TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Fakta UIN RIL Kembali Terima Penghargaan Green Metric UI

Mencoba membangun kesadaran mencintai lingkungan

radenintan.ac.id

Bandar Lampung, IDN Times - Lampung memiliki universitas negeri digadang-gadang sebagai kampus hijau. Adalah UIN Raden Intan Lampung (RIL). Itu memang terbukti merujuk area kampus yang sejuk dan ditumbuhi pepohonan rindang.

Tak salah jika kampus berlokasi di Jl. Letnan Kolonel H Jl. Endro Suratmin, Sukarame Bandar Lampung itu kembali mendapat penghargaan terkait pengelolaan lingkungan.
 Berikut IDN Times rangkum fakta selengkapnya.

Baca Juga: 2.169 Peserta Ikut Tes SKD CASN Kemenang, UIN RIL Sedia Ruang Isolasi

1. Konsisten penuhi greenmetric UI

(IDN Times/Istimewa)

Kali ini, UIN RIL mendapat penghargaan Certificate of Compliance dan Trees Rating dari UI GreenMetric World University Rangkings. Penghargaan diberikan langsung oleh Ketua UI GreenMetric Prof Riri Fitri Sari kepada Rektor UIN Prof Moh Mukri secara dalam jaringan.

"Kedua penghargaan itu karena UIN RIL dinilai konsisten dalam memenuhi enam kriteria UI GreenMetric dalam program keberlanjutan," kata Prof Riri, Rabu (17/11/2021).

2. UIN RIL harus tetap jadi contoh lingkungan berkelanjutan

Akses masuk ke kampus UIN Raden Intan Lampung dikelilingi pohon rindang(IDN Times/Silviana)

Prof Riri mengatakan, UIN Raden Intan Lampung sudah menjadi contoh dan harus tetap menjadi contoh untuk berkesinambungan dan lingkungan berkelanjutan. Menurutnya, ini juga sebagai (implementasi) rahmatan lil ‘alamin.

Pihaknya menambahkan, penyelenggaraan National Student Leaders on Sustainability Meeting (NSLSM) yang pertama  diselenggarakan di UIN RIL.

"Kegiatan tersebut mampu menginspirasi banyak pihak untuk membahas dan mengimplementasikan isu berkelanjutan," ujarnya.

3. Tak hanya peduli lingkungan tapi bangun kesadaran

Rektor UIN Lampung Prof Dr Moh Mukri (IDN Times/Istimewa)

Sementara itu, Rektor UIN menyampaikan ucapan syukur dan terima kasih atas penghargaan yang diberikan oleh UI GreenMetric. Menurutnya, UIN RIL tak hanya peduli lingkungan, tapi mencoba membangun kesadaran bersama untuk menjadi habit atau kebiasaan.

"Spirit ini harus kita tingkatkan, bukan hanya di kampus, tapi juga di masyarakat. UIN harus menjadi uswatun hasanah. Banyak yang menjadi distingsi UIN dalam pengelolaan kampus hijau berkelanjutan,” tuturnya.

Baca Juga: Kawal Isu Berkelanjutan, UIN Raden Intan Tuan Rumah 1st NSLSM 2021

Berita Terkini Lainnya