Comscore Tracker

Gak Bikin Kere! 4 Tips Bagi-Bagi Angpao Lebaran

Eits! Jangan langsung dihabiskan ya THR-nya

Jelang hari raya Idul Fitri, setelah terima gaji, kita juga mendapat tunjangan hari raya (THR). Eits, jangan langsung dihabiskan ya THR-nya karena kamu harus menyisihkan untuk angpao lebaran.

Tentu ada hukum tidak tertulis kalau kamu harus memberikan angpao atau dikenal dengan istilah salam tempel, khususnya ke ponakan atau kerabat kamu yang masih kecil. Belum lagi anak tetangga atau saudara-saudara yang lain.

Nah biar THR kamu tidak cepat habis alias tekor buat bagi-bagi angapo lebaran, yuk simak 4 tips berikut ini.

1. Hitung dulu berapa uang yang akan kamu keluarkan untuk angpao atau salam tempel

Gak Bikin Kere! 4 Tips Bagi-Bagi Angpao LebaranIDN Times/Ita Malau

Sebelum membagikan salam tempel atau angpao, kamu bisa menghitung dulu THR yang kamu dapatkan. Bisa saja karena kamu baru bekerja 6 bulan, maka yang THR yang kamu dapatkan adalah setengah dari gaji bulanan kamu.

Coba alokasikan THR kamu untuk pos anggaran yang lebih penting dulu, seperti membayar zakat fitrah, utang atau cicilan dan keperluan lainnya. Setelah itu baru kamu sisihkan THR kamu untuk angpao atau salam tempel.

Baca Juga: Curahan Hati Pegawai dan Serikat Buruh Lampung Menanti THR 2021

2. Tukar uang dengan pecahan kecil di bank saja!

Gak Bikin Kere! 4 Tips Bagi-Bagi Angpao LebaranUang pecahan Rp75 ribu edisi 75 tahun kemerdekaan Indonesia. bi.go.id

Jelang lebaran biasanya banyak yang menyediakan jasa penukaran uang pecahan kecil seperti Rp10 ribu, Rp20 ribu, Rp50 ribu hingga Rp75 ribu. Tentu ada biaya yang harus kamu keluarkan dengan menukar uang pada orang yang menyediakan jasa tukar uang tersebut.

Misal kamu menukar uang Rp1 juta dengan pecahan uang kecil Rp20 ribu, tentu kamu tidak serta merta mengeluarkan Rp1 juta tapi lebih, tergantung kesepakatan dengan penjual.

Tapi kamu bisa lebih hemat dan tidak perlu mengeluarkan biaya penukaran uang dengan menukarkan uang langsung di mitra Bank Indonesia yang dimulai sejak 12 April hingga 11 Mei 2021 dari pukul 09.00-14.00.

Kamu bisa cek selengkapnya di https://www.bi.go.id/id/publikasi/ruang-media/news-release/Pages/sp_239921.aspx

3. Bedakan memberi antara tetangga dan saudara

Gak Bikin Kere! 4 Tips Bagi-Bagi Angpao LebaranIlustrasi Bersalaman Lebaran (IDN Times/Sukma Shakti)

Perlu kamu perhatikan untuk tidak memberi uang kepada tetangga lebih banyak dari saudara atau keluarga kamu yang masih kecil. Kecuali kamu punya hubungan khusus atau tetangga kamu sering membantu kamu.

Nominal untuk tetangga bisa kamu anggarkan sekitar Rp5.000 atau Rp6.000 dalam bentuk lembar Rp2.000. Ingat, tidak semua tetangga atau anak tetangga harus kamu kasih, cukup yang kamu kenal atau berada dekat dari rumah kamu saja.

Sementara untuk kelaurga atau saudara, kamu bisa memberinya lebih. Jangan lupa perhatikan mana yang kiranya lebih membutuhkan salam tempel ya.

4. Buat angpao semenarik mungkin

Gak Bikin Kere! 4 Tips Bagi-Bagi Angpao Lebaranilustrasi salam tempel (pegipegi.com)

Biasanya anak kecil jauh lebih tertarik kepada desain atau motif dari angpao daripada nilai uang yang kamu berikan. Kamu bisa berkreasi dengan membentuk uang menjadi bentuk permen atau bentuk unik lainnya.

Kamu juga bisa membungkus snack atau permen dengan uang atau membungkus uang menjadi sebuah paket dengan mainan atau gantungan kunci hingga membelikan amplop bergambar kartun yang sedang populer dan bisa digunakan untuk anak perempuan atau laki-laki.

Begitulah tips bagi-bagi ampao lebaran yang bisa kamu coba nanti ketika lebaran tiba,semoga bermanfaat !

Baca Juga: Gaji dan Tunjangan Prajurit TNI, Sudah Tahu?

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya