Catat! 6 Beasiswa Ini Segera Tutup Pendaftaran pada Januari 2021

#IDNTimesLife Ada untuk SMP hingga S1

Memasuki tahun 2021 ternyata cukup banyak institusi pendidikan yang menawarkan beasiswa guna menunjang penerus bangsa agar dapat mengemban ilmu hingga ke tingkat tertinggi. Mulai dari jenjang SMP, SMA, hingga bangku perkuliahan, seperti D3 dan ilmu keguruan pun disediakan bagi siapa pun yang memenuhi kualifikasi.

Berikut ini lima beasiswa yang bisa kamu ikuti dengan batas waktu pendaftaran hanya sampai bulan Januari 2021 saja. Simak ulasan lengkapnya di bawah.

1. Beasiswa Full SMP Cendekia BAZNAS

Catat! 6 Beasiswa Ini Segera Tutup Pendaftaran pada Januari 2021cendekiabaznas.sch.id

Sekolah Cendekia BAZNAS (SCB) putra-putri terbaik dari seluruh Indonesia untuk bergabung sebagai penerima beasiswa penuh tingkat SMP Sekolah Cendekia BAZNAS (SCB) Tahun Pelajaran 2021/2022. Masa pendaftaran dibuka mulai 10 November 2020 hingga 10 januari 2021.

Adapun persyaratan umum untuk mendaftar beasiswa ini, kamu harus beragama Islam, berasal dari keluarga tidak mampu, lulus SD atau sederajat, berusia maksimal 13 tahun pada Juli 2021, sehat, dan tidak memiliki anggota keluarga yang sedang atau pernah mendapatkan beasiswa di Sekolah Cendekia BAZNAS.

Selain itu, pendaftar juga harus memiliki rata-rata nilai rapor kelas IV-V minimal 7.5 pada mata pelajaran Bahasa lndonesia, IPA, dan Matematika. Jika kamu tertarik silakan mengisi formulir pendaftaran secara online melalui bit.ly/PPDBSCB atau mengunjungi website resminya di https://www.cendekiabaznas.sch.id/sekolah-cendekia-baznas-buka-penerimaan-peserta-didik-baru-smp/ untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap.

2. Beasiswa SMART Ekselensia Indonesia 2021

Catat! 6 Beasiswa Ini Segera Tutup Pendaftaran pada Januari 2021smartekselensia.net

SMART Ekselensia Indonesia, sekolah Leadership Boarding School untuk tingkat SMP/ SMA yang didanai oleh lembaga zakat Dompet Dhuafa saat ini menyediakan seleksi beasiswa bagi pelajar yang ingin melanjutkan studi di jenjang SMP maupun SMA. Berikut ini beberapa kualifikasi yang dibutuhkan:

Untuk jenjang SMP, pendaftar harus lulus atau akan lulus SD atau sederajat dengan usia maksimal 14 tahun pada 31 Juli 2021 dan memiliki rata-rata nilai rapor kelas IV-V minimal 7,0. Sedangkan, untuk jenjang SMA pendaftar harus lulus atau akan lulus SMP/sederajat dengan usia maksimal 17 tahun pada 31 Juli 2021 dan memiliki rata-rata rapor kelas VII-VIII minimal 7,5.

Gak hanya sampai situ, ada pula persyaratan umum seperti berasal dari keluarga kurang mampu, beragama Islam, berbadan sehat, serta tidak merokok. Sayang, beasiswa ini hanya tersedia bagi laki-laki saja. 

Selain itu, pendaftaran beasiswa SMART Ekselensia Indonesia juga akan segera ditutup pada 25 Januari 2021. Jadi, bagi kamu yang tertarik mengikuti beasiswa ini bisa langsung mendaftar pada laman resminya di https://www.smartekselensia.net/seleksi-nasional-beasiswa-smart-ekselensia-indonesia-telah-dibuka/.

3. Beasiswa Anak Teladan Indonesia

Catat! 6 Beasiswa Ini Segera Tutup Pendaftaran pada Januari 2021instagram.com/yasbil.id

Beasiswa Anak Teladan Indonesia (BATI) 2021 adalah program beasiswa yang diselenggarakan oleh Yayasan Solidaritas Bina Insan Kamil (Yasbil). Beasiswa Anak Teladan Indonesia (BATI) 2021 ini menyelenggarakan bantuan pendidikan bagi alumni SMP/MTs untuk melanjutkan studinya di SMA Negeri maupun Swasta yang telah ditentukan oleh Yasbil.

Adapun persyaratan untuk mendaftar beasiswa ini, kamu harus memiliki rata-rata nilai rapor 8,0 dan aktif dalam organisasi intra sekolah dan ekstra kurikuler. Selain itu, beasiswa ini juga lebih diutamakan untuk pelajar yang berasal dari keluarga kurang mampu dan memiliki hafalan Al-Qur'an.

dm-player

Nantinya, pendaftar yang lolos keseluruhan tahap seleksi berhak menerima benefit berupa biaya pendidikan, tempat tinggal, full-day meal, dan pembinaan karakter. Hanya saja, periode pendaftaran hanya dibuka sampai 31 Januari 2021.

Untuk informasi lebih jelas silakan kunjungi https://www.instagram.com/p/CJUVHfoMCru/.

Baca Juga: 8 Istilah Menarik yang Sering Ditemui dalam Info Beasiswa 

4. Beasiswa Keguruan Yasbil

Catat! 6 Beasiswa Ini Segera Tutup Pendaftaran pada Januari 2021instagram.com/yasbil.id

Beasiswa Keguruan Yasbil 2021 (BKY) adalah program beasiswa yang diselenggarakan oleh Yayasan Solidaritas Bina Insan Kamil (Yasbil) guna mencetak calon guru-guru yang berkualitas. Adapun persyaratan untuk mendaftar beasiswa ini, kamu harus selalu peringkat 10 besar dengan rata-rata nilai rapor minimal 80.

Gak hanya itu, beasiswa ini juga hanya tersedia bagi laki-laki yang beragama Islam dan sudah lulus SMA atau sederajat dengan tahun lulus 2021. Nantinya, pendaftar yang lolos dapat menempuh studi di beberapa universitas pilihan, yakni UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Universitas Indonesia Depok, Universitas Pendidikan Indonesia Bandung, dan UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Dalam proses masa perkuliahan, mahasiswa penerima beasiswa Keguruan Yasbil akan mendapatkan beberapa program pengembangan diri di antaranya: pembangunan karakter, pelatihan bahasa Inggris, Seminar motivasi, workshop kepengajaran dan Seminar Karier untuk menunjang penerima beasiswa supaya bisa langsung mengaplikasikan dan mengamalkan ilmu yang didapatkan pasca lulus dari Perguruan Tinggi.

Selain itu, pendaftar yang lolos keseluruhan tahap seleksi juga akan mendapat keuntungan, seperti subsidi tempat tinggal dan uang saku. Namun, periode pendaftaran Beasiswa Keguruan Yasbil 2021 akan segera tutup pada 31 Januari 2021.

Untuk informasi lebih jelasnya silakan kunjungi https://www.instagram.com/p/CJUU_IkMfg3/

5. Beasiswa Astra

Catat! 6 Beasiswa Ini Segera Tutup Pendaftaran pada Januari 2021pmb.polman.astra.ac.id

Politeknik Manufaktur Astra atau yang lebih dikenal Polman Astra saat ini tengah membuka kesempatan bagi pelajar yang ingin berkuliah secara gratis dengan jurusan Mesin Otomotif, Mekatronika, Manajemen Informatika, dan masih banyak lagi. Syaratnya, kamu harus berstatus WNI dan lulus SMA/SMK pada tahun 2021.

Selain itu, pendaftar juga harus memiliki rata-rata nilai rapor semester I - IV minimal 75 untuk mata pelajaran Matematika, Fisika, dan Bahasa Inggris. Beasiswa ini terbagi menjadi dua program, yaitu Program Beasiswa Prestasi dan Program Beasiswa Peduli dengan benefit yang sama, yakni bebas biaya kuliah selama 3 tahun dan uang saku setiap bulannya.

Sayang, beasiswa ini akan segera tutup pada 15 Januari 2021. Jadi, bagi kamu yang tertarik dengan beasiswa ini silakan langsung daftar secara online melalui laman resminya di https://pmb.polman.astra.ac.id/PMB/home.aspx?page=60177f6c12f4e000a56c36f41b1c0539. Pada laman yang sama, kamu juga bisa menemukan informasi lebih jelas mengenai beasiswa tersebut.

Itu dia lima beasiswa dengan batas waktu pendaftaran hanya sampai bulan Januari 2021 saja. Segera daftar biar gak melewatkan kesempatan yang ada, ya!

Baca Juga: Jadi Referensi! Ini 5 Cara Ampuh Lolos Beasiswa LPDP ala Tasya Kamila

Topik:

  • Muhammad Tarmizi Murdianto
  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya