Comscore Tracker

Mudah! 5 Cara Membersihkan Kompor Gas Kotor dan Berkerak 

Jadi tampak seperti baru, deh

Kompor gas merupakan salah satu alat memasak yang umum digunakan oleh masyarakat luas. Keberadaan kompor gas saat ini sudah dirasa sangat penting. Namun, permasalahan utama yang sering terjadi adalah sulit dan malasnya merawat kompor gas hingga kemudian kotor serta berkerak. 

Untuk menghindari kompor gasmu menjadi tidak awet, berikut lima tips membersihkan kompor gas agar tampak seperti baru lagi. 

1. Larutan sabun pencuci piring 

Mudah! 5 Cara Membersihkan Kompor Gas Kotor dan Berkerak wikihow.life

Cara yang satu ini menjadi salah satu opsi paling mudah karena tentu saja kamu dapat menemukan sabun pencuci piring di dapur. Cara penggunaannya pun relatif mudah dan efektif, kamu dapat memilih untuk mengelapnya atau merendam komponen-komponen kompor, terkecuali bagian tungku di dalam larutan pencuci piring. Pastikan untuk mengelapnya kembali hingga kering, ya. 

2. Tepung terigu 

Mudah! 5 Cara Membersihkan Kompor Gas Kotor dan Berkerak thespruceeats.com

Noda paling membandel yang membuat kamu malas untuk membersihkannya adalah noda minyak. Noda ini sering kali menimbulkan bekas dan sulit untuk dihilangkan. Cara efektifnya adalah dengan menaburkan bagian yang terkena minyak menggunakan tepung terigu. Setelah itu usapkan bagian tersebut dengan lap. 

Baca Juga: Efektif dan Mudah! 5 Bahan Dapur Pengusir Semut di Rumah 

3. Jeruk nipis dan cuka apel

Mudah! 5 Cara Membersihkan Kompor Gas Kotor dan Berkerak Youtube/Chef Ricardo Cooking

Ingin cara yang lebih efektif lagi? Coba gunakan jeruk nipis sebagai medianya. Kamu hanya perlu memotong jeruk nipis menjadi dua bagian dan gosokan lah ke seluruh bagian kompor gas, khususnya untuk titik-titik di mana banyak noda membandel.

Serupa dengan jeruk nipis, penggunaan cuka apel pun hanya cukup dengan meneteskannya ke bagian yang membandel dan usapkan hingga benar-benar bersih. Dengan begitu, maka kompor gas akan tampak seperti baru lagi. 

4. Air panas

Mudah! 5 Cara Membersihkan Kompor Gas Kotor dan Berkerak peasi.com

Cara yang digunakan mungkin sedikit merepotkan, namun opsi ini lumayan berhasil dan efektif untuk kamu yang penasaran. Hanya dengan menggunakan air panas sebagai media untuk merendam komponen-komponen kompor gas, maka akan membuatnya tampak seperti baru lagi. Selain itu, kamu dapat menambahkan cairan berbusa untuk menghilangkan keraknya. 

5. Baking soda

Mudah! 5 Cara Membersihkan Kompor Gas Kotor dan Berkerak zmescience.com

Baking soda memang serasa menjadi bahan yang paling populer untuk membersihkan sesuatu, termasuk kompor gas. Kamu hanya perlu memasukkan dua sendok makan baking soda ke dalam satu liter air. Setelah itu, kamu dapat memulai untuk mengaplikasikan ke seluruh permukaan kompor gas. Setelah semuanya selesai, maka diamkan dan bersihkanlah dengan menggunakan lap basah. 

Nah, beberapa tips di atas dapat menjadi informasi menarik untukmu dalam membersihkan noda membandel dan berkerak pada kompor gas. Selamat mencoba!

Baca Juga: 5 Tips Mencairkan Bunga Es di Freezer, Mudah Banget!

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Tresna Nur Andini di IDN Times Community dengan judul 5 Tips Membersihkan Kompor Gas yang Kotor dan Berkerak, Mudah! 

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya