Comscore Tracker

Harus Dibuang Jauh! 5 Kebiasaan Buruk Khas Orang Indonesia

Jangan-jangan kamu sering lakukan hal ini gak? 

Ada beberapa kebiasaan orang Indonesia sering dilakukan, padahal buruk. Kebiasaan merupakan perilaku terus mengalami pengulangan.

Kalau kebiasaan itu baik, tak jadi masalah. Tapi, jika ternyata kebiasaan itu buruk, apalagi kalau sampai jadi ciri khas penduduk negara kita, itu yang harusnya tak kita ikuti dan dibuang jauh-jauh.

Yuk, kita lihat apa saja. Jangan-jangan ada kebiasaan yang sering kamu lakukan?

1. Senang bergunjing

Harus Dibuang Jauh! 5 Kebiasaan Buruk Khas Orang Indonesiapexels.com/@gabby-k

Sering kali kita terlalu sibuk dalam memperhatikan aib orang lain, sampai-sampai terlupa dengan kejelekan kita sendiri. Menggunjingkan keburukan orang lain, meski itu kenyataan, sebenarnya adalah perilaku tak terpuji, baik dari sisi etika maupun agama.

Sayangnya, banyak orang yang menganggap ini sepele. Bahkan, tema gunjingan atau gosip ini biasanya yang paling laku di media-media pemberitaan. Terlihat sekali dari akun media sosial gosip yang umumnya berawalan ‘lambe’, biasanya memiliki banyak pengikut.

Yang miris, karena bergosip sudah dianggap wajar, tak sadar bahwa perilaku ini sering kali rentan menimbulkan fitnah yang bisa menghancurkan hidup orang lain. Modal dugaan atau ‘katanya’ tanpa disertai fakta, sudah bisa memicu keramaian di dunia maya. Padahal boleh jadi kebenarannya jauh dari itu.

2. Tidak memakai helm saat berkendara dengan motor

Harus Dibuang Jauh! 5 Kebiasaan Buruk Khas Orang Indonesiapexels.com/@olly

Setiap aturan, pasti ada alasannya kenapa itu dibuat. Termasuk kewajiban menggunakan helm saat bermotor.

Namun mirisnya, dengan alasan ‘toh selama ini gak pernah kecelakaan, baik-baik saja’, banyak orang yang mengabaikan aturan memakai helm. Meskipun itu demi keselamatannya sendiri. Apakah harus menunggu kena celaka dulu, baru patuh aturan? Nggak mau, kan?

Baca Juga: Napi Lapas Kelas I Bandar Lampung Miliki HP, Ada Keterlibatan Oknum?

3. Ikut-ikutan melanggar peraturan

Harus Dibuang Jauh! 5 Kebiasaan Buruk Khas Orang Indonesiapexels.com/@bertellifotografia

Sikap ikut-ikutan ini bisa berdampak baik jika perilaku yang diikuti benar. Tapi jadi bencana kalau yang diikuti malah perilaku salah. Dan sayangnya, ini yang kerap dilakukan oleh orang Indonesia.

Sebagai contoh, perilaku berkerumun yang saat pandemik seperti ini dilarang, tapi karena melihat ada orang lain yang melakukan, malah membuat acara yang juga mengundang kerumunan. Alasannya ‘mereka aja berkerumun boleh, kok saya nggak?’. Duh!

Contoh lainnya, berkomentar di dunia maya. Karena melihat banyak yang menggunakan kata-kata kasar, bukannya berikan contoh yang bagus, malah ikutan juga. Gak heran akhirnya Indonesia dijuluki warganet paling gak sopan se-Asia Tenggara.

4. Pajak jadian

Harus Dibuang Jauh! 5 Kebiasaan Buruk Khas Orang Indonesiapexels.com/@fauxels

Seharusnya ketika melihat orang dekat kita bisa mendapat pasangan yang ia idam-idamkan, sebagai teman, pastilah bahagia. Dan tak usah menggunakan embel-embel pajak jadian, yakni minta pasangan yang jadian untuk mentraktir.

Kalau kamu memang mak comblang, sih, masih masuk akal. Meskipun ketulusanmu sebagai teman jadi dipertanyakan. Tapi kalau kamu sama sekali tak ada kontribusi terhadap proses jadiannya temanmu, kenapa harus pakai traktir segala.

Budaya minta traktir atau oleh-oleh ini sebaiknya dihilangkan. Selain bisa menyusahkan orang, perilaku meminta-minta, dengan istilah apa pun tetap bukan perilaku yang bagus.

5. Suka ngaret kalau janjian

Harus Dibuang Jauh! 5 Kebiasaan Buruk Khas Orang IndonesiaUnsplash.com/laureenmssr

‘Namanya juga orang Indonesia, pastilah ngaret’

Sering mendengar kalimat di atas? Atau pernah kamu ucapkan sendiri? Di masyarakat kita, memang ngaret ini sudah jadi penyakit berurat berakar yang sulit sekali dihilangkan.

Jangankan dengan teman, sama atasan saja masih berani untuk ngaret. Entah sadar atau tidak, perilaku tak tepat waktu ini sebenarnya bisa mencoreng nama baik. Kamu jadi terlihat tidak profesional dan kata-katamu tak bisa dipegang.

Mulai dari sekarang yuk ubah kebiasaan buruk. Jika tiap individu sadar untuk berubah, maka tinggal tunggu waktu saja, masyarakat kita jadi tak terkenal lagi dengan perilaku di atas.

Baca Juga: Swiss-Belhotel Lampung Ultah ke-4, Usung Beragam Promo Menarik 

Artikel ini pertama kali ditulis oleh L A L A di IDN Times Community dengan judul 5 Kebiasaan Buruk Khas Orang Indonesia yang Harus Dibuang

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya