TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

4 Alasan Orang Sering Melamun saat Cemas Memikirkan Masa Depan

Ini dia beberapa alasannya

ilustrasi cewek melamun (pexels.com/ Anastasia Shuraeva)

Intinya Sih...

  • Ketidakpastian masa depan memicu kecemasan dan melamun, mengganggu pikiran dan menyebabkan ketakutan akan ketidakpastian.
  • Melamun adalah cara otak memproses kemungkinan skenario masa depan, memberikan ruang untuk mencari solusi, meskipun hanya memberikan pelarian sementara.
  • Melamun berfungsi sebagai mekanisme pertahanan untuk menghindari kenyataan yang tidak nyaman, terkait dengan overthinking dan analisis berlebihan tentang masa depan.

Dalam hidup memikirkan masa depan kerap membuat seseorang jadi cemas karena mudah terbebani pikiran. Hal ini karena tak bisa mengontrol diri untuk tidak memikirkannya.

Tentu hal ini bisa berimbas ke sikap yang lainnya, salah satunya yaitu melamun. Melamun sering terjadi ketika seseorang merasa cemas tentang masa depan.

Berikut empat alasan mengapa orang sering melamun saat merasa cemas memikirkan masa depan:

1. Menghadapi ketidakpastian

Ketidakpastian tentang masa depan dapat memicu kecemasan. Apalagi hal ini selalu bikin penasaran seseorang.

Akankah semua sesuai harapan atau tidak? Bahkan ketakutan akan ketidakpastian ini bisa menganggu. 

Melamun bisa menjadi cara bagi otak untuk mencoba memproses berbagai kemungkinan skenario yang mungkin terjadi, meskipun seringkali tanpa hasil yang konkret. Bahkan saat seseorang sibuk sekalipun bisa saja melamun tanpa disadari. Tentu waktu akan terbuang sia-sia jika suka melamun. 

Baca Juga: 5 Tips dan Trik Melakukan Berbagai Hal Sendiri, Nikmati Proses!

2. Mencari solusi

Ketika cemas, orang sering kali berusaha mencari solusi untuk masalah mereka hadapi. Hal ini terjadi secara otomatis pikiran berusaha mencarikan solusi. Tentu melamun ini juga ada manfaatnya. 

Melamun memberikan ruang bagi pikiran untuk mengolah ide-ide dan kemungkinan solusi, meskipun terkadang ini hanya menghasilkan lebih banyak kekhawatiran daripada jawaban. Apalagi memikirkan hal yang belum pasti di masa mendatang. Melamun sering dilakukan oleh banyak orang. 

3. Menghindari realitas

Melamun dapat berfungsi sebagai mekanisme pertahanan untuk menghindari kenyataan yang tidak nyaman. Apalagi saat mengkhawatirkan masa depan yang belum ada kejelasannya.

Dengan melamun seseorang akan berusaha untuk mencari kenyamanan dengan menghindari hal-hal yang memicu kecemasan. Seseorang dapat sejenak melarikan diri dari situasi yang membuat mereka cemas, meskipun ini hanya memberikan pelarian sementara. Terpenting seseorang dapat menghindari walau hanya sebentar. 

Verified Writer

Maftukhatul Azizah

I write to inspire and connect with you. Follow me on my Instagram journey @maftukhazizah.🌹

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya