Pesan Megawati Kepada Jokowi: Jangan Pernah Takut

Megawati minta Jokowi tak takut hadapi pandemik COVID-19

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum DPP PDI Perjuangan (PDIP), Megawati Soekarnoputri, memerintahkan 45 calon kepala daerah (cakada) dan wakil kepala daerah beserta para kadernya untuk mendukung pemerintahan Joko “Jokowi” Widodo-Ma'ruf Amin dalam menghadapi pandemik COVID-19.

Megawati menilai dukungan para calon kepala daerah itu sangat penting sekaligus sejalan dengan pesan sang ayah, Bung Karno.

"Saat pandemik berlangsung, saya telah mengeluarkan instruksi (penanganan COVID-19) untuk segera dilaksanakan, karena saya sangat terbawa oleh pelajaran yang diberikan oleh bapak saya Bung Karno," kata Megawati saat memberikan arahan kepada 45 cakada melalui telekonferensi virtual, Jumat (17/7/2020).

1. Belajar dari Bung Karno, Megawati minta pemerintah pikirkan kesejahteraan rakyat

Pesan Megawati Kepada Jokowi: Jangan Pernah TakutSekjen PDIP Hasto Kristiyanto mendampingi Ketua Umum PDIP Megawati Sukarnoputri, Jakarta, Jumat (10/1). (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Megawati mengatakan dirinya pernah menanyakan kepada Bung Karno terkait hal apa yang harus diberikan kepada rakyat di luar kebutuhan sandang, papan dan pangan. Bung Karno kala itu berpesan kepada Megawati agar memikirkan kesejahteraan dan kelangsungan hidup rakyat.

"Beliau (Bung Karno) mengatakan, coba kamu bayangkan kita adalah di dalam kehidupan sebagai manusia. Terbayangkankah oleh kamu kalau perut rakyat kita kelaparan tidak bisa mendapatkan apa-apa, maka mereka pasti tidak dapat berpikir dengan baik," ujarnya Megawati mengenang pesan Bung Karno.

2. Megawati minta Jokowi jangan takut menghadapi pandemik karena Indonesia negara yang kaya

Pesan Megawati Kepada Jokowi: Jangan Pernah TakutANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Oleh karena itu untuk dapat segera mengakhiri pandemik ini, bantuan kepada pemerintah harus diberikan untuk mendorong bidang kesehatan, ekonomi, politik dan di terutama di bidang pangan.

Presiden Ke-5 RI itu juga meminta kadernya untuk bergotong royong dan memberikan bantuan secara konsisten kepada rakyat di mana pun berada. Selain itu, memikirkan sejak dini bagaimana ketahanan pangan setiap kader di masing-masing daerah tergarap dengan baik.

Megawati meyakini Indonesia merupakan negara yang makmur dan memiliki sumber daya alam yang kaya raya.

"Saya berbicara pada Presiden Jokowi jangan pernah takut. Karena kita praktis semuanya ada. Apa coba yang tidak ada? Yang belum adalah pengelolaannya. Yang belum adalah menjalankan pengelolaan dengan manajemen negara yang baik," tuturnya.

3. Megawati minta masyarakat mengupayakan ketahanan pangan sendiri

Pesan Megawati Kepada Jokowi: Jangan Pernah TakutMegawati Soekarnoputri Ketua Umum PDIP (IDN Times/Aldzah Fatimah Aditya)

Sebagai upaya ketahanan pangan, dia menyuarakan kepada kadernya untuk menanam tanaman nusantara seperti jagung, umbi-umbian, sagu, kentang, pisang sebagai alternatif makanan pokok pengganti. Hal ini untuk menciptakan kedaulatan pangan berdikari, apabila negara-negara penghasil beras menutup keran ekspornya ke Indonesia.

"Karena seperti yang sudah berkali saya katakan negara lain pun terkena (dampak) oleh COVID-19. Mereka yang menjadi sentra beras seperti Thailand, Vietnam, Kamboja, saya rasa mereka pun sekarang sedang berupaya untuk memenuhi kebutuhannya sendiri," ujarnya.

Baca Juga: Virus COVID-19 Menular Lewat Udara, Ketua Tim Pakar COVID-19 Tanya WHO

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya