Jokowi Lantik Bahlil Lahadalia Menteri Investasi, Nadiem Mendikbudristek

Turut dilantik kepala badan riset dan inovasi nasional

Presiden Joko "Jokowi" Widodo melantik Bahlil Lahadalia sebagai Menteri Investasi. Pelantikan itu digelar di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (28/4/2021).

Pelantikan penambahan Kementerian Investasi hari ini berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 72/P/2021 tentang Pembentukan dan Pengubahan Kementerian serta Pengangkatan beberapa Menteri Kabinet Indonesia Maju Periode 2019-2024.

"Mengangkat Bahlil Lahadalia sebagai Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanam Modal," bunyi Keputusan Presiden tersebut

1. Nadiem Makarim jabat Kemendikbudristek

Jokowi Lantik Bahlil Lahadalia Menteri Investasi, Nadiem MendikbudristekPelantikan Menteri Kabinet Indonesia Maju, Kepala BRIN, dan Pengucapan Sumpah Anggota Dewas KPK pada Rabu (28/4/2021). (youtube.com/SekretariatPresiden)

Presiden juga menunjuk Nadiem Makarim menjadi pimpinan di Kementerian Pendidikan, Budaya, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Jabatan baru yang diemban oleh Nadiem ini berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 72/P/2021 tentang Pembentukan dan Pengubahan Kementerian serta Pengangkatan beberapa Menteri Kabinet Indonesia Maju Periode 2019-2024.

"Saudara Nadiem Anwar Makarim, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi," bunyi Keputusan Presiden itu.

Dalam acara pelantikan, Nadiem juga turut mengucapkan sumpah jabatan. Janjinya itu langsung dipimpin oleh Presiden Jokowi.

Baca Juga: [BREAKING] Nadiem Makarim Kini Jadi Mendikbudristek, Langsung Dilantik Jokowi

2. Laksana Tri Handoko jabat kepala BRIN

Jokowi Lantik Bahlil Lahadalia Menteri Investasi, Nadiem MendikbudristekPelantikan Menteri Kabinet Indonesia Maju, Kepala BRIN, dan Pengucapan Sumpah Anggota Dewas KPK pada Rabu (28/4/2021). (youtube.com/SekretariatPresiden)

Presiden  Jokowi menunjuk Laksana Tri Handoko sebagai Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). Sebelum ditunjuk sebagai Kepala BRIN, Laksana sendiri menjabat sebagai Ketua Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

Penunjukan Laksana ini berdasarkan Keputusan Presiden Nomor19/M/2021 tentang Pengangkatan Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional.

"Mengangkat saudara Laksana Tri Handoko sebagai Kepala BRIN terhitung sejak saat pelantikan," bunyi Keputusan Presiden dalam pelantikan, di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (28/4/2021).

Saat pelantikan, Laksana mengucapkan sumpah jabatan yang dipimpin langsung oleh Jokowi. Ia pun mengikut perkataan Jokowi kalimat per kalimat

3. Telah disetujui DPR

Jokowi Lantik Bahlil Lahadalia Menteri Investasi, Nadiem MendikbudristekDok.IDN Times

Sebelumnya, DPR RI telah menyetujui pembentukan Kementerian Investasi. Selain itu, DPR juga telah menyetujui peleburan Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek) dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Keputusan itu menyetujui Surat Presiden Nomor R-14/Pres/03/2021 perihal Pertimbangan Pengubahan Kementerian yang sebelumnya telah dibahas dalam Rapat Konsultasi Pengganti Badan Musyawarah (Bamus) DPR pada 8 April 2021.

Baca Juga: [BREAKING] Jokowi Tunjuk Bahlil Lahadalia Jadi Menteri Investasi

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya