Comscore Tracker

Setajam Silet! 5 Kalimat Jangan Sampai Kamu Katakan Kepada Siapa pun

Bisa bikin sakit hati, lho ...

Menyakiti perasaan sesama melalui tindakan dan ucapan akan lebih baik kamu hindari. Di sisi lain, terkadang kita sendiri tidak menyadari telah menyakiti perasaan orang lain lewat perkataan yang menyakitkan.

Kita mungkin berdalih tidak ada niatan untuk menyakiti, nyatanya ada lima kalimat yang bisa menyakiti perasaan orang lain apa pun konteksnya.

Penasaran kalimat apakah itu? Berikut ialah lima kalimat yang gak boleh kamu katakan kepada siapa pun.

1. "Kamu lebay banget sih"

Setajam Silet! 5 Kalimat Jangan Sampai Kamu Katakan Kepada Siapa punUnsplash.com/DavidPreston

Masing-masing manusia memiliki pandangan dan reaksi yang berbeda-beda terhadap perkataan. Namun kesamaannya, setiap manusia pasti sama-sama merasa sakit hati ketika dinilai 'lebay' atau berlebihan oleh orang lain. Mungkin menurut kita memang dia terlalu berlebihan, tetapi apa yang kita katakan juga tidak pantas. Jadi kurangi, ya menilai seseorang dengan kata 'lebay'.

2. "Kalau cuma begitu aku juga bisa"

Setajam Silet! 5 Kalimat Jangan Sampai Kamu Katakan Kepada Siapa punUnsplash.com/JasonStrull

Setiap orang memiliki batas kemampuan dan usahanya masing-masing. Kita tidak dapat melihat seseorang berdasarkan hasilnya. Namun yang semestinya dilihat adalah totalitas dan effort yang dia berikan dalam berusaha. Jangan sampai kamu mengatakan atau mengindikasikan bahwa kamu jauh lebih baik dari seseorang dengan kalimat yang menyudutkan. Seperti "Kalau cuma begitu aku juga bisa," contohnya.

Baca Juga: Setop Obrolkan 5 Kalimat Ini, Bisa Bikin Teman Kamu Kesal

3. "Begitu aja, kok nangis"

Setajam Silet! 5 Kalimat Jangan Sampai Kamu Katakan Kepada Siapa punUnsplash.com/DaryaTryfanava

Hargai sisi emosional orang lain dengan cara menenangkannya dikala emosinya sedang tidak terkendali. Kamu tidak boleh men-judge sisi emosionalnya dengan kalimat yang menyudutkan atau bahkan merendahkan. Ketika kamu melihat orang di sekitarmu menangis, maka bantulah dia untuk bangkit. Bukan kamu sudutkan dengan kalimat yang tak pantas.

4. "Kamu memang enggak layak"

Setajam Silet! 5 Kalimat Jangan Sampai Kamu Katakan Kepada Siapa punUnsplash.com/CalebWoods

Kita semua berhak menilai orang lain berdasarkan sudut pandang kita masing-masing. Tapi kita juga tidak berhak untuk mengkritik secara 'frontal' dengan mengatakan layak atau tidaknya seseorang. Hindari kalimat yang dapat mendiskreditkan orang lain agar kamu juga lebih dihargai. Jangan sampai, hanya karena ingin mengutarakan pendapat, kamu jadi dikucilkan.

5. "Kamu membebani banget"

Setajam Silet! 5 Kalimat Jangan Sampai Kamu Katakan Kepada Siapa punUnsplash.com/PriscillaDuPreez

Siapa sih yang nggak merasa sakit hati ketika dianggap sebagai beban? Jangan sampai kamu mengatakan hal seperti ini di depan orang lain, ya! Kamu mungkin merasa jengkel dan marah karena orang lain tidak dapat melakukan sesuatu seperti perintah kamu. Tetapi, ada baiknya kata-kata yang kamu lontarkan adalah usaha untuk memperbaiki kondisi, bukan justru merusaknya.

Itulah kelima kalimat buruk yang tak boleh kamu katakan kepada siapa pun. Semoga bermanfaat ya!

Baca Juga: Jangan Ucapkan 5 Kalimat Ini ke Ibu Rumah Tangga, Pilu!

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Muhammad Imam Maulana di IDN Times Community dengan judul Tajam, 5 Kalimat Ini Jangan Sampai Kamu Katakan Kepada Siapa pun!

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya