TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Pelajaran Hebat Didapat Saat Kehilangan Orang Dicintai

Menyakitkan tapi bisa mengajari kita sesuatu

ilustrasi perempuan memandang langit (unsplash.com/Candice Picard)

Kehilangan orang yang berharga dan kita cintai dalam hidup mungkin adalah salah satu ketakutan terbesar pasti dimiliki oleh setiap orang di dunia ini. Sayangnya tak ada yang bisa kita lakukan untuk mencegah hal itu agar jangan sampai terjadi.

Mereka, kita, semua orang di dunia ini pasti akan pergi. Yang membedakan adalah kapan dan bagaimana. Namun walau begitu menyakitkan, setidaknya ada pelajaran dan nilai bisa kita ambil dari peristiwa pahit itu.

1. Jangan menunda kebahagiaan

ilustrasi perempuan bahagia (unsplash.com/Dmitry Schemelev)

Tidak apa-apa untuk membuat rencana ketika kalian berusia 100 tahun nanti misalnya. Tetapi jangan lupa untuk mencapai apa yang ingin kalian capai tahun ini, bulan ini, minggu ini, atau bahkan hari ini. Kalian tidak hanya bisa bersiap untuk hidup kalian beberapa tahun ke depan karena hari ini dan saat ini mungkin adalah waktu terakhir yang bisa kalian miliki.

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Gak Ada Baiknya Mencintai Orang Sudah Menikah

2. Jangan takut untuk meraih impian, bahkan jika mungkin saja gagal 

ilustrasi perempuan duduk di atas batu (unsplash.com/Max Ilienerwise)

Tidak peduli apa yang kalian lakukan atau tidak lakukan, hasil akhir dari hidup pasti adalah kematian. Kematian bisa datang secara tiba-tiba dan tidak terduga. Jika tidak dapat memprediksi kapan kalian akan meninggal, tidak ada gunanya takut akan kegagalan kecil.

Wujudkan kehidupan paling memuaskan yang kalian inginkan dan ambil satu demi satu langkah pasti demi menuju ke arah itu. Kalian akan terkejut dengan seberapa banyak yang dapat kalian capai dan betapa berartinya perjalanan itu.

3. Ukur kesuksesan dengan kriteria melampaui nilai uang

ilustrasi perempuan bahagia (unsplash.com/Joey Nicotra)

Hanya ada begitu sedikit yang bisa kalian makan dan minum dan hanya begitu sedikit waktu tidur yang bisa kalian nikmati. Jangan biarkan kesibukan bekerja demi mencari uang yang banyak membutakan kalian pada hal-hal yang lebih berharga dari kehidupan yang indah ini.

Tidak ada gunanya menjadi orang paling kaya di sebuah pemakaman. Yang penting adalah bagaimana saat kalian tahu bahwa kalian telah melakukan hal yang luar biasa untuk diri kalian sendiri.

4. Jangan biarkan dendam membara

ilustrasi perempuan memandang langit (unsplash.com/Candice Picard)

Kematian menghilangkan kesempatan bagi seseorang untuk menjernihkan suasana dan memperbaiki hubungan baik dengan seseorang. Lakukan apa yang kalian rasa perlu lakukan sekarang.

Jika kalian bertukar keadaan dan kehidupan dengan orang lain, kalian mungkin bisa berperilaku lebih buruk daripada mereka. Coba untuk lebih memahami kesalahan orang lain. 

Baca Juga: Secret Code Angka Romantis jadi Cara Unik Ungkapkan Perasaan 

Verified Writer

YOOL

Focus on me, like a meditation.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya