TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

10 Inspirasi Desain Eksterior Rumah Gaya Tudor untuk Properti Sewaan

Vila langsung punya ciri khas menonjol

Rumah tudor beraksen batuan (greatneighborhoodhomes.com)

Intinya Sih...

  • Vila tudor memiliki ciri medieval dan Renaissance, dengan fasad beratap pelana runcing, bercerobong asap, berdinding batu, dan balok kayu melintang.
  • Gaya tudor pertama kali diperkenalkan di Inggris pada abad ke-17, dibawa ke Amerika pada abad ke-19, dan kini dibangun kembali dengan paduan gaya kontemporer, modern, dan cottage.
  • Rumah tudor yang dimodifikasi dengan paduan gaya lain terlihat kekinian dan tetap menawan, membuat properti sewaan lebih menarik secara visual dan berpotensi mendatangkan cuan.

Kamu sedang ingin merenovasi rumah atau properti sewaan, tapi gak tahu mau pakai gaya apa? Mungkin menginginkan desain yang unik dan menonjol agar dapat menarik minat para penyewa, kan? N

ah, gaya desain tudor mungkin dapat menjadi salah satu pilihannya. Sebelum membahas lebih lanjut, mari kita bahas dulu definisi desain tudor. Rumah tudor memiliki ciri perpaduan gaya medieval dan Renaissance. 

Bentuk unik fasad bangunannya beratap pelana runcing yang bertumpuk, berjendela memanjang, bercerobong asap, berdinding batu, serta berbalok kayu melintang. Karena detail bangunannya yang rumit itulah, rumah gaya tudor disebut 'rumah mahal' dan banyak dibangun di area-area elit Amerika dan Inggris.

Gaya tudor pertama kali diperkenalkan di Inggris pada abad ke-17, namun baru dibawa ke Amerika sekitar abad ke-19. Kini gaya tudor dibangun kembali dengan beberapa twist.

Untuk menghilangkan kesan kuno yang sering muncul pada rumah tudor klasik, para arsitek memadukan gaya tudor dengan gaya lain, yaitu kontemporer, modern, dan cottage. Kebanyakan paduan gaya ini menghilangkan balok-balok kayu dan memakai plesteran untuk dinding eksteriornya.

Rumah tudor telah dimodifikasi tersebut terlihat kekinian dan tetap menawan. Berikut beberapa contoh desain eksterior rumah bergaya tudor dapat kamu jadikan inspirasi desain. Keep scrolling!

1. Rumah tudor klasik dengan warna cerah menghilangkan kesan 'berat' dan membuatnya lebih modern

2. Warna earth tone dan campuran kayu mentah pada rumah tudor ala English cottage ini membuat desainnya terlihat 'humble'

Baca Juga: 8 Kreasi Menarik dari Botol Bekas Bisa Kamu Buat Sendiri di Rumah

3. Rumah tudor kontemporer menghilangkan dinding batuan dan balok kayu, namun tetap mempertahankan atap pelana runcing

4. Aksen batuan pada titik vokal rumah tudor memecah visual eksterior menjadi tidak monoton

5. Pondok mungil bergaya tradisional tudor dengan tekstur dinding plester ala Venesia, cantik!

Baca Juga: 5 Ide Interior untuk Kamar Apartemen Tipe Studio, Betah Banget!

6. Gaya tudor modern ini memiliki desain asimetris dengan jendela raksasa, pastinya menghilangkan kesan gelap pada interior rumah

7. Rumah tudor klasik berdinding full batu alam terlihat masif, diimbangi dengan penutup jendela membuatnya lebih homey

8. European modern tudor dengan 'clean look' namun tetap mempertahankan ciri utama tudor pada atap dan cerobong asapnya

9. Lanskap berbunga indah melembutkan rumah tudor klasik berwarna gelap dan masif

10. Rumah tudor klasik umumnya dibuat tanpa teras yang luas di depan karena berasal dari negara dengan musim dingin

Rumah gaya tudor memiliki detail desain luar biasa menonjol. Biaya untuk membangunnya bisa jadi lebih mahal daripada desain gaya lainnya. Meskipun demikian, gaya ini memiliki keunikan yang membuat properti sewaan milikmu stand up dibanding kompetitor lainnya. Desain yang menarik secara visual tentunya akan lebih berpotensi mendatangkan cuan, kan?

Baca Juga: 5 Rekomendasi Ide Dekorasi Kamar Kos, Cocok untuk Jiwa Remaja

Verified Writer

Devia Sagita

Engineer.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya