[BREAKING] Panglima TNI: KRI Nanggala-402 Tenggelam dan 53 Awaknya Gugur

Beberkan bukti-bukti

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menyampaikan secara resmi KRI Nanggala-402 telah tenggelam dan 53 personel yang bertugas dalam KRI tersebut dinyatakan gugur.

Ia menjelaskan beberapa bukti tenggelamnya KRI Nanggala-402. KRI Nigel dan ROC yang dikerahkan oleh MC Swift telah melakukan pemindaian secara akurat di lokasi KRI Nanggala-402. KRI Nigel dan ROC melakukan penyelaman menggunakan mulibeam sonar dan magnetometer, dengan pemindaian itu terlihat citra bawah air yang lebih detail.

"Telah diperoleh citra yang telah dikonfirmasi sebagai bagian dari KRI Nanggala-402 meliputi kemudi vertikal belakang, jangkar, bagian luar badan sekat," katanya pada konferensi pers virtual melalui YouTube Puspen TNI, Minggu (25/4/2021).

Selain itu, ia juga mengatakan telah diperoleh citra kemudi selang timbul, bagian kapal yang lain termasuk baju keselamatan awak kapal MK11.

Hadi menyampaikan, 53 personel adalah prajurit terbaik yang dimiliki Hiu Kencana. "Atas nama seluruh prajurit dan keluarga besar TNI, selaku panglima TNI, saya sampaikan rasa duka cita yang sedalam-dalamnya kepada seluruh keluarga prajurit yang gugur, semoga Tuhan Yang Maha Besar memberikan keikhlasan, kesabaran, dan ketabahan," katanya

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya