TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

6 Permainan Tradisional Jarang Dimainkan Anak-Anak, Rangku Alu? 

Lebih seru daripada main gadget

ilustrasi anak-anak bermain permainan tradisional (instagram.com/guru_esdeh)

Intinya Sih...

  • Engklek adalah permainan lompat-lompatan yang melatih keseimbangan dan konsentrasi, namun mulai ditinggalkan oleh anak-anak karena lebih suka main game di gadget.
  • Congklak adalah permainan strategi dan berhitung yang bisa dimainkan di dalam rumah, namun sekarang kalah populer dengan permainan digital.
  • Egrang, lompat tali, gundu, dan Rangku Alu adalah permainan tradisional lainnya yang jarang dimainkan oleh anak-anak pada era modern ini.

Di era modern ini, perkembangan teknologi telah membawa banyak perubahan dalam kehidupan sehari-hari, termasuk cara anak-anak bermain. Game di gadget lebih sering jadi pilihan dibandingkan permainan tradisional yang dulu sering kita mainkan.

Padahal, permainan tradisional punya banyak keseruan dan manfaat. Mereka bisa bikin anak-anak bergerak lebih aktif, melatih kreativitas dan juga mempererat persahabatan. Yuk, kita ingat-ingat lagi enam permainan tradisional yang sudah jarang dimainkan, pasti seru dan unik banget!

1. Engklek

ilustrasi anak-anak bermain permainan tradisional (instagram.com/guru_esdeh)

Engklek, atau sering disebut juga dengan "Taplak Gunung", adalah permainan lompat-lompatan yang seru banget. Kamu cukup menggambar kotak-kotak di tanah dan melompat dari satu kotak ke kotak lainnya dengan satu kaki.

Kalau ada banyak teman, permainan ini jadi makin seru dan ramai. Sayangnya, sekarang anak-anak lebih banyak main game gadget, jadi engklek mulai ditinggalkan.

Padahal, main engklek bisa bikin anak aktif bergerak dan melatih keseimbangan tubuh. Selain itu, permainan ini juga bisa meningkatkan koordinasi dan konsentrasi.

Jadi, kalau kamu lagi bosan dan pengen main di luar, coba deh ajak anak-anak atau teman-temanmu untuk main engklek lagi! Pasti seru banget!

2. Congklak

ilustrasi anak-anak bermain permainan tradisional (instagram.com/guru_esdeh)

Congklak adalah permainan tradisional menggunakan papan dan biji-bijian. Kamu harus mengisi lubang-lubang di papan dengan biji secara strategis untuk memenangkan permainan. Sayangnya, sekarang congklak mulai ditinggalkan dan kalah populer dengan permainan digital.

Padahal, main congklak itu bisa melatih kemampuan berhitung dan strategi. Selain itu, permainan ini juga bisa dimainkan di dalam rumah, jadi gak perlu khawatir kalau cuaca lagi gak mendukung. Jadi, coba deh ajak anak-anak, teman atau keluargamu untuk main congklak lagi, pasti seru!

Baca Juga: SMA YP Unila Terima Bantuan Grow Digital Education Konsep Ekskul By.U

3. Egrang

ilustrasi anak-anak bermain permainan tradisional (instagram.com/guru_esdeh)

Egrang adalah permainan tradisional membutuhkan keseimbangan dan ketangkasan. Kamu harus berjalan dengan menggunakan dua tongkat panjang. Permainan ini seru dan menantang, tapi sekarang sudah jarang banget dimainkan oleh anak-anak.

Padahal, main egrang bisa melatih keseimbangan dan kekuatan tubuhmu. Selain itu, permainan ini juga bisa jadi atraksi yang menarik kalau kamu sudah mahir. Jadi, kalau kamu pengin tantangan baru, coba deh main egrang lagi!

4. Lompat tali

ilustrasi anak-anak bermain permainan tradisional (instagram.com/guru_esdeh)

Lompat tali adalah permainan membutuhkan ketangkasan dan kecepatan. Kamu harus melompat melewati tali yang diputar oleh temanmu. Permainan ini seru dan bisa dimainkan di mana saja. Sayangnya, sekarang lompat tali mulai jarang dimainkan.

Padahal, main lompat tali itu bisa bikin kamu lebih sehat dan bugar. Selain itu, permainan ini juga bisa dimainkan sendiri atau bersama teman-teman. Jadi, yuk coba main lompat tali lagi, biar lebih aktif dan sehat!

5. Gundu

ilustrasi anak-anak bermain permainan tradisional (instagram.com/guru_esdeh)

Gundu adalah permainan menggunakan bola kecil dari kaca. Kamu harus melemparkan bola gundu untuk mengenai bola gundu lainnya. Permainan ini seru dan membutuhkan ketepatan. Sayangnya, sekarang anak-anak lebih suka main game di gadget daripada main gundu.

Padahal, main gundu itu bisa melatih ketepatan dan koordinasi tangan. Selain itu, permainan ini juga bisa dimainkan di mana saja, jadi gak butuh tempat khusus. Jadi, coba deh ajak teman-temanmu untuk main gundu lagi!

Verified Writer

Azizatul Mahfida Inayati

Selain suka nulis, juga suka ngonten IG : rumah_aksara01

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya