Comscore Tracker

Kamu Peduli Sanitasi? Yuk Daftar YSC Batch 2, Banyak Keuntungannya

Berpeluang garap ide project dan didukung dana besar! 

Bandar Lampung, IDN Times -Permasalahan sanitasi buruk saat ini merupakan hal sedang dihadapi serius dunia termasuk Indonesia. Mulai dari buang besar sembarangan, kebiasaan cuci tangan pakai sabun, tangki septik yang tidak kedap, pengelolaan sampah, sedot tinja yang tidak berkala dan ketersediaan air bersih.

Kondisi itu berpotensi menimbulkan bencana penyakit dan wabah seperti diare, cacingan, penyakit kulit hingga stunting. Hal tersebut tentunya harus segera diatasi mengingat dampak yang cukup signifikan terhadap kondisi sosial dan ekonomi masyarakat Indonesia dan demi tercapainya tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs).

Merujuk hal itu, komunitas sanitasi di Lampung, membuka Youth Sanitation Camp (YSC) batch 2. Itu adalah program pembelajaran bagi pemuda selama tiga bulan.

Tujuannya, memberikan pengetahuan dan pembelajaran terkait isu sanitasi dan perilaku kebersihan. "Sehingga pemuda mampu menyuarakannya dalam mendukung pencapaian SDGS point 6 "Clean Water and Sanitation," kata Khorik Istiana selaku Ketua YSC.

Baca Juga: Kreatif Suarakan Isu Sanitasi, Khorik Terima Penghargaan dari Belanda 

1. Syarat pendaftaran

Kamu Peduli Sanitasi? Yuk Daftar YSC Batch 2, Banyak KeuntungannyaUnsplash.com/shyshkina

Kamu yang berminat mengikuti acara ini, syaratnya usia 19 - 23 tahun. Lalu tertarik dengan isu SDGS dan Water Sanitation and Hygiene, berdomisili di Lampung, berjiwa relawan, berkomitmen dn aktif menggunakan internet wifi.

Keuntungan bisa kamu dapatkan setelah mengikuti YSC batch 2 ini adalah mendapatkan sertifikat dan surat rekomendasi, mendapatkan ganti biaya komunikasi dan suvenir.

Bahkan kamu bisa menjadi member YSC ketika program selesai. Selanjutnya, kamu juga berkesempatan magang di lembaga kemitraan YSC dan networking secara nasional.

"Dapat pelatihan terkait isu sanitasi dan isu lainnya yang terkait. Dan berkesempatan mendapatkan pembiayaan project ide dengan total  12.500.000 Rupiah," kata Khorik, Senin (13/9/2021).

2. Kiprah YSC sejak 2018

Kamu Peduli Sanitasi? Yuk Daftar YSC Batch 2, Banyak KeuntungannyaProses pembangunan toilet, YSC bersama warga Gudang Agen (IDN Times,Istimewa)

Perlu kamu ketahui, YSC merupakan komunitas bergerak di bidang sanitasi sejak Oktober 2018. YSC banyak berkampanye menyebarkan isu sanitasi lewat media sosial seperti podcast, infografis, webinar dan seminar online untuk mengajak anak muda peduli sanitasi.

Menurut Khorik, pemuda merupakan agen perubahan yang bisa turut andil dalam pembangunan, tak terkecuali bidang sanitasi yang diharapkan menjadi SDM berkualitas.

"Serta mampu memberikan solusi terkait permasalahan yang terjadi. Salah satu langkah yang bisa ditempuh adalah bekerja sama sehingga dapat mencari dan memberikan solusi terbaik untuk melestarikan lingkungan," terangnya.

3. Hanya 25 pemuda terpilih

Kamu Peduli Sanitasi? Yuk Daftar YSC Batch 2, Banyak KeuntungannyaMember YSC (Instagram.com/ysc_id)

Khorik berharap, melalui YSC ini mampu memberikan pengetahuan dan gambaran mengenai persoalan sanitasi, meningkatkan motivasi peserta melalui cerita inspiratif yang dapat meningkatkan rasa tanggung jawab dan semangat.

"Kami ingin menumbuhkan kepedulian pemuda pemusibLampung terhadap isu sanitasi. Mengkader mereka yang tertarik isu sanitasi dan berpikir solutif serta berwawasan lingkungan," harapnya.

Menurutnya YSC sebagai wadah bagi pemuda di Provinsi Lampung untuk belajar, berlatih, dan mengaplikasikan ilmu sanitasi dalam rangka menginformasikan dan mencerdaskan masyarakat mengenai isu sanitasi.

"Informasi lebih lanjut terkait pendaftaran bisa menghubungi 088268260527. Atau daftar pada link bit.ly/daftarYSCbatch2 dari tanggal 10-20 September," terang Khorik.

Baca Juga: Kelola Sanitasi Air Limbah, Mahasiswa ITERA Sabet Juara Internasional

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya