Comscore Tracker

10 Sayur dan Buah Bakal Rusak Kalau Kamu Simpan di Kulkas!

Tak hanya rusak fisik dan rasa, tapi juga nutrisi

Bandar Lampung, IDN Times - Sehabis belanja kebutuhan sehari-hari, biasanya hal pertama dilakukan adalah menyimpan belanjaan sayur dan buah dalam kulkas. Hal ini lumrah terjadi karena diharapkan sayur dan buah bisa tetap segar dan awet sehingga bisa disimpan dalam jangka waktu panjang.

Nyatanya, menurut beberapa penelitian dari berbagai universitas dunia, ada beberapa sayur dan buah justru tidak baik jika disimpan dalam lemari es. Hal itu dapat menyebabkan kerusakan pada buah mulai dari perubahan rasa, warna, tekstur, hingga nutrisinya.

Berikut 10 sayur dan buah tidak boleh disimpan dalam lemari es!

1. Mangga

10 Sayur dan Buah Bakal Rusak Kalau Kamu Simpan di Kulkas!ilustrasi buah mangga (unsplash.com/HOTCHICKSING)

Mangga dianjurkan untuk tidak disimpan dalam kulkas karena kulit mangga akan lebih cepat kering dan keriput dalam suhu dingin. Tak hanya itu, rasa manisnya pun akan berkurang. Namun jika memang hendak menyimpan mangga dalam kulkas, sebaiknya dikupas terlebih dahulu.

Menurut Pakar Holtikultura Institut Pertanian Bogor, Prof. Sobir dikutip Sari Agri, menyimpan mangga utuh dalam kulkas dapat mengakibatkan chilling injury pada mangga. Chilling injury adalah kerusakan fisiologis sel membran pada buah.

Hal ini terjadi karena lingkungan selama musim tanam, transportasi, distribusi, penyimpanan toko atau di kulkas saat disimpan di rumah.

2. Alpukat mentah

10 Sayur dan Buah Bakal Rusak Kalau Kamu Simpan di Kulkas!chanelmuslim.com

Alpukat dikenal sebagai salah satu buah dengan kandungan zat etilen, sehingga dapat matang sendiri meski telah copot dari dahan pohonnya. Kamu hanya perlu mendiami alpukat ini di suhu ruang atau didekatkan dengan tomat atau apel agar cepat masak.

Namun jika kamu memasukan alpukat mentah ke dalam kulkas, jangan harap alpukatmu akan matang, karena udara dingin kulkas menghambat pemasakan buah alpukat.

Baca Juga: 6 Hal Ini Sering Dianggap Haram, padahal Boleh Dilakukan

3. Pisang

10 Sayur dan Buah Bakal Rusak Kalau Kamu Simpan di Kulkas!pisang raja. (instagram.com/kingmasmus_official)

Pisang sangat sensitif terhadap udara dingin. Jika kamu meletakkannya di kulkas maka kulit pisang akan lebih cepat menghitam. Selain itu pisang mentah juga sebaiknya jangan dimasukan dalam kulkas untuk proses pemasakan.

Selain itu, pisang mentah tersebut akan berubah rasa menjadi pahit dan berubah warna. Untuk penyimpaman optimal, sebaiknya gantung pisang di suhu ruang dan jika memungkinkan tutup pangkal pisang dengan kertas atau plasticwrap.

4. Semangka

10 Sayur dan Buah Bakal Rusak Kalau Kamu Simpan di Kulkas!google

Bukan dari rasa atau rupa, kandungan gizi buang semangka dapat berkurang jika kamu menyimpan buahnya dalam kulkas. Padahal ada segudang nutrisi buah di dalam semangka antara lain serat, protein nabati, kalsium, magnesium, kalium, Berbagai jenis vitamin, seperti vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, dan vitamin C.

Selain itu, semangka juga rentan terhadap bakteri. Sehingga ketika kamu menyimpan semangka potong, sebaiknya tidak dibarengi dengan menyimpan daging-daging mentah atau ikan.

5. Melon utuh

10 Sayur dan Buah Bakal Rusak Kalau Kamu Simpan di Kulkas!cantik.tempo.co/wikimedia.org

Sama dengan semangka, dengan menyimpan melon di dalam kulkas maka kandungan antioksidan melon tersebut akan berkurang. Padahal antioksidan sangat baik bagi tubuh.

Lain halnya jika buah melon sudah di potong. Kamu dapat menyimpan melon potong dalam kulkas yaitu dengan cara menyimpannya dalam wadah tertutup misalnya stoples bening dan lainnya.

Baca Juga: 10 Bahasa Bunga Kamu Perlu Tahu, Ternyata Ada Pesan Khusus

6. Jeruk

10 Sayur dan Buah Bakal Rusak Kalau Kamu Simpan di Kulkas!Ilustrasi Jeruk Nipis (IDN Times/Sunariyah)

Ada beberapa jenis jeruk tidak disarankan untuk di simpan dalam kulkas, yaitu jeruk limau, lemon, dan jeruk nipis. Hal ini dikarenakan kulit jeruk akan lebih cepat kering karena kandungan air di dalamnya berkurang akibat udara dingin.

Tentu kamu tidak mau dong, begitu hendak menggunakan jeruk nipis, ternyata sudah kering. Padahal yang dicari dari buah jeruk itu adalah airnya. Jadi kamu bisa menyimpan jeruk di keranjang atau tempat kering lainnya dalam suhu ruang.

7. Tomat

10 Sayur dan Buah Bakal Rusak Kalau Kamu Simpan di Kulkas!Tomat (freepik.com/Alexgrec)

Menyimpan tomat dalam kulkas juga bisa membuat tomat cepat keriput dan mengurangi kandungan airnya. Tomat juga merupakan buah dengan zat etilen tinggi sehingga dapat masak sendiri.

Apalagi zat etilen inilah memengaruhi aktivitas gen agar lebih cepat manis, namun jika kamu meletakan tomat dalam kulkas, tentu udara dingin ini akan menghambat zat etilen bekerja. Sebaiknya simpan tomat di suhu udara dan tempat yang kering.

8. Kentang

10 Sayur dan Buah Bakal Rusak Kalau Kamu Simpan di Kulkas!Pinterest

Sayuran satu ini memang sangat rentan ketika proses penyimpanan. Selain harus menyimpan kentang dalam ruang gelap agar tak cepat bertunas, kentang juga tidak baik disimpan dalam suhu rendah seperti kulkas. Hal itu dikarenakan dapat mengubah kandungan pati di dalam kentang menjadi gula. Kandungan gula ini nantinya akan muncul ketika kentang di masak.

Gula akan bergabung dengan asam amino asparagin dan menghasilkan zat kimia bernama acrylamide. Acrylamide merupakan zat yang dapat meningkatkan risiko kanker dan beberapa ahli sepakat bahan kimia ini termasuk dalam kategori zat karsinogen atau merugikan manusia.

9. Timun

10 Sayur dan Buah Bakal Rusak Kalau Kamu Simpan di Kulkas!klik dokter

Timun juga merupakan sayur dengan kandungan air melimpah. Timun juga sangat sensitif terhadap suhu dingin sehingga akan cepat rusak jika berada di bawah suhu 10 derajat celcius.

Namun jika kamu memang ingin menyimpannya dalam kulkas, sebaiknya biarkan timun dalam kondisi kering sebelum dimasukan dalam kulkas. Kemudian pilih lokasi yang tidak terlalu dingin. Misalnya di ruang paling bawah kulkas dengan membungkusnya terlebih dahulu dalam kantong kertas atau plastik.

10. Bawang

10 Sayur dan Buah Bakal Rusak Kalau Kamu Simpan di Kulkas!ilustrasi bawang putih dan bawang bombay (pexels.com/Karolina Grabowska)

Bawang-bawangan seperti bawang putih, merah dan bombai pun tidak boleh disimpan dalam kulkas. Apalagi dalam kondisi basah. Hal itu dapat menyebabkan bawang cepat busuk atau berjamur. Kemudian bawang juga akan cepat bertunas dan menjadi kusam.

Selain itu, bau bawang dapat mempengaruhi makanan lain dalam kulkas. Sebaiknya menyimpan bawang-bawangan memang ditempat kering dalam suhu ruang yang sejuk. Hindari juga dari sinar matahari langsung.

Itulah 10 sayur dan buah yang sebaiknya tidak disimpan dalam kulkas karena akan merusak buah dan sayur itu sendiri. 

Baca Juga: Kamu Patut Cemburu! Jika Dia Sudah Berani Melakukan 5 Hal Buruk Ini

Topic:

  • Rohmah Mustaurida
  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya