Comscore Tracker

Orang Terkaya Kedua di Dunia, 10 Fakta Unik Elon Musk

Pernah bertahan hidup dengan uang Rp14 ribu sehari

Elon Musk baru-baru ini menyabet gelar orang terkaya kedua di dunia dari Bill Gates, pendiri Microsoft. Ia berhasil menyandang gelar itu setelah harga saham Tesla, perusahaan mobil listrik miliknya, naik tajam karena akan dimasukkan ke indeks S&P 500 pada Desember.

Lonjakan saham pada akhir bulan lalu itu membuat kekayaan Musk naik sebesar 7,2 miliar dolar AS atau lebih dari Rp100 triliun menjadi 128 miliar dolar AS pada Senin (23/11/2020).

Berikut 10 fakta menarik soal Musk yang perlu diketahui dunia:

1. Lahir di Afrika Selatan dan pindah ke Kanada pada usia 17 tahun

Orang Terkaya Kedua di Dunia, 10 Fakta Unik Elon Muskinstagram.com/elonrmuskk

Musk lahir di Pretoria, Afrika Selatan dari orang tua bernama Errol dan Maye Musk. Semenjak lahir, dia terus tinggal di wilayah itu sampai dia pindah ke Kanada pada usia 17. Tiga tahun kemudian, ia pindah ke Amerika Serikat untuk belajar bisnis dan fisika di University of Pennsylvania di Philadelphia.

Musk memiliki kewarganegaraan Afrika Selatan, Kanada, dan Amerika Serikat (AS). Saat ini, dia tinggal di Los Angeles, California.

Baca Juga: SpaceX Milik Elon Musk Sukses Kirim Astronot Lagi 

2. Mulai belajar pemrograman computer di usia 9 tahun

Orang Terkaya Kedua di Dunia, 10 Fakta Unik Elon Musknextshark.com

Musk dilaporkan mempelajari sendiri dasar-dasar pemrograman komputer ketika dia baru berusia 9 tahun. Tiga tahun kemudian atau ketika usianya mencapai 12 tahun, Musk membangun game PC bertema luar angkasa bernama Blastar. Dia kemudian menjual kode untuk Blastar seharga 500 dolar ke majalah komputer.

Game yang memuat unsur pesawat ruang angkasa ini masih bisa dimainkan secara online saat ini, sebagaimana dilaporkan Clean Technica.

3. Pernah jualan telur Paskah untuk orang kaya

Orang Terkaya Kedua di Dunia, 10 Fakta Unik Elon MuskIlustrasi telur. IDN TImes/Dwi Agustiar

Menurut saudara laki-laki Musk, Kimbal, Musk pernah berjualan telur Paskah keliling bersama Kimbal dan sepupu mereka saat remaja di daerah orang kaya di ibu kota Afrika Selatan.

Telur Paskah yang mereka jual itu bukan telur sembarangan, yaitu telur yang dibanderol dengan harga fantastis. CNBC Make It menyebut harga telur itu mencapai 20 kali lipat biaya pembuatannya.

“Saya membuatnya dengan modal 50 sen dan menjualnya 10 dolar untuk telur Paskah dan saya selalu mendapatkan pertanyaan seperti, ‘Mengapa Anda menagih 10 dolar untuk telur Paskah kecil ini?’” kata Kimbal kepada CNBC Make It dalam sebuah wawancara pada 2017.

“Dan saya seperti, ‘Baiklah, Anda mendukung seorang kapitalis muda. Dan kenyataannya adalah jika Anda tidak membelinya dari saya, Anda tidak akan mendapatkannya - dan saya tahu Anda mampu membeli seharga 10 dolar.”

4. Pernah jadi korban bully

Orang Terkaya Kedua di Dunia, 10 Fakta Unik Elon MuskIlustrasi (IDN Times/Mardya Shakti)

Dalam wawancara di acara “60 Minutes” CNBC, Musk menceritakan bahwa dirinya pernah menjadi korban kekerasan dan perundungan (bullying) di saat ia bersekolah di sekolah dasar di Pretoria, Afrika Selatan. Sebagai seorang kutu buku dan siswa termuda dan terkecil di kelasnya, ia kerap menjadi target kenakalan teman-temannya.

Dalam buku Ashlee Vance yang dirilis pada 2015, Elon Musk: Tesla, SpaceX, and the Quest for a Fantastic Future, Musk mengatakan bahwa geng anak laki-laki kadang-kadang akan memburunya. Ia bahkan pernah didorong hingga jatuh di tangga dan harus dilarikan ke rumah sakit.

“Saya hampir dipukuli sampai mati,” kenangnya pada wawancara “60 Minutes”, seraya menambahkan bahwa semua pengalaman itu membuatnya mulai belajar melakukan karate, judo, dan gulat.

Baca Juga: Keren! Elon Musk Ekspansi ke Jateng, Bangun Pabrik Tesla di Batang

5. Pernah bertahan hidup dengan uang sebesar 1 dolar sehari

Orang Terkaya Kedua di Dunia, 10 Fakta Unik Elon MuskIlustrasi dolar AS ( ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)

Pada saat baru pindah ke Amerika Utara, Musk pernah bertekad untuk bertahan hidup hanya dengan 1 dolar sehari atau sekitar Rp14 ribu saat ini. Ia dikabarkan membeli makanan dalam jumlah besar dan membaginya untuk beberapa hari agar bisa berhemat.

“Saya suka hotdog dan jeruk… [tetapi] Anda benar-benar bosan dengan hot dog dan jeruk setelah beberapa saat,” jelas Musk soal pengalamannya berhemat.

6. Pernah dikira tuli oleh ibunya

Orang Terkaya Kedua di Dunia, 10 Fakta Unik Elon MuskCEO Tesla Elon Musk. Foto diambil dari media sosial. instagram.com/elonmusk

Musk adalah orang yang sangat introspektif sejak kecil. Dia bisa terlihat sangat pendiam, tidak merespons sekitarnya sehingga orang tua dan dokternya pernah meminta diadakan tes untuk memeriksa apakah dirinya tuli. Ibunya, Maye Musk akhirnya mengetahui bahwa menjadi diam dan tenang adalah cara Musk memikirkan tentang penemuannya.

“Dia masuk ke dalam otaknya dan kemudian Anda melihat dia ada di dunia lain. Dia masih melakukan itu. Sekarang saya biarkan dia begitu saja karena saya tahu dia sedang merancang roket baru atau semacamnya,” kata Maye Musk dalam buku Vance.

7. Hobi membaca

Orang Terkaya Kedua di Dunia, 10 Fakta Unik Elon Muskinstagram.com/elonrmuskk

Bagi Musk, buku adalah teman baiknya sejak ia masih kanak-kanak. “Saya dibesarkan oleh buku. Buku, lalu orang tua saya.”

Dia dilaporkan membaca seluruh Encyclopedia Britannica pada usia sembilan tahun dan suka membaca novel fiksi ilmiah, komik dan buku nonfiksi hingga 10 jam sehari. Beberapa buku paling berpengaruh yang dia baca termasuk The Lord of the Rings, The Hitchhiker’s Guide to the Galaxy, dan seri Foundation karya Isaac Asimov.

Baca Juga: Aneh, Bos Tesla Elon Musk Tes Virus Corona 4 Kali Hasilnya Beda-beda

8. Jadi inspirasi bagi Tony Stark alias Ironman

Orang Terkaya Kedua di Dunia, 10 Fakta Unik Elon Muskcriticalhit.net

Karakter superhero Tony Stark atau Iron Man ternyata banyak terinspirasi dari Elon Musk. Aktor yang memerankannya, Robert Downey Jr, bahkan pernah dikabarkan ingin bertemu dan duduk bersama Musk untuk mendapatkan inspirasi bagi karakter tersebut. Sejumlah cuplikan dari Iron Man 2 bahkan difilmkan di SpaceX dan Musk muncul sebagai cameo di film tersebut.

Masih terkait dunia perfilman, Musk ternyata adalah pemilik ‘Wet Nellie’, mobil sport Lotus yang merangkap kapal selam yang muncul di film James Bond tahun 1970-an, The Spy Who Loved Me. Musk bahkan dilaporkan berencana untuk mengubahnya menjadi mobil sungguhan yang juga bisa berubah menjadi kapal selam.

9. Pemilik Tesla dan sejumlah perusahaan besar lainnya

Orang Terkaya Kedua di Dunia, 10 Fakta Unik Elon MuskIlustrasi mobil listrik Tesla (www.tesla.com)

Elon Musk adalah sosok yang terpolarisasi di dunia teknologi dan bisnis. Kebanyakan orang mengenalnya sebagai pemilik perusahaan kendaraan listrik, Tesla, dan startup roket, SpaceX. Tapi ternyata, Musk memiliki sejumlah perusahaan besar lainnya, termasuk The Boring Company.

The Boring Company adalah perusahaan yang berfokus membuat terowongan bawah tanah yang bisa digunakan pejalan kaki, barang, utilitas, atau kendaraan listrik otonom untuk menghindari kemacetan lalu lintas di jalan utama. Ia mendirikan perusahaan pada Desember 2016, setelah frustasi dengan lalu lintas di Los Angeles dan keterbatasan jaringan transportasi dua dimensi.

Selain itu, Musk juga memiliki Neuralink Corporation, perusahaan yang fokus pada pembuatan chip yang bisa ditanamkan ke otak dan juga laboratorium penelitian kecerdasan buatan bernama OpenAI. Ia juga pernah mendirikan bank online X.com, yang kini lebih dikenal sebagai PayPal. Perusahaan ini telah dijual Musk kepada eBay pada 2001 seharga 1,5 miliar dolar AS.

10. Seorang ayah dengan 7 anak

Orang Terkaya Kedua di Dunia, 10 Fakta Unik Elon MuskTwitter

Elon Musk adalah seorang ayah dari sebuah keluarga besar. Ia memiliki tujuh anak. Anak terakhirnya lahir pada awal Mei 2020, seorang anak laki-laki dari pacarnya, musisi Kanada Grimes.

Ketujuh anak Musk tersebut adalah Nevada Alexander, anak laki-laki kembar Griffin dan Xavier, anak laki-laki kembar tiga Kai, Saxon dan Damian, dan yang bungsu baru lahir bernama - X Æ A-12.

Baca Juga: Geser Bill Gates, Elon Musk Jadi Orang Terkaya Kedua di Dunia

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya