TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

6 Rekomendasi Aquatic Flower untuk Percantik Kolammu, Bunganya Indah

Bisa ditaruh di pot air atau kolam ikan

aquatic flower (pixabay.com/KIMDAEJEUNG)

Intinya Sih...

  • Calla lily cocok ditanam di pinggiran kolam atau kolam dangkal, dengan daun panjang dan bunga putih.
  • Moneywort menghasilkan daun kecil berkilauan dan bunga kecil yang cantik, cocok untuk mempercantik kolam.
  • Aquatic flower hidup di air atau tanah basah, memiliki pesona tidak kalah menarik dari bunga darat.

Koleksi bunga tidak melulu ditanam di pot atau tertata rapi di kebun di belakang rumah. Beberapa jenis bunga justru hidup dengan baik di lingkungan penuh air. Jenis bunga tersebut dikenal sebagai aquatic flower.

Sesuai namanya, aquatic flower hidup dan tumbuh di dalam air. Bagi kamu ingin mengoleksi aquatic flower sebaiknya menyiapkan lokasi tempat tumbuhnya dulu. Bisa berupa pot yang berisi air atau kolam dengan ukuran yang cukup luas.

Untuk kamu yang sudah menyiapkan habitat yang cocok untuk koleksi bunga airmu, berikut ini adalah aquatic flower bisa dimanfaatkan untuk mempercantik kolammu. Apa saja?

1. Lotus

Bunga dengan kelopak berwarna merah muda cantik ini akan sangat indah ketika kamu letakkan dalam kolam. Daunnya yang tumbuh hingga ke atas air bisa memberi kesan tersendiri ketika dilihat dari kejauhan. Terlebih lagi, bunganya juga menjauh keluar dari air juga akan terlihat sangat indah meski dilihat dari jarak yang cukup jauh.

2. Apu-apu

Bunga air ini mungkin tidak terlihat menonjol apabila dibandingkan dengan lotus. Namun, jangan salah, tanaman air ini memiliki pesonanya sendiri. Daunnya yang melebar di bagian luar tumbuh secara menumpuk seperti kubis. Tidak heran apabila mereka disebut sebagai water lettuce dalam Bahasa Inggris.

Baca Juga: 6 Cara Praktis Menata Meja Belajar di Ruangan Sempit, Bikin Produktif

3. Water hawthorn

Water hawthorn juga disebut kerap sebagai cape-pondweed. Dijelaskan iNaturalist, tanaman memiliki nama ilmiah Aponogeton distachyos adalah tanaman asli Afrika Selatan. Bunga ini berasal dari provinsi Cape Town dan Mpumalanga di Afrika Selatan.

Meski tanaman ini hidup di air, akar mereka masih tertanam di tanah. Kemudian, batangnya akan tumbuh panjang dan daunnya akan mengambang di permukaan air. Bunganya tumbuh di batang berbentuk mirip Y atau V. Selain penampilannya yang menarik, bau dari water hawthorn ini juga sangatlah manis.

4. Eceng gondok

Tumbuhan satu ini sangat mudah untuk ditemukan di Indonesia. Batangnya yang menggembung di bagian pangkal dengan daun melebar membuat eceng gondok terlihat unik dan tidak biasa. Selain itu, tanaman ini juga bisa menghasilkan bunga biasanya berwarna ungu cerah atau dengan perpaduan putih.

Selain keindahan bunganya, eceng gondok juga termasuk salah satu tanaman aman untuk dimakan. Tanaman ini bahkan memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah sebagai sumber serat yang baik karena eceng gondok memiliki kandungan serat yang tinggi dan bermanfaat untuk sistem pencernaan.

5. Calla lily

Bunga calla lily suka hidup di lingkungan banyak air. Tanaman ini sangat cocok ditanam di pinggiran kolam atau kolam dengan air yang dangkal. Daunnya yang panjang dan lebar dipadukan dengan bunga berwarna putih dapat memberi kesan asri bagi kebun atau kolam kamu.

6. Moneywort

Bagi kamu yang tidak terlalu suka tanaman begitu berwarna, moneywort bisa jadi salah satu pilihan untuk menghias kolammu. Moneywort bisa memproduksi banyak daun kecil-kecil yang bisa terlihat berkilauan ketika terkena cahaya. Tidak hanya itu, aquatic flower ini juga bisa menghasilkan bunga kecil yang cantik.

Nah, itu dia enam rekomendasi bunga air bisa kamu gunakan untuk mempercantik kebun atau kolammu. Masing-masing bunga di atas membutuhkan air atau tanah yang basah untuk bertahan hidup. Mereka juga memiliki pesona tersendiri tentunya tidak kalah menarik dari bunga-bunga yang hidup di darat.

Baca Juga: 5 Referensi Merek Cotton Bud untuk Kebutuhan Sehari-hari 

Verified Writer

Ralda Maya Runita

The beauty and the science

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya