Comscore Tracker

Lima Anggota DPR Wafat karena COVID-19, Ada dari Lampung

Sudah lima anggota DPR meninggal karena COVID-19

 Anggota Komisi V Fraksi Partai Golkar DPR RI Gatot Sudjito meninggal dunia hari ini, Senin (18/1/2021) pukul 03.00 WIB di RSSA Malang, Jawa Timur.

Sekretaris Fraksi Partai Golkar Adies Kadir mengatakan, Gatot Sudjito meninggal karena COVID-19. "Iya (meninggal karena COVID-19)," ujar Adies kepada IDN Times melalui pesan singkat, Senin. 

Kepergian Gatot menambah deretan anggota dewan yang meninggal karena COVID-19. Tercatat, lima anggota DPR meninggal akibat virus corona sejak awal pandemik.

Baca Juga: 4 Anggota DPR Meninggal karena COVID-19, Berikut Daftarnya

1. DPR sudah kehilangan dua anggotanya selama 2021

Lima Anggota DPR Wafat karena COVID-19, Ada dari LampungIDN Times/Teatrika Putri

Sebelumnya, DPR juga kehilangan dua anggota lainnya pada awal 2021, yaitu anggota Komisi V Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dari Fraksi PDIP Bambang Suryadi dan anggota Komisi VIII DPR RI dari Fraksi PAN Ali Taher Parasong.

Bambang Suryadi meninggal akibat COVID-19 pada Senin, 4 Januari 2021 pukul 03.40 WIB di Rumah Sakit Fatmawati, Jakarta. Sedangkan, Ali Taher mengembuskan napas terakhirnya karena COVID-19 pada Minggu, 3 Januari 2020 pukul 14.00 WIB di Rumah Sakit Islam Jakarta.

Bambang Suryadi lahir di Kota Blitar 1 Oktober 1968. almarhum pernah menjadi anggota DPRD Provinsi Lampung pada 2014-2019 dan anggota DPRD Kabupaten Lampung Tengah periode 2004-2014.

2. Imam Suroso adalah anggota DPR pertama yang meninggal karena COVID-19

Lima Anggota DPR Wafat karena COVID-19, Ada dari LampungIDN Times/Fitang Budhi Adhitia

Bukan hanya itu, DPR RI juga telah kehilangan dua anggotanya akibat keganasan COVID-19 pada 2020. Anggota DPR pertama yang meninggal akibat virus corona adalah politikus PDI Perjuangan Imam Suroso.

Imam Suroso meninggal dunia pada masa awal pandemik yaitu, pada Jumat, 27 Maret 2020. Sebelum meninggal dunia, Imam memang masuk ke dalam daftar Pasien Dalam Pengawasan (PDP) COVID-19. 

Sebelum meninggal, anggota Komisi XI DPR yang membawahi bidang kesehatan dan ketenagakerjaan itu sempat mengimbau masyarakat untuk menjaga pola hidup sehat, agar tidak terserang COVID-19. 

"Masyarakat tetap tenang dan menjaga pola hidup sehat. Kamu yakin, dengan demikian imunitas tubuh akan meningkat sehingga tidak mudah sakit," demikian cuitan terakhir Imam melalui akun Twitter pribadinya @H_imam_suroso pada 7 Maret 2020 silam. 

3. Ketua Fraksi Gerindra Komisi XI Soepriyatno meninggal dunia Oktober 2020

Lima Anggota DPR Wafat karena COVID-19, Ada dari LampungIlustrasi Duka Cita (IDN Times/Arief Rahmat)

Kemudian, DPR RI kembali berduka pada Oktober 2020. Kali ini kabar tersebut datang dari Fraksi Gerindra. Ketua Fraksi Gerindra di Komisi XI DPR Soepriyatno meninggal dunia akibat COVID-19 pada 9 Oktober 2020.

Ia meninggal setelah dua pekan dirawat di rumah sakit sejak terkonfirmasi positif. Soepriyatno terinfeksi COVID-19 saat melakukan tes swab PCR rutin digelar DPR. Kala itu, Soepriyatno memang menjadi salah satu anggota dewan yang aktif hadir di kantor untuk mengurus Badan Anggaran (Banggar) dan Fraksi Gerindra.

Baca Juga: Kabar Duka, Anggota Komisi V DPR Gatot Sudjito Meninggal Dunia

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya