Comscore Tracker

Doa saat Dalam Kesulitan, Jangan Pernah Menyerah Ya

Berdoa dan berserah diri pada Allah adalah jawabannya

Sudah bukan rahasia lagi jika doa merupakan salah satu cara manusia berkomunikasi dengan Allah SWT. Mulai dari bersyukur, memohon ampunan hingga meminta pertolongan semua disampaikan melalui doa.

Untuk itu, umat muslim dianjurkan agar selalu senantiasa berdoa dan melibatkan Allah SWT dalam setiap langkah kehidupan. Sebab, Allah Yang Maha Kuasa-lah yang menentukan takdir hidup manusia.

Termasuk juga saat kita berada dalam kesulitan bahkan bingung harus berbuat apa. Ketika semua usaha terbaik sudah dikerahkan, maka berdoa dan berserah diri pada Allah adalah jawabannya.

Rasulullah SAW pun pernah mengajarkan beberapa bacaan doa dalam menghadapi kesulitan. Berikut di antaranya:

Baca Juga: Simak Kumpulan Doa Sehari-hari, Mudah dan Bisa Dihafalkan Lho

1. Doa Rasulullah agar terhindar dari kesulitan hidup

Doa saat Dalam Kesulitan, Jangan Pernah Menyerah YaIDN Times/Rizka Yulita

Dilansir dari ltnnujabar.or.id, dalam sebuah hadis riwayat dari Imam Thabrani, disebutkan bahwa Rasulullah SAW pernah mengajarkan sebuah doa kepada putrinya, Fatimah. Doa tersebut merupakan permohonan kepada Allah SWT agar terhindar dari kesusahan dan kesulitan hidup.

Dapat dibaca setiap hari pada pagi dan sore, berikut adalah bacaan doanya:

يَا حَيُّ يَا قَيُّومُ بِرَحْمَتِكَ أَسْتَغِيثُ، أَصْلِحْ لِي شَأْنِي كُلَّهُ، وَلَا تَكِلْنِي إِلَى نَفْسِي طَرَفَةَ عَيْنٍ

Yaa hayyu, yaa qayyuum, birahmatika astaghiitsu, ashlihli syani kullah wa laa takilni ilaa nafsi tharfata ‘ain

Artinya: “Wahai Dzat yang Maha hidup, Wahai Dzat yang terus menerus mengurus makhluk-Nya, dengan rahmat-Mu aku meminta pertolongan. Perbaikilah seluruh urusanku dan janganlah Engkau serahkan kepadaku meski hanya sekejap mata.”

2. Doa Rasulullah agar terlepas dari kesedihan dan utang-piutang

Doa saat Dalam Kesulitan, Jangan Pernah Menyerah YaIlustrasi Berdoa (IDN Times/Sunariyah)

Salah satu kesulitan yang seringkali dialami manusia dalam hidup adalah masalah ekonomi. Tak jarang, utang menjadi jalan pintas yang ditempuh.

Ternyata, utang juga mampu membuat seseorang merasa bingung dan sedih lantaran tidak mampu melunasinya. Padahal, sampai kapanpun utang harus dilunaskan kecuali bila dibebaskan oleh peminjamnya, bahkan urusan utang akan berlanjut di akhirat apabila tidak selesai di dunia.

Berbagai macam ikhtiar tentu harus dilakukan agar segera bisa melunasi utang, termasuk berdoa. Salah satunya adalah dengan doa yang pernah diajarkan Rasulullah SAW.

Dikutip dari nu.or.id, doa ini diajarkan oleh Rasulullah SAW kepada seorang sahabat Anshar, sebagaimana yang diriwayatkan Abu Dawud berikut ini:

Disebutkan oleh Abu Sa‘id al-Khudri, pada suatu hari, Rasulullah SAW masuk ke masjid. Ternyata di sana sudah ada seorang laki-laki Anshar yang bernama Abu Umamah. Beliau kemudian menyapanya, “Hai Abu Umamah, ada apa aku melihatmu duduk di masjid di luar waktu shalat?”

Abu Umamah menjawab, “Kebingungan dan utang-utangku yang membuatku (begini), ya Rasul.” Beliau kembali bertanya, “Maukah kamu jika aku ajarkan suatu bacaan yang jika kamu membacanya, Allah akan menghapuskan kebingunganmu dan memberi kemampuan melunasi utang?”

Umamah menjawab, “Tentu, ya Rasul.” Beliau melanjutkan, “Jika memasuki waktu pagi dan sore hari, maka bacalah:”

 اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْجُبْنِ وَالْبُخْلِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ غَلَبَةِ الدَّيْنِ، وَقَهْرِ الرِّجَالِ

Allâhumma innî a‘ûdzu bika minal hammi wal hazan. Wa a‘ûdzu bika minal ‘ajzi wal kasal. Wa a‘ûdzu bika minal jubni wal bukhl. Wa a‘ûdzu bika min ghalabatid daini wa qahrir rijâl

Artinya: “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kebingungan dan kesedihan, aku berlindung kepada-Mu dari kelemahan dan kemalasan, aku berlindung kepada-Mu dari ketakutan dan kekikiran, aku berlindung kepada-Mu dari lilitan utang dan tekanan orang-orang.”

Abu Umamah menuturkan, “Setelah aku mengamalkan doa itu, Allah benar-benar menghilangkan kebingunganku dan memberi kemampuan melunasi utang.”

3. Doa Nabi Yunus AS ketika diberi cobaan

Doa saat Dalam Kesulitan, Jangan Pernah Menyerah YaIlustrasi (ANTARA FOTO/Basri Marzuki)

Selain doa dalam menghadapi kesulitan yang diajarkan Rasulullah SAW, kita juga dapat mengamalkan doa Nabi Yunus AS ketika diberi cobaan yakni ditelan ikan paus.

Doa Nabi Yunus merupakan bentuk pengakuan manusia atas dosa-dosa yang pernah dilakukan serta mengakui kekuatan Allah SWT sebagai Tuhan yang Maha Esa.

Doa ini merupakan doa yang kerap dibaca oleh para ulama. Biasanya, doa ini dibaca sebanyak 40 kali usai salat subuh tanpa putus, atau setiap hari berzikir dan membaca doa ini sebanyak 1000 kali sebagai permohonan ampun dan bekal di akhirat.

Adapun bacaan doanya ialah sebagai berikut:

لَا إِلَٰهَ إِلَّا أَنْتَ سُبْحَانَكَ إِنِّي كُنْتُ مِنَ الظَّالِمِينَ

Lailaha illa Anta subhanaka inni kuntu minadhdhalimin

Artinya: "Tidak ada Tuhan selain Engkau. Maha Suci Engkau, sesungguhnya aku adalah termasuk orang-orang yang zalim." 

Baca Juga: 5 Doa Meminta Jodoh, Hati Jadi Tenang dan Gak Perlu Galau

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya