Comscore Tracker

Hore! Jokowi Gelar Lomba Video HUT ke-75 RI Hadiah Rp1 Miliar

BUMN juga gelar lomba loh!

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelar lomba video merayakan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-75. Lomba berdurasi tiga menit itu bisa diikuti seluruh masyarakat. Bagi kamu yang berminat ikutan lomba berhadiah ini, caranya mudah, unduh panduannya di laman hutri75.kemenparekraf.go.id ya.

Sekretaris Menteri Pariwisata Ni Wayan Giri Adnyani menjelaskan, lomba itu digelar untuk memeriahkan dan merayakan HUT RI. Lomba itu baru pertama kali digelar.

"Lomba ini bertujuan bagaimana kita menunjukkan rasa cinta tanah air ini. Bagaimana juga kita menunjukkan kita punya sifat kegotong-royongan. Tapi tetap bagaimana kita juga mempercantik lingkungan dalam rangka ulang tahun kita bersama-sama. Protokol kesehatan tetap menjadi persyaratan,” katanya dalam jumpa pers virtual, Kamis (6/8/2020).

1. Tema kebersihan dan upacara di tengah pandemik jadi kriteria lomba

Hore! Jokowi Gelar Lomba Video HUT ke-75 RI Hadiah Rp1 MiliarSesmen Parekraf, Ni Wayan Giri Adnyani dalam Konferensi Pers Terkait Peringatan HUT ke-75 RI, Kantor Presiden, Kamis (6/8/2020) (Youtube.com/Sekretariat Presiden)

Giri memberikan kisi-kisi konten video yang diharapkan bisa menggambarkan kebersihan lingkungan, dan upacara di tengah pandemik COVID-19. Nah, untuk hadiah lomba ini tak main-main, bernilai Rp1 miliar.

“Total kalau dinilai itu Rp1 miliar, jadi kami mengajak seluruh masyarakat di Indonesia mungkin ini pasti akan sangat cocok dengan anak-anak muda. Karena ini kan video seperti itu. Ada satu Piala Presiden yang bisa diperebutkan di sini,” ujar dia.

Baca Juga: Sambut HUT ke-75 RI, Naik Kereta Api Jarak Jauh Cuma Bayar 75 Persen

2. Cara dan tahapan mengikuti lomba video

Hore! Jokowi Gelar Lomba Video HUT ke-75 RI Hadiah Rp1 MiliarIlustrasi Live Webinar (IDN Times/Panji Galih Aksoro)

Pendaftaran perlombaan ini dimulai sejak 1 hingga 20 Agustus 2020. Kamu bisa mengunggah karyamu di tiga medsos milik kamu yakni YouTube, Facebook, dan Instagram. Setelah itu, kamu tinggal mengirimkan saluran dari ketiga medsos tersebut ke laman website hutri75.kemenparekraf.go.id.

“Nanti kami akan menilai, para juri akan menilai video tersebut. Silakan juga pada saat mengirim link itu dijelaskan di sekitar 100 karakter, tentang apa dan makna dari video yang dikirimkan. Videonya harus orisinil, kalau tidak orisinil nanti menjadi tanggung jawab peserta sendiri,” ujar Giri.

3. BUMN juga menggelar lomba loh

Hore! Jokowi Gelar Lomba Video HUT ke-75 RI Hadiah Rp1 MiliarLogo baru Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) terpasang di Gedung Kementerian BUMN, Jakarta, Kamis (2/7/2020) (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)

Tak mau kalah, Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) juga menggelar lomba kreatif video hingga desain masker, loh. Meski tak sebesar hadiah Presiden Jokowi, BUMN menyediakan total hadiah Rp60 juta.

“Lomba 17-an virtual yang ada hadiahnya mungkin tidak sebesar Bu Giri, Rp10 juta. Lalu yang kedua karena sekarang di masa pandemik, ada lomba desain masker yang nanti akan kita pilih, yang pemenangnya akan mendapatkan hadiah Rp50 juta,” ujar Sesmen BUMN Susyanto.

Desain masker pemenang nantinya akan diproduksi massal oleh BUMN, yang akan disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan.

Yuk guys, buruan siapkan video yang menarik ya! 

https://www.idntimes.com/news/indonesia/irfanfathurohman/cihuy-presiden-gelar-lomba-video-hut-ke-75-ri-berhadiah-rp1-miliar

Baca Juga: HUT ke-75 RI, Bandara Soetta Tebar Diskon untuk Penumpang dan Maskapai

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya