Hasto Buka-bukaan Soal Strategi Kemenangan PDIP di Pilkada 2020

Cakada wajib minum jamu untuk menambah asupan gizi

Jakarta, IDN Times - Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto mengatakan, strategi utama partainya untuk dapat memenangkan kontestasi Pilkada Serentak 2020 adalah dengan semangat gotong royong oleh semua kadernya bersama rakyat.

"Pada prinsipnya PDI Perjuangan ini partai yang menempuh jalan ideologi dengan semangat gotong royong. Jadi strategi berdasarkan semangat gotong royong itulah yang kami kedepankan," kata Hasto usai acara pembacaan rekomendasi 45 calon kepala daerah (cakada) oleh PDI Perjuangan secara virtual, Jumat (17/7/2020).

1. Usai mendapat rekomendasi partai, cakada wajib sekolah partai

Hasto Buka-bukaan Soal Strategi Kemenangan PDIP di Pilkada 2020Sekjen PDIP Hasto Kristyanto (IDN Times/Khaerul Anwar)

Selain itu, Hasto mengatakan bahwa pihaknya juga memastikan kualitas cakada yang diusung dengan mewajibkan mereka mengikuti sekolah partai. Di sekolah itulah nantinya mereka akan mendapatkan pengajaran soal strategi yang lebih detail. Termasuk soal bagaimana strategi pemerintahan, komunikasi politik, dan penggalangan.

"Ketika Ibu Megawati sudah menetapkan pasangan calon seluruh partai solid bergerak, sehingga tidak perlu ragu-ragu, solid bergerak. Karena pasangan calon kita latih. Kita juga melatih juru kampanye, manajer kampanye. Sehingga dengan semangat gotong royong ini, beban dari pasangan calon itu dapat bersama-sama kita pikul,” ujarnya.

Baca Juga: Dapat Rekomendasi PDIP, Gibran Langsung Gaspol Persiapan Pilkada Solo

2. Cakada wajib minum jamu untuk hadapi pilkada di tengah pandemik COVID-19

Hasto Buka-bukaan Soal Strategi Kemenangan PDIP di Pilkada 2020PDI Perjuangan umumkan 45 bakal calon kepala daerah di Pilkada Serentak 2020 (Dok. IDN Times/PDI Perjuangan)

Untuk menghadapi pilkada di tengah pandemik COVID-19, Hasto mengatakan bahwa pihaknya juga secara khusus akan mengangkat tema jalur rempah yang disepakati dalam rakernas partai beberapa waktu lalu.

"Kita sudah mempromosikan jamu-jamu tradisional, sehingga PDI Perjuangan di tengah covid ini terus mendorong kader-kadernya untuk minum jamu tradisional, menambah gizi, asupan gizi," tuturnya.

3. PDIP dukung kampanye dengan menggunakan IT

Hasto Buka-bukaan Soal Strategi Kemenangan PDIP di Pilkada 2020PDI Perjuangan umumkan 45 bakal calon kepala daerah di Pilkada Serentak 2020 (Dok. IDN Times/PDI Perjuangan)

Dia menambahkan, PDI Perjuangan akan menyesuaikan dengan kondisi pandemik COVID-19 yang ada. Semisal pengumuman calon kepala daerah dilaksanakan secara virtual sesuai dengan protokol kesehatan.

"Nanti kami juga mengedepankan model-model kampanye dengan IT. Tetapi PDI Perjuangan dengan kekuatan grassroot-nya, kami punya 1,4 juta pengurus di seluruh Indonesia tentunya semua bergerak dalam satu rampak barisan,” katanya.

Baca Juga: Gibran Resmi Maju di Pilkada Solo, PDIP: Pertimbangannya Banyak  

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya