TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

3 Tips Sikapi Kegagalan Raih Pekerjaan Impian untuk Fresh Graduate

Boleh sedih, tetapi jangan sampai menyerah, ya!

ilustrasi seorang perempuan yang sedang bersedih (pexels.com/Liza Summer)

Intinya Sih...

  • Mahasiswa harus siap menghadapi kegagalan meraih pekerjaan impian
  • Setelah kegagalan, teruslah berusaha mencari pekerjaan lain dan tingkatkan keterampilan
  • Jangan menyerah, persiapkan diri dengan matang untuk kesempatan yang lain

Banyak mahasiswa bekerja keras untuk belajar, mengikuti aneka ragam kegiatan sekiranya dapat menambah kemampuan, dan tentunya mempersiapkan mental tangguh. Usaha-usaha tersebut dilakukan dalam rangka mempersiapkan diri meraih pekerjaan impian yang bahkan sudah didambakan sejak kecil dulu.

Begitu sudah lulus nanti, besar harapan apa yang diinginkan dapat segera terwujud. Namun, ternyata meraih pekerjaan sesuai keinginan tidaklah semudah dibayangkan.

Persaingan yang ketat hingga beragam faktor lain dapat menjadi penghalang besar. Akhirnya, kenyataan pahit untuk merasakan kegagalan pun tidak terelakkan.

Tidak mudah untuk menghadapi situasi semacam itu. Kendati demikian, para fresh graduate perlu tahu cara menyikapi kegagalan meraih pekerjaan impian dengan beberapa tips berikut ini.

Baca Juga: 3 Risiko Menjadi Freelancer, Uji Batas Ketangguhan Mental

1. Berusahalah mencari pekerjaan lain untuk sementara waktu

Tidak dapat dimungkiri, kegagalan untuk meraih pekerjaan idaman memang membuat hati kecewa. Semangat pun meredup seketika dan rasanya tidak ada lagi energi untuk berjuang.

Namun, sesulit apa pun keadaan harus dijalani, kamu harus ingat ini bukanlah akhir dunia! Jika belum beruntung mendapatkan pekerjaan kamu inginkan, maka teruslah berusaha mencari pekerjaan lain untuk sementara waktu.

Setidaknya, hal ini dapat memberikanmu tambahan pengalaman, keterampilan, dan tentunya penghasilan yang tentu dapat menunjang kehidupanmu. Jauh lebih baik dari pada hanya berdiam diri di rumah dan meratapi keadaan, bukan begitu?

2. Sempatkan untuk terus belajar meningkatkan kualitas diri

Mengalami kegagalan untuk mendapatkan pekerjaan sesuai keinginan memang bukan hal yang bisa diremehkan. Pasalnya, ada banyak mimpi yang terlanjur digantungkan di sana dan kini seperti kehilangan arah.

Kalau sudah begini, rasanya seperti tidak ada lagi harapan untuk membangun kehidupan masa depan yang baik. Kendati tidak mudah, tetapi kamu pasti bisa melalui situasi yang sulit tersebut.

Supaya tidak terus merasa terpuruk, maka selalu sempatkan untuk tetap belajar meningkatkan kemampuan diri di sela-sela kesibukan melakoni pekerjaan sementara yang saat ini kamu miliki. Kelak saat kualitas diri sudah semakin unggul, tidak menutup kemungkinan kamu akan mendapatkan pekerjaan impian tersebut dengan proses yang jauh lebih mudah.

Jadi, jangan menyerah dulu karena tidak ada yang tidak mungkin, kan?

Verified Writer

Ratna Kurnia Ramadhani

Sometimes a Vet, sometimes a writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya