningkatan Kecepatan Angin

Peringatan dini mulai 15 September 2024

Ilustrasi peningkatan kecepatan angin. (Pexels.com/Suparerg Suksai)

Intinya Sih...

  • BMKG Maritim Lampung mengeluarkan imbauan waspada peningkatan kecepatan angin selama sepekan ke depan di Provinsi Lampung.
  • Peningkatan kecepatan angin dipicu oleh sirkulasi siklonik di Utara Filipina, namun masih tergolong normal untuk bulan Agustus dan September.
  • Kondisi ini dapat mengganggu aktivitas pelayaran dan pesisir di wilayah Lampung, sehingga masyarakat diminta untuk tetap waspada dan siaga.

Bandar Lampung, IDN Times - BMKG Maritim Lampung mengeluarkan imbauan waspada peningkatan kecepatan angin selama sepekan ke depan berpotensi terjadi di sejumlah wilayah Provinsi Lampung.

Prakirawan BMKG Maritim Lampung, Eka Suci Puspita mengatakan, waspada peningkatan kecepatan angin ini terjadi di Perairan Selat Sunda Bagian Barat, Teluk Lampung bagian Selatan dan Utara, hingga Perairan Timur Lampung.

"Iya, mulai tanggal 15 September ini hingga sepekan ke depan akan terjadi peningkatan kecepatan angin dapat mencapai 25 knot," ujarnya dikonfirmasi, Selasa (17/9/2024).

Baca Juga: Lampung Mulai Diguyur Hujan, Ternyata Begini Penjelasan BMKG

1. Dipicu sirkulasi siklonik di Utara Filipina

Peta siklus angin di wilayah Lampung sepekan kedepan. (Dok. BMKG Lampung).

Dijelaskan Eka Suci, fenomena peningkatan kecepatan angin ini dipicu adanya sirkulasi siklonik di Utara Filipina, hingga angin berhembus di wilayah perairan Lampung dan Selat Bangka mengalami peningkatan dibanding bulan-bulan sebelumnya.

Meski demikian, peningkatan kecepatan angin di Provinsi Lampung ini dikatakan masih tergolong normal terjadi kisaran antara Agustus dan September.

"Kisaran angin 2 hingga 25 knot dan tinggi gelombang di wilayah Samudera Hindia Barat Lampung masih bisa dikategorikan normal," pungkasnya.

2. Kondisi peningkatan signifikan di wilayah pelabuhan dan pesisir

Eka melanjutkan, kondisi peningkatan kecepatan angin ini bakal terjadi atau lebih terjadi wilayah di pelabuhan dan sejumlah pesisir di Provinsi Lampung. Oleh karenanya, BMKG turut mengimbau kepada masyarakat dapat lebih waspada saat beraktivitas di wilayah perairan, terutama bagi nelayan, wisatawan, hingga masyarakat daerah pesisir.

"Bagi masyarakat tetap waspada karena kecepatan angin mengalami peningkatan signifikan dalam sepekan kedepan," imbuh dia.

Berita Terkini Lainnya