Comscore Tracker

Aktivitas Tak Boleh Kamu Lakukan Saat Berkunjung ke Pameran Seni

Edukasi mengunjungi pameran semestinya ada di sekolah

Bandar Lampung, IDN Times - Pekan Kebudayaan Daerah Lampung 2022 telah berlangsung mulai 24 September hingga 1 Oktober 2022 di PKOR Way Halim Bandar Lampung. Dalam agenda tahunan Provinsi Lampung tersebut, banyak acara seni budaya dengan menggandeng lembaga independen seni Dewan Kesenian Lampung (DKL).

Kegiatan tersebut di antaranya adalah Pameran Seni Rupa, pemutaran film, lomba seni, pertunjukan tari, musik tradisional dan lainnya. Kegiatan ini terbuka untuk umum. Masyarakat pun bebas berkunjung selama jam operasional yakni pukul 08.00 hingga 17.00 WIB untuk hampir semua kegiatan, kecuali Pameran Seni yang buka hingga pukul 21.00 WIB.

Perupa Lampung sekaligus Anggota Seni Rupa Dewan Kesenian Lampung (DKL), Lila Ayu Arini sangat antusias terhadap kegiatan ini khususnya Pameran Seni Rupa yang saat ini sedang Ia dan timnya kerjakan. Hal itu dikarenakan pengunjung harian pameran mencapai 500 orang.

Meski demikian, ia banyak menyebutkan beberapa  hal yang sebenarnya tidak boleh dilakukan ketika datang ke pameran seni rupa namun masih banyak dilakukan oleh pengunjung. Yuk simak selengkapnya ulasan di bawah ini.

1. Menyentuh karya seni

Aktivitas Tak Boleh Kamu Lakukan Saat Berkunjung ke Pameran SeniPameran Seni Rupa Gelora 70. (IDN Times/Rohmah Mustaurida).

Lila mengatakan, dalam pelaksanaan Pameran Seni Rupa 2022 ini sebenarnya masih banyak kekurangan. Misalnya seperti belum adanya tali pembatas antara pengunjung dan karya. Lalu terbatasnya jumlah panitia di dalam gedung pameran.

“Dalam beberapa hal kita memang masih kurang, salah satunya dalam penjagaan karena SDM kita memang terbatas. Seperti ada salah satu karya instalasi yang terbuat dari uang mainan, kebetulan kami waktu itu sedang sibuk di (lantai) bahwa sehingga tak ada yang jaga di (lantai) atas. Ada uang mainan di bawah karya instalasi itu sebenarnya masih dalam satu karyanya. Tapi ketika panitia ke atas, uang yang berserakan di bawah itu sudah gak ada hilang semua,” katanya.

Lila mengaku sedih ada pengunjung yang telah mengambil bagian dari karya seni tersebut. Bahkan tak hanya mengambil, untuk memegang karya seni dalam pameran pun sebenarnya dilarang.

“Padahal kita sudah memberikan tulisan larangan menyentuh karya, tapi tetap banyak kita temui pengunjung yang pegang instalasi atau lukisan. Tapi memang sebenarnya di masyarakat kita belum ada juga edukasi ketika datang ke pameran,” ujarnya.

Baca Juga: Cerita Gen Z Lampung, Sudah Cinta Tapis Sejak Usia Dini

2. Membawa tas

Aktivitas Tak Boleh Kamu Lakukan Saat Berkunjung ke Pameran SeniPameran Seni Rupa Pekan Kebudayaan Daerah Lampung 2022. (IDN Times/Rohmah Mustaurida).

Dalam beberapa pameran seni khususnya lukisan dan pahat, Lila mengatakan membawa tas biasanya dilarang. Biasanya pameran akan menyediakan tempat penitipan tas atau ada pemberitahuan sebelumnya agar pengunjung tak membawa tas.

“Tapi di kita masih gak apa-apa. Nah membawa tas kenapa enggak boleh, soalnya berpeluang merusak karya seni. Misalnya saat foto-foto tasnya gak sengaja terkena lukisannya. Itu bisa merusak. Atau misalnya di dalam tas ada barang pecah belahnya,” katanya.

Oleh karenanya, ia sebenarnya berharap edukasi berkunjung ke pameran bisa didapatkan oleh siswa mulai dari tingkat SD hingga SMA agar mereka dapat mengetahui apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan.

3. Membawa makanan dan minuman

Aktivitas Tak Boleh Kamu Lakukan Saat Berkunjung ke Pameran SeniPameran Seni Rupa Pekan Kebudayaan Daerah Lampung 2022. (IDN Times/Rohmah Mustaurida).

Membawa makanan dan minuman tentu tidak diperkenankan saat berkunjung ke pameran. Lila mengatakan sama halnya seperti larangan membawa makanan dan minuman ke toko buku, dikhawatirkan makanan dan minuman itu secara tak sengaja terjatuh sehingga mengotori area pameran atau karya.

“Bahkan beberapa pameran ada yang tidak boleh berisik, ngobrol keras atau tertawa keras gitu. Jadi memang pameran ini murni digunakan untuk menikmati karya,” Imbuhnya.

4. Berfoto dengan karya

Aktivitas Tak Boleh Kamu Lakukan Saat Berkunjung ke Pameran SeniPameran Seni Rupa Pekan Kebudayaan Daerah Lampung 2022. (IDN Times/Rohmah Mustaurida).

Terakhir adalah berfoto dengan karya. Sama seperti aturan membawa tas, ada beberapa pameran melarang mengambil foto karya. Hal itu dikhawatirkan dapat disalah gunakan oleh oknum tak bertanggung jawab dengan menduplikat karya dan sebagainya.

“Tapi di pameran ini masih kita perbolehkan berfoto dengan karya. Asal tidak terlalu dekat sehingga tas atau sesuatu di tubuh kita menempel di karya dan takutnya bisa menggores karya,” ungkapnya.

Beberapa aturan yang masih dimaklumi dalam pameran ini, dikatakan Lila sebenarnya ada tujuannya. Ia dan DKL ingin masyarakat Lampung mengenal dulu apa itu “pameran”.

“Kita mau masyarakat ini mau dulu datang. Kalau terlalu ketat juga nanti mereka takut untuk datang. Itu yang enggak mau kita inginkan. Mudah-mudahan pameran ini jadi pengalaman buat mereka khususnya pelajar ya karena pengunjung kita banyak pelajar,” jelasnya.

Ternyata berkunjung ke pameran seni itu ada hal-hal harus kamu perhatikan ya guys. Apalagi karya seni dipamerkan itu bernilai tinggi.

Baca Juga: 100 Lukisan Dipamerkan di DKL PKOR Way Halim, Catat Tanggalnya

Topic:

  • Rohmah Mustaurida
  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya