Antisipasi Macet di Wisata Pantai Lampung, Ini Strategi Polda

Libur lebaran wisata pantai di Lampung favorit warga

Intinya Sih...

  • Kapolda Lampung klaim telah melakukan persiapan matang untuk memastikan keamanan selama libur Lebaran.
  • Pentingnya kerja sama antara pihak kepolisian, pemangku kepentingan lokal, dan masyarakat dalam menjaga ketertiban selama libur Lebaran.
  • Polda Lampung menyiapkan strategi pengaturan lalu lintas dan penjagaan keamanan di objek wisata populer selama liburan Lebaran.

Bandar Lampung, IDN Times - Objek wisata pantai di Kabupaten Pesawaran dan Lampung Selatan kerap menjadi lokasi favorit masyarakat saat libur Lebaran saban tahun. Misalnya, Pantai Mutun dan Pantai Sari Ringgung di Kabupaten Pesawaran serta Pantai Pasir Putih di Lampung Selatan. 

Tingginya animo masyarakat ke pantai kerap memicu kemacetan arus lalu lintas ke tempat wisata pantai. Merujuk hal itu, Polda Lampung telah bersiap mengantisipasi lonjakan wisatawan yang diperkirakan akan terjadi selama liburan Lebaran 2024.

Baca Juga: Arus Balik, Ada Screening Tiket Penyeberangan di Rest Area Tol Lampung

1. Kapolda klaim sudah persiapan matang

Antisipasi Macet di Wisata Pantai Lampung, Ini Strategi PoldaKapolda Lampung Irjen Pol Helmy Santika meninjau kondisi arus lalu lintas pada H-4 Lebaran 2024 di Pelabuhan Bakauheni. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna).

Kapolda Lampung, Irjen Pol Helmy Santika, menegaskan, pihaknya untuk menjamin keamanan para pengunjung tempat wisata selama libur Lebaran.

"Kami telah melakukan persiapan yang matang untuk memastikan keamanan dan kelancaran selama libur Lebaran. Tim kami akan berada di berbagai titik rawan macet di sejumlah lokasi wisata di Lampung," tukasnya, Kamis, (11/4/2024).

2. Pentingnya kerja sama berbagai pihak

Antisipasi Macet di Wisata Pantai Lampung, Ini Strategi Poldailustrasi kerjasama proyek (pexels.com/Pixabay)

Selain itu, kapolda juga menekankan pentingnya kerja sama antara pihak kepolisian, pemangku kepentingan lokal, dan masyarakat dalam menjaga ketertiban dan keamanan selama libur Lebaran.

"Dengan kerja sama yang solid, kami yakin dapat menghadapi lonjakan wisatawan dengan baik dan menjaga situasi tetap kondusif di tempat-tempat wisata Lampung," tambahnya.

3. Ada strategi pengaturan lalu lintas

Antisipasi Macet di Wisata Pantai Lampung, Ini Strategi PoldaIlustrasi kemacetan jalur mudik (pexels.com/LifeOfPix)

Polda Lampung juga telah menyiapkan strategi pengaturan lalu lintas dan penjagaan keamanan di sejumlah objek wisata populer di wilayah Provinsi Lampung. "Polda Lampung memberikan jaminan keamanan bagi wisatawan yang berkunjung selama liburan Lebaran," kata Helmy. 

Ia berharap, langkah-langkah ini dapat memberikan rasa aman dan nyaman bagi para pengunjung selama liburan Lebaran.

Baca Juga: Delaying System Jurus Polda Lampung Cegah Kepadatan Arah Bakauheni

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya