Presiden AS Joe Biden, Kisah Hidupnya Pilu, Istri dan Anak Meninggal

Masa lalu Biden ternyata cukup pilu

Joe Biden berhasil melenggang kembali ke Gedung Putih. Kali ini, dia akan menjadi Presiden ke-46 Amerika Serikat usai memenangi Pilpres Amerika Serikat 2020 yang digelar pada Rabu, 3 November 2020. Biden dan pasangannya dari Partai Demokrat, Kamala Harris berhasil mengungguli perolehan suara pasangan petahana dari Partai Republik, Donald J Trump-Mike Pence dengan cukup telak yakni selisih 60 suara.

Dilansir CNN, Sabtu (7/11/2020), Biden-Haris melampaui 270 suara elektoral untuk menggapai kursi presiden, setelah menang di negara bagian tempat ia dilahirkan, Pennsylvania. Dengan 20 suara elektoral Pennsylvania, Biden memiliki total 273 suara elektoral, sedangkan Donald Trump hanya meraih 213 suara.

Berhasil merengkuh puncak karier politik, masa lalu Biden ternyata cukup pilu. Berikut fakta-faktanya.

1. Sang ayah kehilangan pekerjaan sebagai penjual mobil

Presiden AS Joe Biden, Kisah Hidupnya Pilu, Istri dan Anak Meninggalcars.usnews.com

Joe Biden lahir di Scranton, Pennsylvania, 20 November 1942 dari pasangan Joseph Robinette Biden Sr dan Catherine Eugenia (Finnegan) Biden. Joe Biden terlahir dengan nama Joseph Robinette Biden Jr Saat ini ia berusia 78 tahun.

Biden tumbuh di Kota Scranton, Pennsylvania, dalam sebuah keluarga Katolik Irlandia. Ayahnya adalah seorang penjual mobil.

Pada era 1950-an, kota tempat tinggalnya mengalami masa-masa sulit. Kondisi itu membuat sang ayah kehilangan pekerjaannya.

Sampai akhirnya sang ayah memutuskan pindah dan memboyong keluarganya ke Delaware ketika Joe Biden berusia 10 tahun.

2. Pernah bertugas sebagai penjaga pantai di lingkungan mayoritas kulit hitam

Presiden AS Joe Biden, Kisah Hidupnya Pilu, Istri dan Anak MeninggalSejumlah anak bermain bola voli di Pantai Karangantu menjelang matahari tenggelam (sunset), Kasemen, Serang, Minggu (2/8/2020) (ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman)

Saat beranjak remaja, Biden bertugas sebagai penjaga pantai di lingkungan mayoritas kulit hitam. Menurutnya, hal itu mempertajam kesadarannya tentang ketidaksetaraan sistemik dan memperkuat kepentingan politiknya.

Ia lalu belajar di Universitas Delaware dan sekolah hukum Universitas Syracuse.

3. Istri dan anak masih berusia satu tahun meninggal karena lakalantas

Presiden AS Joe Biden, Kisah Hidupnya Pilu, Istri dan Anak MeninggalIlustrasi Kecelakaan (IDN Times/Arief Rahmat)

Joe dikaruniai tiga anak dari istri pertamanya, Neilia (Hunter) Biden yakni Naomi Christina, Robert Hunter, dan Joseph Robinette "Beau” III.

Joe Biden menghadapi tantangan hidup yang berat pada 1972. Saat itu, Nellia istrinya dan Naomi putrinya yang masih berusia satu tahun, tewas dalam kecelakaan mobil saat mereka sedang berbelanja Natal.

Kondisi itu membuat Joe Biden menjadi ayah tunggal membesarkan kedua anaknya yang masih kecil saat itu Hunter dan Beau. Empat tahun kemudian pada 1976, Biden menikah kembali dengan Jill. Dalam pernikahan itu, mereka dikaruniai seorang anak perempuan yang diberi nama Ashley Blazer Biden.

Salah satu anak Biden yaitu Beau, memiliki karier moncer menjadi jaksa agung Delaware. Malang, Beau meninggal karena kanker otak pada 2015 pada usia 46. Tragedi itu mencegahnya mencalonkan diri sebagai presiden pada 2016.

Baca Juga: Donald Trump Klaim Menangi Pilpres AS 2020, Tuduh Biden Curang

4. Istri kedua miliki dua title master dan doktor

Presiden AS Joe Biden, Kisah Hidupnya Pilu, Istri dan Anak MeninggalIlustrasi Wisuda (IDN Times/Mardya Shakti)

Biden bertemu istri keduanya, Jill Jacobs pada 1975 dan mereka menikah dua tahun kemudian. Jill sedang dalam proses menceraikan suami pertamanya ketika dia bertemu Biden.

Jill dan Biden memiliki seorang putri, Ashley, yang lahir pada tahun 1981. Saat membesarkan anak-anaknya, Jill Biden juga memperoleh dua gelar Master. Dia akhirnya akan mendapatkan gelar doktor di bidang pendidikan dan mengajar di Northern Virginia Community College.

5. Menjadi senator termuda usia 29 tahun

Presiden AS Joe Biden, Kisah Hidupnya Pilu, Istri dan Anak MeninggalCalon presiden Amerika Serikat dari Demokrat dan mantan wakil presiden Joe Biden berbicara dalam sebuah pemberhentian kampanye di Johnstown, Pennsylvania, Amerika Serikat, Rabu (30/9/2020) (ANTARA FOTO/REUTERS/Mike Segar)

Karier politik Joe Biden dimulai pada 1970 dengan bergabung ke Partai Demokrat dan bertugas sebagai anggota Dewan New Castle. Sebelum menjadi seorang politikus, Biden merupakan seorang pengacara di Delaware.

Berkat kerja keras Biden, pada 1973 ia resmi dilantik menjadi anggota senat. Ia pun menjadi senator termuda ke-6 dalam sejarah pemerintahan AS. Saat itu, usianya masih 29 tahun. Padahal secara aturan seorang senator minimal harus berusia 30 tahun

Dia tercatat sebagai salah satu senator termuda dan menghabiskan lebih dari tiga dekade di majelis tinggi sebelum menjalani delapan tahun sebagai wakil presiden Barack Obama.

Sebagai senator selama lebih dari 30 tahun, Biden dikenal menjalin aliansi yang tidak mungkin dan seperti Trump, ia tak begitu mengikuti naskah. Pada 1987, Biden mengikuti perlombaan pertama kalinya untuk Gedung Putih.

Saat itu, Biden didukung oleh citranya sebagai pria gagah berusia 40-an dan mulai menjadi favorit di antara banyak orang di partainya. Tapi dia jatuh dengan gaya yang memalukan setelah membuat serangkaian pernyataan yang berlebihan tentang masa lalunya dan skandal tentang bagian-bagian yang dijiplak dalam pidato kampanyenya.

Pada 2008 nasibnya pun nyaris serupa di kancah politik menuju Gedung Putih. Ia saat itu hanya mengumpulkan kurang dari satu persen suara di kaukus Iowa.

6. Obama sebut Biden sebagai saudaranya sendiri

Presiden AS Joe Biden, Kisah Hidupnya Pilu, Istri dan Anak MeninggalDengan latar langit, mantan Presiden AS Barack Obama berbicara pada reli kampanye 'drive-in' atas nama calon presiden Demokrat dan mantan wakil presidennya Joe Biden di Philadelphia, Pennvsylvania, Amerika Serikat, Rabu (21/10/2020) (ANTARA FOTO/REUTERS/Kevin Lamarque)

Sebelum ditunjuk Partai Demokrat untuk maju di Pilpres AS 2020 ini, Joe Biden adalah mantan wakil presiden AS, mendampingi kepemimpinan Barack Obama selama dua periode berturut-turut.

Biden yang menjadi wakil presiden Barack Obama selama dua periode berturut-turut, membuat hubungan mereka semakin erat. Obama pernah memberikan penghargaan kepada Biden berupa Presidential Medal of Freedom, penghargaan tertinggi untuk warga sipil di AS.

Pada Pilpres AS 2020, Barack Obama secara terbuka menyatakan dukungannya kepada Biden yang ia sebut sebagai saudaranya sendiri.

7. Putra Biden berjuang lawan kecanduan alkohol

Presiden AS Joe Biden, Kisah Hidupnya Pilu, Istri dan Anak Meninggaltheconversation.com

Hunter Biden, putra Joe Biden telah berjuang melawan kecanduan alkohol dan obat-obatan. Hunter dikeluarkan dari Angkatan Laut AS pada 2014 karena positif mengonsumsi kokain.

Kondisi itu pun menjadi fokus serangan Presiden AS Donald Trump menjelang pemungutan suara 3 November. Dari 2014 hingga 2019, ketika ayahnya menjabat sebagai wakil presiden, Hunter bertugas di Dewan Direksi Burisma, sebuah perusahaan gas Ukraina.

Trump menuduh Joe Biden mengupayakan pencopotan jaksa penuntut utama Ukraina untuk melindungi Hunter dari penyelidikan korupsi.

Baca Juga: Ini Pesan Barack Obama Usai Joe Biden Terpilih Jadi Presiden AS

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya