TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 DIY Menghilangkan Bekas Jerawat Hitam dengan Masker Madu, Efektif!

Bisa dibuat sendiri di rumah!

ilustrasi madu (unsplash.com/Arwin Neil Baichoo)

Intinya Sih...

  • Madu dan lemon dapat menghilangkan bekas jerawat hitam
  • Yogurt membantu mencerahkan kulit dan meredakan iritasi
  • Kayu manis dan lidah buaya juga efektif dalam menghilangkan bekas jerawat hitam

Bekas jerawat seringkali bewarna hitam terasa sangat mengganggu bagi sebagian orang. Hal tersebut membuat tidak sedikit orang mencari cara untuk menyingkirkannya, mulai dari perawatan di klinik kecantikan hingga pemakaian produk kecantikan yang mahal.

Namun, kini kamu tak perlu mengeluarkan dana yang besar, karena bisa memanfaatkan bahan alami untuk menghilangkannya. Salah satunya adalah memakai madu.

Madu sudah lama dikenal sebagai bahan alami kaya akan nutrisi dan mempunyai sifat antibakteri. Selain itu, bahan ini juga dapat membantu proses regenerasi kulit, jadi bekas jerawat hitam dapat memudar. Lalu, bagaimanakah cara membuat masker madu ini? Berikut ulasannya.

1. Madu dan lemon

Madu dan lemon merupakan perpaduan bagus dalam menyingkirkan bekas jerawat hitam. Lemon diperkaya dengan vitamin C yang tinggi dan mempunyai sifat mencerahkan kulit. Sedangkan madu dapat membantu dalam melembapkan dan mempercepat proses penyembuhan.

Untuk caranya, kamu perlu mencampurkan satu sendok teh madu dengan beberapa tetes air lemon, kemudian aplikasikan pada bekas jerawat. Tunggu hingga 15-20 menit, lalu bilaskan dengan menggunakan air hangat.

2. Madu dan yogurt

Yogurt memiliki kandungan asam laktat berguna untuk membantu mengelupas sel kulit mati dan mencerahkan kulit. Kamu bisa mengkombinasikan satu sendok makan madu dengan satu sendok makan yogurt. Kemudian oleskan pada bekas jerawat hitam.

Lalu, tunggulah selama 20 menit sebelum dibilas menggunakan air hangat. Perawatan tersebut tak hanya membantu dalam menghilangkan bekas jerawat, namun juga ampuh dalam memberikan efek yang terasa menenangkan pada kulit yang tengah mengalami iritasi.

Baca Juga: 5 DIY Masker Lemon, dapat Membantu Melenyapkan Bekas Jerawat! 

3. Madu dan kayu manis

Kayu manis mempunyai sifat anti-inflamasi dan antibakteri, sehingga bisa membantu dalam meredakan peradangan dan mencegah infeksi pada kulit. Kamu bisa menggabungkan satu sendok teh madu dengan setengah sendok teh bubuk kayu manis, kemudian oleskan pada bekas jerawat hitam.

Lalu, biarkan selama 10-15 menit sebelum dibilas dengan memakai air bersih. Selain membantu memudarkan bekas jerawat, masker ini juga dapat menjadikan kulit lebih halus dan bercahaya.

4. Madu dan lidah buaya

Lidah buaya memiliki sifat penyembuhan dan regenerasi kulit begitu menakjubkan. Kamu bisa mencampurkan satu sendok teh madu dengan satu sendok teh gel lidah buaya, kemudian aplikasikan pada bekas jerawat hitam. 

Lalu, diamkan selama 20-30 menit sebelum dibilas dengan menggunakan air bersih. Perpaduan ini bermanfaat untuk membantu mempercepat proses penyembuhan kulit dan menjadikan bekas jerawat hitam menghilang dengan lebih cepat.

Verified Writer

Ratna Herlina

IG: ratna0694

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya