Comscore Tracker

Hidup Tenang, 5 Sifat Baik Ini Bikin Pikiran dan Hatimu Tenteram

Kamu jadi terbiasa kalem dalam menghadapi berbagai hal

Kunci utama untuk memiliki hidup damai dan tenteram sebenarnya terletak pada sifat dan sikapmu menghadapi berbagai hal. Sifat-sifat baik kamu miliki dengan sendirinya akan menuntunmu untuk berperilaku yang baik juga. 

Tidak hanya menenteramkan hati dan pikiran, memiliki sifat baik dalam diri juga membuat hidupmu jadi ikutan tenang dan adem dalam menjalaninya. Beberapa sifat baiknya ada dalam pembahasan di bawah ini, simak dan jagalah baik-baik kalau kamu sudah memilikinya, ya!

1. Bijak dalam menyeleksi kritik patut didengar dan tidak

Hidup Tenang, 5 Sifat Baik Ini Bikin Pikiran dan Hatimu Tenteramilustrasi bicara (pexels.com/George Milton)

Sifat baik membuat pikiran dan hatimu tenang ialah kebijakanmu dalam menyeleksi kritik patut didengar dan tidak. Siapapun lawan bicaramu, kamu tahu kritik yang mereka berikan harus kamu dengarkan atau diabaikan dan anggap sebagai angin lalu saja. 

Sifat sangat baik untuk dimiliki tapi juga butuh proses latihan untuk bisa menanamkannya di dalam dirimu. Karena mengabaikan kritik buruk orang lain tidaklah mudah. Kamu harus cuek daripada terbawa emosi dan overthinking dengan ucapan mereka. 

2. Sepenuh hati memaafkan orang lain

Hidup Tenang, 5 Sifat Baik Ini Bikin Pikiran dan Hatimu Tenteramilustrasi bicara (pexels.com/Mental Health America)

Sifat baik lainnya yang membuat pikiran dan hatimu tenang ialah jika kamu selalu sepenuh hati dalam memaafkan orang lain. Sifatmu ini menjauhkanmu dari penyakit hati seperti dendam akan membuat perasaan dan hidupmu tidak tenang. 

Kalau memang kesalahan orang itu masih bisa kamu toleransi dan maafkan maka kamu akan memaafkannya tanpa menyisakan dendam sedikit pun. Menjaga hatimu untuk tetap bersih dari segala amarah dan luka yang menyakiti. 

Baca Juga: Zodiak Ini Dikenal Paling Bersahaja dan Rendah Hati, Kamu Termasuk?

3. Sabar mengendalikan emosional

Hidup Tenang, 5 Sifat Baik Ini Bikin Pikiran dan Hatimu Tenteramilustrasi stres (pexels.com/Cottonbro)

Sifatmu yang sabar dalam mengendalikan emosional juga membuat hidupmu tenang. Ketika terjadi sesuatu di luar dugaan dan memancing emosimu, kamu tidak lantas terbawa arus dan kehilangan kendali. 

Pada dasarnya emosi sangatlah berpengaruh ke kondisi hati dan pikiran kita. Jadi kalau kamu baik dalam mengontrol emosi dengan cara bersabar maka itu sudah merupakan kunci dari hidup yang tenang.

Karena pikiranmu jadi gak terbebani dengan prasangka buruk, dan hatimu pun jadi lebih cepat stabil dan terkendali kembali untuk bisa menyelesaikan masalah dengan bijak. 

4. Jujur dan terbuka di depan orangnya langsung

Hidup Tenang, 5 Sifat Baik Ini Bikin Pikiran dan Hatimu Tenteramilustrasi bicara (pexels.com/Thirdman)

Sifat baik keempat yang juga membuat pikiran serta hatimu tenteram ialah ketika kamu selalu jujur dan terbuka di hadapan orang yang bersangkutan denganmu langsung. Kenapa bisa membuat pikiran dan hati tenang? Karena keterbukaanmu itu membuatmu jadi gak memendam apapun. 

Kalau ada masalah langsung dikatakan di depan orangnya langsung, membahas permasalahan sampai selesai dan mencari solusi bersama. Hatimu juga tenteram karena kamu selalu jujur dengan perasaanmu terhadap orang lain.

Entah itu kecewa, senang, atau bahkan sakit hati. Kejujuran menciptakan kelegaan dan itulah yang membuat hidupmu jadi terasa tenang. 

5. Berjanji sewajarnya

Hidup Tenang, 5 Sifat Baik Ini Bikin Pikiran dan Hatimu Tenteramilustrasi teman (pexels.com/Diva Plavalaguna)

Sifatmu yang juga gak kalah baik dari yang lain adalah dirimu yang selalu berjanji sewajarnya. Gak muluk-muluk kalau buat janji dengan orang lain dan sebatas kemampuanmu saja, sehingga kamu pun gak kesulitan dalam menepati janji. 

Sifat satu ini sangat baik untuk dimiliki karena membuat hidupmu jadi gak dibebani janji dan berjalan sebagaimana mestinya. Kalau pun berjanji hal itu tidak memberatkanmu misalnya seperti mentraktir teman makan, membantu mengerjakan tugas atau yang lainnya. Pikiran dan hatimu pastinya selalu tenang dan santai kalau seperti ini, kan. 

Dari kelima sifat baik tadi, adakah yang kamu miliki? Kalau ada jagalah hal itu baik-baik, ya, karena sifat-sifat tadi membuat hidupmu jadi tenang dan enteng untuk dijalani. 

Baca Juga: 5 Tips and Trik Tingkatkan Rasa Percaya Diri untuk Kamu Si Pemalu

afifah hanim Photo Community Writer afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya