TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Alasan Orang Berkualitas tidak Pernah Berusaha Menonjolkan Diri

Mereka lebih berfokus pada kualitas kerja

ilustrasi sosok disiplin (pexels.com/Yan Krukau)

Terkadang manusia ingin menunjukkan eksistensinya di lingkungan sosial. Tujuannya, menegaskan diri sebagai sosok manusia berkarakter positif.

Sampai tanpa sadar berlomba-lomba menonjolkan diri di depan umum secara berlebihan. Sayangnya, hal ini tidak diimbangi dengan kemampuan yang mumpuni.

Tentu kita harus berlapang hati belajar dari sosok manusia berkualitas. Meskipun memiliki kemampuan mumpuni, tapi tidak pernah berusaha menonjolkan diri secara berlebihan.

Apalagi sampai menjatuhkan orang lain. Berikut alasan orang berkualitas justru tidak tertarik menonjolkan diri.

1. Fokus pada pembelajaran dan pertumbuhan

ilustrasi perempuan tegas (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Melihat orang yang berusaha menonjolkan diri secara berlebihan memang bikin muak. Apalagi sampai berusaha menjatuhkan orang lain hanya untuk memperlihatkan sisi keunggulan dalam diri.

Padahal, orang yang benar-benar berkualitas tidak pernah berusaha menonjolkan diri secara berlebihan. Mereka lebih memilih berfokus pada pembelajaran dan pertumbuhan.

Baginya, pujian atau pengakuan orang lain tidak menjadi prioritas utama. Mereka tahu usaha akan tercermin dalam kualitas pekerjaan mereka dan pertumbuhan pribadi, bukan validasi sosial.

2. Tahu betul cara menyesuaikan diri di lingkungan sosial

ilustrasi lingkungan sosial (pexels.com/Kampus Production)

Apakah kamu sudah memahami definisi kesuksesan dengan baik? Atau hanya mengukur kesuksesan berdasarkan materi dan validasi sosial?

Namun sayangnya, banyak orang yang terjebak dalam perspektif demikian. Perlu dicatat, sosok manusia berkualitas tidak pernah menonjolkan diri secara berlebihan.

Bagi mereka, kesuksesan harus diimbangi dengan kemampuan menyesuaikan diri di lingkungan sosial. Sosok berkualitas lebih fokus pada upaya bersama untuk mencapai tujuan daripada menonjolkan diri secara individual.

Baca Juga: 7 Cara Menjaga Semangat di Tengah Situasi Sosial Melelahkan

3. Lebih fokus pada kualitas kerja konsisten

ilustrasi orang bekerja (pexels.com/Yan Krukau)

Pada kenyataannya masih ada orang berusaha menonjolkan diri secara berlebihan. Mereka ingin menunjukkan eksistensi dengan cara membuat sensasi.

Tanpa disadari, orang-orang berkualitas sangat menghindari menonjolkan diri secara berlebihan. Tentu ada alasan logis di baliknya.

Orang-orang berkualitas lebih memilih fokus pada kualitas kerja yang konsisten. Kinerja mereka yang unggul biasanya sudah cukup untuk dikenali tanpa perlu melakukan upaya tambahan untuk menonjolkan diri. Apalagi sampai menciptakan sensasi menjatuhkan wibawa.

Verified Writer

Mutia Zahra

Be grateful for everything

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya