Comscore Tracker

Terlalu Fatal! 5 Kesalahan Menghancurkan Kariermu dalam Sekejap

Pastikan dirimu menjauhinya, ya! #IDNTimesLife

Sebagai pegawai, kita akan selalu berupaya tidak membuat kesalahan dapat berdampak buruk terhadap tempat bekerja. Alasannya, berhubungan dengan pekerjaan itu gak main-main, mulai dari terkena sanksi, peringatan, hingga pemecatan.

Dan untuk itu, ada beberapa kesalahan yang saking fatalnya bisa menghancurkan kariermu dalam sekejap, lho. Mau tahu apa saja? Simak pembahasan berikut ini, ya.

1. Tidak hati-hati dalam memasukkan data hingga menyebabkan kerugian besar

Terlalu Fatal! 5 Kesalahan Menghancurkan Kariermu dalam SekejapIlustrasi data statistik(pexels.com/Oleg Magni)

Hanya orang-orang ahli dan teliti yang biasanya dipercayakan bekerja di bagian pengolahan data. Karena satu kesalahan bisa membawa dampak besar, apalagi kalau kamu salah memasukkan data hingga menyebabkan kerugian besar. Ganti rugi dan Kehancuran karier merupakan risiko yang harus ditanggung. Jadi hati-hati ya!

2. Bersikap tidak sopan ke relasi penting perusahaan

Terlalu Fatal! 5 Kesalahan Menghancurkan Kariermu dalam SekejapIlustrasi kerja(pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Terlepas dari apakah kamu melakukannya tanpa mengetahui kalau orang tersebut merupakan orang penting, atau kamu tetap melakukannya meski sudah tahu dia orang berpengaruh. Kariermu gak bakal bertahan, sebab kesalahan ini terlalu fatal.

Karena kalau dipikirkan secara logika saja, orang tersebut posisinya lebih penting bagi perusahaan tempatmu bekerja dibanding kamu pekerja biasa yang mungkin bisa digantikan dengan mudah oleh orang baru.

Baca Juga: Penuh Kekuatan dan Penghiburan, 12 Ucapan Turut Berduka Cita Kristen 

3. Melakukan hal tak senonoh pada rekan kerja lawan jenis

Terlalu Fatal! 5 Kesalahan Menghancurkan Kariermu dalam SekejapIlustrasi kerja(pexels.com/Andrea Piacquadio)

Memang benar kalau semua manusia punya ketertarikan pada lawan jenis, akan tetapi jika sampai melakukan kesalahan berupa tindakan tak senonoh pada rekan kerja lawan jenis, maka kesalahan tersebut sangat fatal.

Selain kariermu hancur salam sekejap, citra dirimu juga berubah menjadi buruk dan sulit untuk mencari kerja lagi. Karena selain skill, citra diri dan attitude itu penting banget dalam dunia kerja.

4. Bersekongkol untuk menjatuhkan atasan

Terlalu Fatal! 5 Kesalahan Menghancurkan Kariermu dalam SekejapIlustrasi bicara serius(pexels.com/August De Richelieu)

Kesalahan paling fatalnya ialah jika kamu terbukti bersekongkol dengan orang lain untuk menjatuhkan atasan. Entah kamu melakukannya atas dasar niat apa, dendam ataupun ingin mengambil alih jabatan, namun kesalahanmu tetap tidak bisa ditoleransi. Yang mana kalau mau naik jabatan ya berusaha dan kerja keras, jangan malah menjatuhkan dan berusaha merebut jabatan orang lain.

5. Melakukan pemalsuan dalam data diri

Terlalu Fatal! 5 Kesalahan Menghancurkan Kariermu dalam SekejapIlustrasi bos(pexels.com/August de Richelieu)

Melakukan pemalsuan data diri juga merupakan jenis kesalahan keempat yang gak kalah fatalnya. Kenapa seperti itu? Karena sengaja memalsukan diri sama saja dengan menipu tempatmu bekerja. Dan tindakan seperti itu sangat tak sopan dan menyalahi aturan, yang mana karier yang telah kamu bangun justru hancur dalam sekejap akibat kesalahanmu sendiri.

Jadi pastikan dirimu menjauhinya, ya! Lima kesalahan tadi fatal banget, dan dampaknya pun gak main-main karena bisa sampai menghancurkan kariermu dalam sekejap. 

Baca Juga: Bikin Bumil Makin Glowing! 10 Inspirasi Kebaya untuk Maternity Shoot

Artikel ini pertama kali ditulis oleh afifah hanim di IDN Times Community dengan judul 5 Kesalahan yang Menghancurkan Kariermu dalam Sekejap, Terlalu Fatal!

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya