TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Alasan Mengapa Kamu Harus Berani Keluar dari Zona Nyaman

Jangan terlau nyaman dengan zonamu

ilustrasi memegang buku (pexels.com/George Milton)

Zona nyaman adalah tempat di mana kamu merasa aman, nyaman dan tidak ada tantangan atau risiko. Namun, zona nyaman juga bisa menjadi jebakan menghambat kamu untuk tumbuh dan berkembang secara pribadi dan profesional.

Inilah lima alasan mengapa kamu harus berani keluar dari zona nyaman dan menjajal hal-hal baru.

1. Kamu akan bangun dengan semangat

ilustrasi tidur (unsplash.com/cottonbro studio)

Salah satu alasan mengapa kamu harus keluar dari zona nyaman adalah karena kamu akan merasakan semangat berbeda dalam menjalani hari-hari kamu. Kamu tidak akan merasa bosan, lelah, atau tidak termotivasi lagi. Kamu akan merasa tertantang, bersemangat, dan memiliki tujuan dalam hidup kamu.

Cara untuk keluar dari zona nyaman dalam hal ini adalah dengan menetapkan sasaran atau tujuan yang menantang dan bermakna bagi kamu. Kamu juga bisa mencari inspirasi dari orang-orang telah berhasil keluar dari zona nyaman mereka dan mencapai hal-hal luar biasa.

Baca Juga: 5 Penyebab Reaktansi Psikologis Saat Diperintah, Marah?

2. Lebih yakin dengan diri sendiri

ilustrasi tertawa (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Alasan lain mengapa harus keluar dari zona nyaman adalah karena kamu akan lebih yakin dengan diri sendiri. Kamu tidak akan merasa nyaman dengan kemampuan dan pengetahuan dimiliki.

Kamu akan berusaha untuk belajar hal-hal baru berhubungan dengan minat atau karier. Kamu juga akan mencari mentor atau pelatih bisa membimbing dan memberi masukan kepada kamu.

Dengan begitu, kamu akan lebih siap untuk menghadapi situasi atau tantangan baru membutuhkan keterampilan atau pengetahuan berbeda. Kamu juga akan lebih percaya diri untuk menunjukkan kemampuan dan potensi kamu kepada orang lain.

3. Akan berkembang

ilustrasi menulis (pexels.com/SHVETS production)

Alasan selanjutnya mengapa harus keluar dari zona nyaman adalah karena kamu akan berkembang dalam aspek-aspek tertentu dalam hidup. Kamu tidak akan merasa puas dengan apa yang sudah dicapai atau miliki. Kamu akan berusaha untuk meningkatkan diri atau mencari peluang baru.

Cara untuk keluar dari zona nyaman dalam hal ini adalah dengan mengevaluasi diri dan menentukan area-area ingin kamu kembangkan atau perbaiki. Kamu juga bisa mencari tantangan atau proyek baru bisa meningkatkan produktivitas dan kreativitas kamu.

4. Akan lebih terbuka

ilustrasi remaja (pexels.com/Andy Barbour)

Alasan berikutnya harus keluar dari zona nyaman adalah karena kamu akan lebih terbuka terhadap hal-hal tidak sesuai dengan rutinitas atau preferensi. Kamu tidak akan merasa takut atau ragu untuk mencoba hal-hal baru belum pernah dilakukan sebelumnya.

Cara untuk keluar dari zona nyaman dalam hal ini adalah dengan mengatakan “ya” lebih sering kepada hal-hal positif dan bermanfaat bagi kamu. Kamu juga bisa mencari cara-cara untuk keluar dari rutinitas harian, seperti mengubah jadwal, tempat, atau metode kerja kamu.

Baca Juga: 5 Alasan Tertawa Dapat Menjadi Cara Efektif Menikmati Hidup

Verified Writer

Muhamad Aldifa

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya