Comscore Tracker

Alasan Kamu Harus Memperbaharui Resolusi Tahunan, Biar Gak Jenuh!

Jadi, kamu tetap bisa mencapai target 

Setiap memasuki bulan terakhir setiap tahun menjadi pertanda tahun akan segera berganti. Artinya, tahun yang baru akan datang dan kehidupan akan tetap berjalan dengan banyak tuntutan. Tak jarang banyak orang membuat resolusi ingin dicapai di setiap tahunnya.

Namun, tak semua resolusi bisa tercapai sesuai keinginan kamu di setiap tahun. Oleh karenanya, penting untuk memperbaharui resolusi tahunan kamu karena beberapa alasan. Yuk, simak lima alasannya sebagai berikut!

1. Ada hal lain lebih membutuhkan prioritas

Alasan Kamu Harus Memperbaharui Resolusi Tahunan, Biar Gak Jenuh!ilustrasi bekerja (unsplash.com/jonasleupe)

Memiliki resolusi memang baik, tetapi kamu harus bisa mengetahui prioritas paling mendesak. Terkadang kamu memang harus merevisi resolusi tahunan yang kamu buat karena memang ada hal lain yang lebih membutuhkan perhatian.

Artinya, tak masalah mengubah haluan di tengah jalan jika memang itu diperlukan. Kamu hanya perlu memahami dan bisa membaca situasi dengan cermat.

2. Butuh peningkatan kapabilitas diri  

Alasan Kamu Harus Memperbaharui Resolusi Tahunan, Biar Gak Jenuh!ilustrasi sedang browsing (unsplash.com/vheath)

Mengetahui kapabilitas diri itu tentu sangat penting. Jangan sampai kamu membuat resolusi kamu sendiri pun tak yakin bisa mewujudkannya. Resolusi itu harus disesuaikan dengan kapasitas dan kapabilitas diri.

Jangan langsung membuat resolusi terlalu tinggi, tetapi mulailah dari tahapan-tahapan awal yang sekiranya mudah untuk digapai. Oleh karenanya, kamu butuh untuk memperbaharui resolusi dengan meningkatkan kapabilitas diri. Misalnya dengan mengikuti beberapa kursus atau pelatihan.

Baca Juga: 5 Tanda Kamu Bukan Orang Labil, Teguh pada Pendirianmu Sendiri!

3. Melihat peluang lebih memungkinkan

Alasan Kamu Harus Memperbaharui Resolusi Tahunan, Biar Gak Jenuh!ilustrasi bersama atasan (unsplash.com/amyhirschi)

Kamu harus bisa jeli dalam melihat peluang yang ada. Jangan hanya berfokus pada satu kemungkinan yang ada. Tetapi coba cari beberapa pintu lain terbuka yang juga bisa kamu gunakan.

Jika rasanya tak ada kemungkinan juga untuk mewujudkan resolusi tersebut, maka kamu bisa mengubah haluan mencari resolusi lebih memungkinkan. Jangan memaksakan jika memang terasa sangat sulit diwujudkan.

4. Perlu penyesuaian situasi dan kondisi hingga mencegah kejenuhan

Alasan Kamu Harus Memperbaharui Resolusi Tahunan, Biar Gak Jenuh!ilustrasi wanita overthinking (unsplash.com/kevcostello)

Penyesuaian itu perlu ketika kamu melihat situasi dan kondisi dirimu yang tak memungkinkan untuk mencapai resolusi tersebut. Mungkin ada beberapa hal dalam dirimu menyebabkan perlunya mengubah atau memperbaharui resolusi tersebut, seperti misalnya, kondisi kesehatan fisik, mental, keuangan, keluarga dan sebagainya. 

Kejenuhan juga bisa menjadi pemicu dari perlunya memperbaharui resolusi. Mungkin kamu tak lagi bersemangat dengan resolusi yang itu-itu saja di setiap tahun. Maka dari itu, kamu butuh sesuatu yang baru.

5. Agar kamu bisa menggapai tujuan lebih besar lagi

Alasan Kamu Harus Memperbaharui Resolusi Tahunan, Biar Gak Jenuh!ilustrasi menaiki anak tangga (unsplash.com/lindsayhenwood)

Memperbaharui resolusi juga bisa dikarenakan kamu butuh untuk memperbesar kemungkinan dan harapan. Kamu sebenarnya berkesempatan dan memungkinkan untuk mencapai sesuatu yang lebih besar lagi. Jadi, kamu perlu untuk memperbaharui resolusi tahunanmu.

Jangan mudah merasa puas terhadap sebuah pencapaian. Karena kamu akan kalah dengan banyak orang dalam banyak hal jika mudah berpuas diri. Jadi, terus pacu dirimu untuk raih mimpi yang lebih dan lebih lagi.

Dengan memahami lima alasan di atas kamu akan semakin bisa beradaptasi dengan perubahan dan memperbaharui resolusi tahunan. Jadi, tak perlu khawatir jika masih ada resolusimu yang belum terwujud, ya!

Baca Juga: 11 Kebiasaan Buruk Bikin Kamu Gak Sukses, Hidup Cuma Gitu Aja

It's Me, Sire Photo Community Writer It's Me, Sire

A dusk chaser who loves to shout in the silence..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya