TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

3 Solusi Pelihara Hewan Tanpa Keluar Banyak Biaya, Bisa Dicoba!

Cara alternatif saat belum bisa berikan komitmen terbaik

ilustrasi seorang perempuan yang berfoto bersama anjingnya (pexels.com/Vitaly Gariev)

Intinya Sih...

  • Memelihara hewan memerlukan biaya dan waktu yang tidak semua orang sanggup
  • Alternatif lain untuk tetap peduli terhadap hewan adalah dengan street feeding anjing dan kucing liar
  • Memberikan sumbangan dana ke tempat penampungan hewan atau berkunjung ke cat cafe atau dog cafe sebagai solusi lainnya

Tidak dapat dimungkiri memiliki hewan peliharaan merupakan salah satu pelipur lara terbaik. Segala tingkah laku hewan yang menggemaskan dan sering kali diluar dugaan selalu berhasil menghadirkan keceriaan.

Oleh sebab itu, rasanya bukan sebuah hal yang mengherankan bila semakin banyak orang tertarik untuk memelihara hewan. Sayangnya, ada tanggung jawab yang perlu dipenuhi saat memutuskan untuk memelihara hewan.

Salah satu hal dirasa cukup memberatkan adalah biaya besar harus dikeluarkan setiap bulan. Selain itu, ada juga tuntutan meluangkan waktu untuk memperhatikan dan mengajak hewan bermain. Tentu tidak semua orang akan sanggup melakukannya.

Oleh sebab itu, bila kamu merasa belum mampu memenuhi tanggung jawab memelihara hewan, terutama dari segi biaya, sebaiknya tidak perlu memaksakan diri. Namun, jangan khawatir karena ada solusi mudah bisa kamu coba agar keinginan untuk memelihara hewan tetap terpenuhi. Cek penjelasannya di bawah ini, ya!

Baca Juga: 5 Solusi Kilat Memperbaiki Ritsleting Rusak, Pernah Coba?

1. Melakukan aktivitas street feeding untuk anjing dan kucing liar

Jika kamu adalah sosok penyayang hewan, tentu rasanya tidak tega melihat anjing atau kucing liar yang hidup di jalanan. Bagaimana tidak, kebanyakan dari mereka kondisinya begitu memprihatinkan karena tubuhnya kurus, selalu kelaparan, dan banyak pula yang menderita penyakit tertentu.

Ingin sekali membawa semuanya pulang dan memberikan perawatan terbaik, tetapi apa daya keadaan ekonomi dan faktor lainnya masih belum mendukung niat baik tersebut. Kendati demikian, kamu tidak perlu berputus asa.

Jika memang berniat menolong hewan yang kelaparan, kamu bisa mencoba aktivitas street feeding untuk anjing dan kucing liar kamu temui di jalan. Cukup dengan membawakan mereka makanan, kamu sudah berhasil menolong mereka untuk bebas dari rasa lapar di hari itu. Kegiatan ini pun tidak terikat, sehingga kamu dapat menyesuaikan dengan kemampuan pribadi.

2. Menyumbang ke tempat penampungan hewan

Seseorang yang memiliki kepedulian tinggi terhadap nasib hewan selalu memiliki niat untuk membantu memberikan kesejahteraan terhadap kehidupan hewan-hewan yang kurang beruntung. Namun demikian, dibutuhkan modal yang tidak sedikit untuk mewujudkan harapan tersebut.

Jika biaya yang dimiliki masih terbatas atau belum bisa mempersembahkan komitmen penuh untuk memelihara hewan terlantar, maka ada cara yang bisa dicoba, yaitu memberikan sumbangan dana ke tempat penampungan hewan.

Kamu bisa menyumbangkan sejumlah uang sesuai dengan kemampuan untuk membantu membiayai sebuah animal shelter, sehingga tempat tersebut dapat memberikan pelayanan yang lebih baik bagi hewan-hewan di dalamnya. Kamu juga dapat memilih untuk datang langsung, sehingga bisa sekalian berinteraksi dengan anjing atau kucing yang tinggal di sana. Hati tetap gembira meski tidak punya hewan peliharaan sendiri, bukan begitu?

Verified Writer

Ratna Kurnia Ramadhani

Sometimes a Vet, sometimes a writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya