Comscore Tracker

Vaksin COVID-19 untuk Masyarakat Gratis! Jokowi Divaksin Pertama

Jokowi mendapatkan banyak masukan dari masyarakat

Presiden Joko "Jokowi" Widodo memutuskan untuk menggratiskan vaksin COVID-19 bagi masyarakat. Hal ini diputuskan setelah pemerintah menghitung ulang keuangan negara dan mendapatkan banyak masukan dari masyarakat.

"Setelah menerima banyak masukan dari masyarakat dan setelah melakukan kalkulasi ulang dan perhitungan ulang mengenai keuangan negara, dapat saya sampaikan vaksin COVID-19 untuk masyarakat adalah gratis. Gratis tidak dikenakan biaya sama sekali," kata Jokowi dalam keterangan persnya yang disiarkan di channel YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (16/12/2020).

1. Perintahkan jajaran prioritaskan anggaran vaksinasi

Vaksin COVID-19 untuk Masyarakat Gratis! Jokowi Divaksin PertamaIlustrasi. Membuat anggaran. google

Jokowi memerintahkan jajarannya untuk memprioritaskan anggaran vaksinasi.

"Untuk itu, saya perintahkan kepada seluruh jajaran kabinet, kementerian, lembaga dan pemerintah daerah untuk memprioritaskan program vaksinasi pada tahun anggaran 2021," jelas Jokowi.

Selain itu, mantan Gubernur DKI Jakarta ini juga memerintahkan Menteri Keuangan Sri Mulyani untuk memprioritaskan anggaran vaksinasi. Ia menginginkan agar seluruh masyarakat bisa mendapatkan vaksin.

"Saya juga perintahkan kepada Menkeu untuk memprioritaskan dan merealokasi dari anggaran lain terkait ketersediaan dan vaksinasi secara gratis ini, sehingga tidak ada alasan bagi masyarakat untuk tidak mendapatkan vaksin," tuturnya.

2. Jokowi orang Indonesia pertama divaksin

Vaksin COVID-19 untuk Masyarakat Gratis! Jokowi Divaksin PertamaPetugas kesehatan menunjukan vaksin saat simulasi uji klinis vaksin COVID-19 di Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran, Bandung, Jawa Barat, Kamis (6/8/2020) (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)

"Saya juga ingin tegaskan, nanti saya yang akan menjadi penerima pertama, di vaksin pertama kali," janji Jokowi dalam keterangan persnya yang disiarkan di channel YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (16/12/2020).

Jokowi mengatakan, keputusan itu diambil agar masyarakat percaya terhadap vaksin COVID-19 yang telah disediakan pemerintah. "Hal ini untuk memberikan kepercayaan dan keyakinan kepada masyarakat bahwa vaksin yang digunakan aman," tuturnya.

Baca Juga: Pengusaha Minta Pemerintah Beri Vaksin Gratis ke Masyarakat 

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya