Comscore Tracker

Cara Memutihkan Ketiak Gunakan 7 Bahan Alami Tersedia di Rumah

Mudah untuk dilakukan

Mengalami kondisi kulit ketiak hitam sering dialami beberapa orang. Hal ini dibiarkan begitu saja, bakal dapat mengganggu penampilan. Saat ada mengalami kondisi ini, cara umum untuk mengembalikan kecerahan ketiak, harus melakukan perawatan ke dokter kulit atau kecantikan.

Sejatinya,  ada lho beberapa bahan alami yang bisa kamu gunakan untuk memutihkan kulit ketiak. Tak hanya sekadar alami, bahan tersebut juga mudah ditemukan di rumah. Apa saja itu? Yuk, simak ulasannya berikut ini!

1. Lemon

Cara Memutihkan Ketiak Gunakan 7 Bahan Alami Tersedia di Rumahunsplash.com/Han Lahandoe

Lemon memiliki kandungan asam dari lemon serta sifat antiseptik dan antibakteri. Buah ini dipercaya dapat membantu mengikis sel kulit mati yang berada di bagian ketiak. 

Kamu bisa mengiris lemon terlebih dahulu, namun jangan sampai terlalu tipis! Kemudian, gosok perlahan ke ketiak dan diamkan selama 10 menit.

Setelah itu, bilas dengan air dingin dan keringkan. Ulangi kegiatan tersebut selama seminggu tiga kali untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

2. Mentimun

Cara Memutihkan Ketiak Gunakan 7 Bahan Alami Tersedia di RumahUnsplash.com/Louis Hansel @shotsoflouis

Mentimun merupakan salah satu bahan alami yang dikenal dapat mencerahkan kulit, termasuk kulit ketiak. Tidak hanya mencerahkan, irisan mentimun yang ditempelkan atau dioleskan pada permukaan kulit, juga dapat membuat kulit menjadi lebih segar dan sehat.

Untuk melakukannya, coba gosok irisan timun ke ketiak secara lembut dan diamkan selama 15 menit. Kemudian, bilas dengan air dingin dan lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

3. Kentang

Cara Memutihkan Ketiak Gunakan 7 Bahan Alami Tersedia di Rumahunsplash.com/Lars Blankers

Sifat anti-iritasi yang dimiliki kentang, ternyata memiliki beragam manfaat yang baik bagi kulit. Salah satunya adalah mampu menyamaratakan warna kulit dan menjadi pemutih alami bagi ketiak yang hitam.

Caranya, peras kentang yang sudah diparut hingga mengeluarkan air. Kemudian, oleskan air tersebut ke ketiak dan diamkan selama 10 menit. Jika sudah selesai, bilas dengan air dingin dan keringkan.

4. Kulit jeruk

Cara Memutihkan Ketiak Gunakan 7 Bahan Alami Tersedia di Rumahunsplash.com/Kaitlynchow

Jangan terburu-buru membuang kulit jeruk setelah selesai memakan buah berwarna oranye ini! Ternyata, kulit jeruk memiliki kandungan yang baik bagi kulit dan dipercaya dapat memutihkan ketiak hitam. 

Campurkan satu sendok makan susu, satu sendok air mawar, dan beberapa kulit jeruk yang diparut. Gosok campuran tersebut ke ketiak dengan lembut dan biarkan selama 15 menit.

Jika sudah, bilas dengan air dingin. Lakukan sebanyak dua hingga tiga kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Baca Juga: 5 Bahan Alami Ini Bisa Mencerahkan Kulit Leher, Caranya Gampang

5. Lidah buaya

Cara Memutihkan Ketiak Gunakan 7 Bahan Alami Tersedia di Rumahpixabay.com/mozo190

Kandungan aloesin dalam gel lidah buaya, bermanfaat untuk menghambat pembentukan enzim yang menyebabkan pigmentasi kulit. Dengan menggunakan bahan yang satu ini, kamu bisa mencerahkan ketiak yang gelap sekaligus mencegah adanya iritasi pada kulit.

Untuk melakukannya, oleskan gel lidah buaya ke ketiak dan diamkan hingga 15 menit. Setelah selesai, bilas air dingin dan ulangi dua sampai tiga kali dalam seminggu.

6. Kunyit

Cara Memutihkan Ketiak Gunakan 7 Bahan Alami Tersedia di Rumahpixabay.com/Stevepb

Kunyit dikenal sebagai bahan alami yang dapat mencerahkan wajah, meratakan warna kulit, dan memudarkan bintik hitam. Bahkan, bahan ini dapat digunakan untuk mencerahkan ketiak. Sifat antibakteri yang terkandung di dalamnya, dapat menghilangkan bau tak sedap.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, campurkan dua sendok makan jus lemon dengan kunyit dan aduk hingga menjadi pasta. Lalu, oleskan campuran tersebut secara merata ke ketiak dan bilas dengan air hangat setelah didiamkan selama 30 menit.

7. Minyak zaitun

Cara Memutihkan Ketiak Gunakan 7 Bahan Alami Tersedia di Rumahpexels.com/Pixabay

Untuk mengembalikan kecerahan kulit ketiak, kamu bisa mencampurkan minyak zaitun dengan gula dan oleskan campuran tersebut pada ketiak. Gosok ketiak secara lembut selama satu hingga dua menit.

Lalu, diamkan lima menit sebelum dibilas dengan air hangat. Campuran minyak zaitun dan gula diyakini dapat mengangkat sel kulit mati yang telah menumpuk dan mengakibatkan kulit berwarna gelap.

Bahan di atas sudah pasti sangat mudah ditemukan di dalam rumah, bukan? Jadi, jangan lupa untuk mempraktikkannya, ya!

Baca Juga: 5 Tips Ampuh Menjaga Kelembapan Wajah Secara Alami, Makin Glowing!

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya